Tanggal:22 July 2024

7 Tips Jitu Diterima Magang, Dijamin Berhasil!

Magang merupakan suatu wadah untuk mempelajari banyak hal tentang seluk-beluk dunia pekerjaan sebelum kamu memulai karier di dunia professional. Magang juga menjadi salah satu cara untuk memperluas dan mengembangkan keterampilan kamu di luar perkuliahan.

Tapi tahukah kamu? melamar ke sebuah program magang tidak semudah yang kamu pikirkan. Tidak sedikit perusahaan yang selektif dan memiliki standar tinggi saat merekrut tenaga magang. Terlebih lagi saat ini persaingan semakin ketat, sebab bukan hanya pelajar atau mahasiswa yang mencari program magang, tapi juga mereka yang sudah lulus kuliah.

Oleh karena itu, sebagai calon pemagang kamu harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Kamu juga harus punya modal dan strategi yang cukup supaya perusahaan menerima lamaranmu. Berikut 7 tips jitu yang dapat kamu praktikan agar diterima di program magang impianmu.

1. Update dan Percantik Curriculum Vitae

Usahakan untuk selalu memperbaharui CV milikmu. Sumber: paxels.com/Lucas

Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat ingin magang adalah Curriculum Vitae. CV merupakan senjata utama yang kamu miliki untuk menarik perhatian perusahaan. Sebab itu usahakan untuk selalu memperbaharui CV kamu. Pastikan untuk mengurutkan pengalaman kamu dari yang terbaru ke yang terlama. Serta mencantumkan nama posisi, job description, dan lama periode.

Hindari menggunakan CV yang sama untuk melamar ke setiap perusahaan. Kamu harus selalu menyesuaikan keahlian yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Selain memperbaharui Curriculum Citae, kamu juga harus membuat CV kamu terlihat rapi dan menarik. Tidak ada salahnya untuk memberi sentuhan desain secukupnya.

Baca Juga: Perbedaan CV dengan Resume

2. Persiapkan Berkas dengan Matang

Siapkan berkas pendukung yang dibutuhkan dengan baik. Sumber: paxels.com/Anete Lusina

Selain Curriculum Vitae, sebagian besar perusahaan mengharuskan menyertakan berkas-berkas pendukung seperti portofolio, cover letter, sertifikat pendukung, hingga surat pengantar dari kampus. Oleh karenanya, kamu harus mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan dengan baik dan rapi.

Mulailah untuk mengorganisir berkas-berkas tersebut pada satu tempat, sehingga meminimalisir ada berkas yang terlewat. Hal tersebut sangat penting. Sebab, jika berkas-berkas lengkap, otomatis perekrut akan meloloskan kamu ke tahapan penerimaan magang selanjutnya.

Baca Juga:

3. Bersikap Inisiatif dan aktif

Kamu harus aktif mencari informasi dari sekelilingmu. Sumber: Paxels.com/Fauxels

Tips selanjutnya agar kamu diterima magang adalah bersikaplah untuk selalu inisiatif dan aktif. Kamu tidak boleh hanya berdiam diri menunggu hingga perusahaan impianmu membuka program magang. Kamu bisa mulai untuk menanyakan terlebih dulu ke pihak perusahaan terkait pelaksanaan program magang melalui telepon, email atau media sosial yang mereka miliki. Barangkali perusahaan tersebut memang akan membuka program magang, namun belum sempat untuk mempublikasikan informasinya. Tentu hal ini akan menguntungkanmu, karena kamu berada satu langkah lebih awal dari kandidat yang lain.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan networking yang kamu miliki. Jangan malu untuk aktif bertanya kepada kerabat, teman, kakak tingkat, senior organisasi yang kamu kenal. Mungkin diantara kenalan-kenalan tersebut bisa memberikan informasi magang yang barangkali tak dipublikasikan secara luas. Serta informasi yang dapat memberimu peluang lebih besar untuk diterima magang.

Baca Juga:

4. Manfaatkan Layanan Karir di Kampus

Menggunakan fasilitas layanan karier dari kampus. Sumber: Freepik.com/Nensuria

Program magang merupakan salah satu rancangan kampus untuk menyiapkan mahasiswanya untuk memiliki jenjang karier yang baik. Tidak heran, setiap kampus memberikan layanan atau penyuluhan karier secara gratis dan mudah sebagai salah satu bentuk dukungan.

Maka dari itu janganlah sia-siakan fasilitas yang telah diberikan. Kamu harus mempergunakan fasilitas layanan karier untuk mengali infomasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan-perusahan yang membuka lowongan magang. Kamu juga dapat memanfaatkan layanan karier tersebut untuk meningkatkan nilai dirimu. Dengan mengikuti kegiatan dari layanan karier yang dapat menambah pengalaman dan keahlianmu pada CV.

Baca Juga:

5. Manfaatkan Teknologi

Jangan lupa untuk menggunakan platform digital. Sumber: Paxels.com/GeorgeMilton

Sebagai generasi yang hidup di zaman serba digital, kamu harus memanfaatkan perkembangan teknologi dengan sebaik-baiknya. Saat ini, banyak platform digital yang menyediakan informasi lowongan magang dan pekerjaan, seperti LinkedIn, Kalibrr, Studentjob, Kormo Jobs, dan lainnya. Kamu bisa mengoptimalkan platform-platform tersebut untuk mengetahui lowongan dan menaruh lamaran pada banyak perusahaan. Hal tersebut lebih juah efisien dibandingkan kamu harus menghubungi perusahaan secara satu per satu.

Baca Juga:

6. Tingkatkan Keterampilanmu

Selalu kembangkan keterampilan yang kamu miliki. Sumber: Paxels/Liza Summer

Tips yang tidak kalah penting agar diterima magang adalah meningkatkan keterampilan yang kamu punya. Salah satu cara yang dapat kamu coba untuk meningkatkan keterampilanmu adalah dengan mengikuti berbagai kursus online yang tersedia. Kamu juga bisa belajar secara otodidak atau bertanya-tanya kepada ahlinya. Memiliki banyak keterampilan akan menjadi nilai plus untukmu. Perusahaan akan melihat hal tersebut dan mempertimbangkan kamu sebagai kandidat kuat yang harus mereka terima.  

Baca Juga:

7. Lakukan Follow-up

 Jangan lupa melakukan untuk menanyakan kelanjutan lamaranmu. Sumber: Paxels.com/Burst

Tips terakhir yaitu melakukan follow-up. Saat ini, hampir semua perusahaan sudah memberikan lini masa program perekrutan magang. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan jadwal yang telah diatur mengalami kemunduran atau sebagainya. Karena itu, tidak ada salahnya untuk menanyakan hasil perekrutan magang kamu kepada perekekrut.

Jangan lupa untuk mengunakan bahasa yang sopan dan mengirim pertanyaannya pada saat jam kerja. Melakukan follow up bermanfaat untuk mengetahui perkembangan selanjutnya dari lamaranmu. Sehingga kamu memiliki waktu yang efisien untuk persiapkan diri. Baik bersiap jika diminta untuk lanjut ke tahap berikutnya atau bersiap untuk kembali mencari peluang yang lain.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Motivasi Kerja

Nah, itu dia 7 tips jitu agar diterima magang yang bisa kamu coba terapkan. Semoga tips tersebut dapat bermanfaat. Jangan pernah lelah untuk terus memperbaiki kualitas dirimu. Kamu dapat meningkatkan keterampilan yang kamu miliki lewat Vocasia.id!

Menulis Surat Lamaran - Personal Development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *