Tanggal:27 April 2024

Apa itu Content Creator dan Bagaimana Cara Membangunnya?

Menjadi content creator adalah salah satu cara populer menghasilkan uang dari internet. Pesatnya kemajuan teknologi membuat banyak bisnis memanfaatkan sektor ini agar bisa berkembang. Hal ini tentu penting, di tengah maraknya digital marketing pada dewasa ini. Content creator sekarang dianggap sebagai sesuatu yang sangat penting, termasuk oleh perusahaan-perusahaan besar.

Konten yang biasanya dihasilkan oleh seorang content creator bisa dalam bentuk artikel, video, ebook, infografik, foto, dan lainnya. Kamu bisa menggunakan konten tersebut untuk diposting di beberapa media seperti blog, email, media sosial, YouTube, dan TikTok.

Untuk menjadi seorang content creator, ada beberapa pengetahuan yang dibutuhkan, di antaranya pengetahuan tentang media produksi, komunikasi, serta teknik dan metode penyebarannya. Termasuk alternatif untuk menginformasikan dan menghibur audiens melalui tulisan, lisan, maupun media visual.

Lantas, apa sebenarnya profesi content creator itu? Bagaimana cara membangunnya? Simak ulasannya di bawah ini!

Baca juga:  6 Alasan Kenapa Dibutuhkan Content Creator dalam Promosi Bisnis

Apa Itu Content Creator?

Apa Itu Content Creator? Sumber: pexels.com

Secara bahasa, konten kreator atau content creator adalah pembuat konten. Menurut State of Digital Publishing, content creator adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk setiap informasi yang ada di media, terutama media digital.

Pada dasarnya proses pembuatan konten ini melibatkan kreativitas. Kreativitas ini, kelak, akan menjadi alat bagi seorang content creator untuk membuat orang-orang mau melihat konten yang mereka buat. Terlepas dari itu, proses pembuatan konten juga tidak sekadar mengandalkan kreativitas semata. Ada logika yang perlu dipahami agar bisa menggaet audiens.

Umumnya content creator bertugas mengumpulkan ide serta data, kemudian melakukan riset untuk membuat konsep yang akan dijadikan sebuah konten. Setelah itu, mereka akan menciptakan konten yang sesuai dengan identitas dan branding yang diinginkan dalam memenuhi tujuan yang disepakati dari sebuah konten.

Selain itu seorang content creator juga dituntut untuk multitasking dalam berbagai hal, mulai dari soft skill hingga hard skill. Tak hanya itu, content creator juga harus memiliki kemampuan menulis bahasa iklan yang menarik, serta dapat berkolaborasi. Sebab seorang content creator yang sukses tidak berdiri sendiri.

Baca juga: Content Writer vs Copywriter! Apa Aja Sih Perbedaanya?

Langkah Membangun Karier Content Creator

Langkah Membangun Karier Content Creator. Sumber: unsplash.com

1. Memiliki Ide-Ide yang Kreatif

Konten menarik dan orisinil biasanya lahir dari ide-ide kreatif. Tak hanya menarik, konten juga perlu sesuai dengan tujuan bisnis yang hendak dipromosikan. Dengan begitu promosi konten yang kamu buat bisa sukses sesuai target. Untuk itu, penting sekali seorang content creator memiliki kreativitas yang tinggi dan baik.

2. Berlatih Membuat Konten Berkualitas

Sebagai pembuat konten, kamu harus mampu secara profesional menciptakan beragam konten dengan kualitas terbaik yang dapat kamu berikan. Menurut Google, konten yang berkualitas harus mampu menyuguhkan informasi secara detail namun tidak bertele-tele.

Selain itu, konten tersebut juga harus ditulis dengan tata bahasa yang baik dan telah disunting untuk dipastikan kualitas bahasanya. Tidak hanya itu, konten yang berkualitas juga perlu mengedepankan user experience. User harus mampu merasa nyaman dan tidak terganggu ketika melihat, mendengar, atau membaca konten yang kamu buat.

Baca juga: Berikut Tugas-Tugas Seorang Content Planner!

3.  Memahami Keyword dan SEO

Tidak hanya bermodalkan memiliki kemampuan menulis, membuat konten juga dituntut mengerti hal terkait SEO (Search Engine Optimization). Melalui manajemen SEO yang bagus, kontenmu dapat mudah ditemukan melalui mesin pencari.

Ini akan membantumu untuk menjadi lebih dikenal dan tentunya kontenmu lebih bermanfaat. Dari sini kamu bisa mendapatkan pemasukan dari Google. Apalagi bila dilihat sekarang ini sistem SEO tidak hanya dipergunakan untuk situs, namun juga meliputi gambar dan video.

4. Menguasai Tools Pendukung

Skill dan pemahaman yang baik perlu didukung oleh tools pendukung agar hasil karya lebih maksimal. Misalnya, dalam pembuatan video marketing, dibutuhkan penguasaan tools editing video untuk menghasilkan video yang baik. Seorang content creator setidaknya juga mampu menguasai beberapa tools analytics seperti Google Analytics untuk memantau, mengevaluasi, dan memaksimalkan kinerja konten.

Selain itu, seorang content creator juga harus mengerti bagaimana cara mengunggah konten ke berbagai sistem manajemen konten (Content Management System/CMS), seperti WordPress, Joomla, Drupal, Shopify, Wix, XSitePro, dan lain-lain.

Baca juga: 7 Tugas-Tugas Seorang Content Writer, Pekerjaan Yang Berat?

5. Pelajari Audiens Industri Kreatif

Kamu perlu menyadari bahwa bekerja sebagai kreator di dunia bisnis membuatmu takluk dengan keinginan dan kebutuhan audiens yang kamu miliki. Kreativitasmu harus terus mengikuti pola keinginan dan kebutuhan audiens untuk menjaga serta menambah massa mereka.

Oleh sebab itu, cara menjadi content creator selanjutnya ialah mampu mempelajari perilaku audiens dari industri yang kamu geluti sedalam mungkin. Kamu mungkin saja dapat menemukan ketertarikan dan peluang kreatif baru yang tidak sengaja ditemukan berkat keinginan atau kebutuhan mereka.

6. Menulis Secara Rutin

Seorang content creator atau content creative yang sukses sadar pentingnya konsistensi dalam mengembangkan kualitas tulisan. Menulis menjadi salah satu keahlian utama untuk menjadi content creative. Dengan menulis secara rutin dalam keseharian, akan mampu meningkatkan kemampuanmu dalam menciptakan konten tulisan.

Mungkin, ada masanya seorang content creator tidak tahu apa yang harus ditulis atau bahkan mengalami writer’s block, namun mereka tahu bahwa mereka dapat menemukan ketika mulai menulis. Maka, jadikanlah menulis sebagai kebiasaan setiap hari. Usahakanlah untuk menulis artikel 1.500 kata perharinya untuk terbiasa menulis dan menuangkan ide-idemu.

Baca juga: Yuk Mengenal Apa Itu Writer’s Block Beserta Cara Mengatasinya

7. Selalu Update dan Riset

Usahakanlah untuk selalu update dan memiliki pengetahuan yang luas mengenai segala macam hal yang terjadi di dalam industrimu. Carilah konten maupun berita relevan terkait industri yang kamu geluti dan selalu ikuti setiap perkembangannya. Jangan sampai ketinggalan satu hal pun yang sedang viral agar konten yang kamu buat tetap selalu baru serta mengikuti tren yang ada.

Tak hanya itu saja, untuk dapat meghasilkan konten yang baik, juga harus dengan melakukan riset. Langkah ini akan membuat konten kamu sesuai dengan yang dibutuhkan target pembaca. Oleh sebab itu, seorang content creator perlu memiliki kemampuan riset yang baik.

8. Kemampuan Komunikasi Baik

Selain kemampuan membuat konten, seorang content creator juga perlu memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Skill ini penting supaya tidak terjadi miskomunikasi dalam berkoordinasi dengan tim. Jadi, project yang kamu jalankan bisa berjalan dengan baik.

Baca juga: Apa itu Content Marketing?

Nah, itulah penjelasan mengenai content creator dan cara membangun karier sebagai seorang content creator. Jika kamu tertarik menjadi seorang konten kreator, jangan takut untuk memulainya dari nol sambil menerapkan berbagai langkah di atas. Selama kamu konsisten membuat konten menarik dan bermanfaat bagi orang lain, kamu bisa jadi pembuat konten yang hebat serta disenangi, lho!

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang ingin menggeluti industri digital kreatif menjadi seorang content creator. Baca artikel kami yang lainnya juga, ya! Jangan lupa ikuti sosial media kami agar kamu tidak ketinggalan update yang gak kalah penting, dan tentunya informatif.

Sukses Membangun Kesan - Personal Development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *