Tanggal:02 May 2024

Kenali Apa itu Pasar Uang yang Menarik Perhatian Para Investor Pemula

Pasar uang dalam pandangan investor sering diartikan sebagai salah satu sarana investasi yang menjadikan uang sebagai objek jual beli. Dalam dunia investasi, pasar uang dikenal sebagai instrumen lain yang hadir selain pasar modal. 

Secara fungsional, pasar uang merupakan tempat transaksi jual beli dimana investor meminjamkan dana ke pihak lain dengan perjanjian imbalan tertentu. Sudah tahu lebih dalam tentang pasar uang? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan

Pengertian Pasar Uang

Pengertian pasar uang. Sumber: pexels.com

Pasar uang atau money market merupakan mekanisme pasar yang memungkinkan seseorang melakukan transaksi jual beli dalam bentuk sekuritas keuangan. Dalam pandang lain, pasar uang diartikan sebagai tempat yang bisa meminjam dana dari pihak lain dengan tingkat bunga tertentu sebagai imbalannya.

Jangka waktu peminjaman di pasar uang cenderung berjangka pendek, mulai dari satu hari hingga maksimal satu tahun karena lebih dari setahun digolongkan sebagai pasar hutang. Transaksi pasar uang bisa dilakukan secara langsung atau melalui perantara. 

Dilihat dari jenis mata uangnya, pasar uang dibedakan menjadi pasar domestik serta pasar valuta asing. Tujuan utama pasar uang adalah untuk membantu orang yang memerlukan dana, sehingga nama lain pasar uang adalah pasar kredit jangka pendek.

Ciri-ciri pasar uang tentunya terlihat dari periode yang sangat pendek sehingga hanya bisa memenuhi permintaan dan penawaran dana dibutuhkan dalam jangka pendek. Mekanisme pasar uang dikhususkan untuk mempertemukan pihak yang memerlukan dana dan pihak yang mempunyai dana berlebih. Pada pasar uang juga tidak terikat pada tempat tertentu seperti pasar modal.

Baca juga: Apa itu Cyberbullying dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Fungsi Pasar Uang

Fungsi pasar uang. Sumber: pexels.com

Hadirnya pasar uang membawa berbagai manfaat pada beberapa pihak, baik investor, pengusaha, dan pemerintah. Adapun fungsi pasar uang yakni sebagai berikut.

1. Memudahkan Emiten Mendapat Bantuan Dana Jangka Pendek

Membantu perusahaan  atau badan usaha dalam mendapatkan modal berjangka waktu pendek. Pihak emiten tidak perlu bingung mencari tambahan modal atau investor karena pasar uang membuat perusahaan dipertemukan dengan pemodal yang memiliki dana yang lebih.

2. Meningkatkan Laju Pembangunan Negara

Beberapa instrumen pasar uang yakni dijual dan diterbitkan oleh pemerintah untuk mencari suntikan modal dari masyarakat sebagai keperluan pembangunan negara. Ketika masyarakat memiliki peran dalam menanamkan modal ke dalam instrumen pasar uang milik negara, maka mereka turut aktif membangun kemajuan negara.

3. Menghimpun Dana Masyarakat yang Berlebih

Pasar uang adalah sarana yang tepat dengan mempertemukan pengusaha sebagai pihak yang memerlukan modal dan masyarakat sebagai pihak kelebihan dana. Keduanya memiliki kebutuhan yang sama-sama dapat terpenuhi dengan adanya pasar uang.

4. Mencegah Terjadinya Krisis

Keberhasilan pasar uang mampu mempengaruhi mobilitas keuangan dan kebijakan moneter. Pasar uang dalam bank sentral berfungsi untuk mengendalikan kestabilan laju sistem perbankan sehingga dapat mencegah terjadinya krisis uang atau ekonomi dalam negara.

5. Menyediakan Opsi Investasi Low Risk Bagi Investor

Penyedia opsi investasi minim risiko yang cocok bagi investor risk averse. Tidak sama dengan pasar modal, transaksi pasar uang jauh lebih stabil dengan laba yang pasti. Hal tersebut dikarenakan sistem investasinya mirip dengan hutang piutang, tetapi dengan janji pertambahan bunga hingga adanya masa redemption.

Baca juga: Cara Mencegah Kekerasan Seksual pada Perempuan

Macam-Macam Instrumen Pasar Uang

Macam-macam pasar uang. Sumber: pexels.com

Berikut beberapa macam instrumen pasar uang di Indonesia yang dapat dipilih, di antaranya:

1. Sertifikat Bank Indonesia (SBI)

Sertifikat Bank Indonesia (SBI) adalah surat utang yang diterbitkan oleh Bank Indonesia dalam jangka waktu 1-3 bulan menggunakan sistem diskonto dan imbalan yang dihasilkan berupa bunga.

Investor tidak hanya mendapatkan profit, tetapi turut membantu Bank Indonesia mengontrol nilai rupiah agar tetap stabil karena penjualan SBI mengakibatkan peredaran uang menurun.

2. Surat Berharga Pasar Uang (SBPU)

Surat Berharga Pasar Uang adalah surat berharga yang dikeluarkan oleh bank sebagai surat pelunasan utang atas persetujuan (tanda tangan) nasabah. Proses penerbitan dalam instrumen ini melibatkan Bank Indonesia, bank umum, ataupun lembaga keuangan lainnya yang menerapkan sistem diskonto.

3. Call Money

Call money berfungsi mengalihkan sementara kelebihan uang jangka pendek dari bank. Jatuh tempo call money cukup singkat yakni hanya tujuh hari.

4. Sertifikat Deposito

Sertifikat deposito adalah surat berharga yang diterbitkan oleh bank dengan jumlah tertentu dan bisa dipindah tangan. Instrumen ini sangat mudah diperjualbelikan karena surat atas tunjuk. 

5. Treasury Bills

Treasury Bills atau T-Bills sering kali disebut sebagai surat obligasi pemerintah berupa penerbitan surat utang oleh pemerintah yang dibuka kepada masyarakat luas.

6. Commercial Paper

Commercial Paper merupakan perdagangan inventaris atau biaya pengelolaan modal kerja yang dapat dimanfaatkan sebagai pilihan pengusaha untuk mendapatkan tambahan modal. 

7. Banker’s Acceptance

Banker’s Acceptance merupakan solusi atas permasalahan gagal bayar dari perdagangan luar negeri seperti ekspor atau impor. Bentuk Banker’s Acceptance yaitu semacam wesel berjangka yang dilegalkan dengan cap accepted.

8. Instrumen Pasar Uang Syariah

Surat berharga bersifat syariah memiliki beragam pilihan pasar uang syariah antara lain Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS), Repurchase Agreement (Repo) SBSN, Repurchase Agreement (Repo) SBIS, Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), Pasar Uang Antarbank Syariah (PUAS), dan surat berharga lainnya yang mudah dicairkan.

Baca juga: Franchise Bubur Bayi Procil

Itu dia penjelasan mengenai pasar uang secara lengkap. Bagi kamu investor pemula yang tengah mempelajari kehadiran pasar uang dalam dunia investasi, terus cari informasi selengkapnya! 

Klik tautan berikut untuk membaca artikel menarik lainnya yang dapat memperluas pengetahuan dan wawasan kamu. Jangan lupa ikuti kami di Instagram, Twitter, Youtube dan media sosial lainnya agar tidak ketinggalan update dan informasi terbaru yang tidak kalah penting!

Vocasia merupakan platform edukasi online bersertifikat yang menyediakan berbagai kursus untuk menunjang keahlian dalam berbagai macam bidang. Dengan bergabung bersama Vocasia, tentunya kamu akan dapat berkesempatan untuk belajar bersama mentor-mentor yang memiliki banyak pengalaman dalam bidangnya!

Tunggu apalagi? Daftarkan diri mulai dari sekarang agar kamu bisa menikmati segala penawaran khusus di Vocasia. Gabung segera untuk mengikuti kelas online dan raih segala skills yang ingin kamu kuasai dengan harga yang terjangkau! Temukan kursus terbaru dan terkini yang cocok untuk kamu ikuti hanya dengan klik tautan berikut.

Baca juga: 7 Software Desain Grafis Gratis Terbaik di 2022

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *