Tanggal:29 April 2024

Apa itu Workshop? Yuk Simak Pengertian, Tujuan, dan Fungsinya!

Workshop merupakan pertemuan sekelompok orang dengan minat, keterampilan, keahlian atau profesi di bidang tertentu secara aktif yang akan terlibat dalam diskusi dan kegiatan yang intens tentang topik atau proyek tertentu.

Baca Juga: Hubungan Antara Pelatihan Kerja Dengan Prestasi Kerja

Dalam proses pelaksanaan, kegiatan workshop umumnya akan lebih fokus pada pembahasan masalah tertentu yang disertai dengan pelatihan. Peserta akan memperoleh pengetahuan baru yang sangat berguna dan juga dapat diterapkan sesuai dengan keahlian profesionalnya.

Dengan mengikuti workshop, kamu dapat menyampaikan ide baru dan memberikan inspirasi agar bisa dieksplorasi sendiri. Kamu juga dapat mengilustrasikan dan menunjukkan praktik proses yang sebenarnya ketika mengikuti kegiatan ini.

Yuk, simak artikel ini jika kamu tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang workshop!

Baca Juga: Pengertian dan Tujuan Pelatihan Kerja

Apa itu Workshop?

Workshop merupakan kegiatan yang di dalamnya terdapat orang-orang yang memiliki pengalaman dalam bidang tertentu untuk mengumpulkan dan mendiskusikan suatu topik. Selain itu, workshop juga memberikan pelatihan teori dan praktik di lapangan kepada para pesertanya. Workshop diadakan dengan maksud untuk mendapatkan pengalaman dan juga pengetahuan.

Baca Juga: Decision Making: Pengertian, Manfaat, Contoh Dan Cara Meningkatkannya Sebagai Keterampilan

Tujuan dari Workshop

Tujuan workshop adalah mencari jalan keluar atas masalah yang dijadikan topik pembahasan. Peserta akan turut serta mencari problem solving terbaik menggunakan konsep yang telah dibahas dalam workshop tersebut.

Baca juga: Mengenal Konsep Kaizen dalam Produktivitas Kerja

Fungsi dari Workshop

1. Cara praktis untuk memahami hal baru

Materi workshop biasanya disampaikan secara ringkas. Setelahnya, peserta diharapkan dapat langsung mempraktikkan materi tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Bootcamp? Pengertian, Jenis, Manfaat, Dan Peran Pentingnya Untuk Karier Kita

2. Memperbanyak pengalaman praktikal

Kegiatan praktik merupakan ciri khas dari suatu acara workshop. Kegiatan ini bisa memperkaya pengalaman praktikal peserta secara instan.

3. Menghemat waktu belajar

Narasumber atau fasilitator biasanya menyajikan terkait pengalaman-pengalaman belajar mereka selama bertahun-tahun agar dapat dipahami dengan cepat. Para peserta dapat langsung mempelajarinya tanpa perlu repot-repot mencari materi lagi. Hal itu akan menghemat waktu belajar bagi para peserta.

Baca Juga: Mengenal Teknik Pomodoro, Solusi Tepat Manajemen Waktu!

4. Memperluas koneksi di suatu bidang

Selama workshop, peserta akan bertemu dengan praktisi ataupun akademisi yang bergerak di dalam suatu bidang dan menjalin koneksi dengan mereka. Kegiatan ini tentunya dapat digunakan sebagai tempat untuk memperluas koneksi.

5. Kesempatan langsung berinteraksi dengan praktisi

Workshop mewadahi pertemuan dengan para praktisi atau profesional, baik yang turut bergabung sebagai peserta maupun fasilitator. Peserta dapat berinteraksi langsung dengan praktisi. Momen tersebut dapat dimanfaatkan peserta untuk mendapatkan ilmu-ilmu baru yang lebih banyak tentunya.

Baca juga: Apa itu JavaScript? Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya!

Itu dia penjelasan singkat tentang workshop. Kegiatan ini memang tempat terbaik untuk mendapatkan teman dan keahlian baru. Yang terpenting, jangan lupa untuk aktif berdiskusi selama mengikuti kegiatan, ya!

Jangan lupa juga untuk mengikuti kursus-kursus di Vocasia. Kursus di Vocasia bersertifikasi dan didampingi oleh mentor-mentor yang ahli di bidangnya. Selain itu, kursus di Vocasia harganya terjangkau dan bisa diakses selamanya! Segera ikuti kursus dengan cara klik di sini!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *