Tanggal:12 May 2024

6 Perbedaan Sales dan Marketing, Pengusaha Wajib Tahu!

Istilah sales dan marketing tentu sering kamu dengar. Apakah kamu tahu perbedaan spesifik antara keduanya? Di dalam dunia bisnis, istilah tersebut memegang peranan sangat penting. Sales dan marketing menjadi ujung tombak utama aspek pemasaran. Secara umum sales merujuk pada penjualan di sebuah bisnis. Sedangkan marketing adalah strategi yang digunakan untuk meningkatkan penjualan.

Kamu yang berkecimpung di dunia bisnis wajib tahu perbedaanya, ya. Terutama para pengusaha yang tiap hari bergelut di bidang ini. Secara kacamata umum, sales dan marketing tidak ada perbedaannya. Kamu pasti mudah terkecoh dengan kedua istilah ini. Tak jarang kamu pun beranggapan sama atau hanya memiliki sedikit perbedaan. Terdapat beberapa perbedaan sales dan marketing yang wajib diketahui. Sebelum membahas perbedaan antara keduanya, kamu juga perlu tahu definisi dari sales dan marketing. Simak penjelasannya berikut ini!

Definisi Sales dan Marketing

Sales merupakan bagian dari perusahaan yang bertugas untuk menjual produk. Selain itu, sales berperan untuk memastikan produk laku dengan harga yang telah ditetapkan sesuai dengan perencanaan, tetapi dengan persetujuan dan kesepakatan dari konsumen.

Marketing merupakan sistem yang menyeluruh atas kegiatan bisnis. Kegiatan itu meliputi perencanaan produk, penetapan harga, serta promosi produk dan mendistribusikannya. Tujuan dari marketing adalah untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen.

Singkatnya, sales adalah penjualan sedangkan marketing adalah strategi untuk meningkatkan penjualan.

Perbedaan Sales dan Marketing

1. Perbedaan Tugas Utama

Source: pexels

Sales memiliki tugas utama untuk melakukan pendekatan dengan pelanggan. Kamu harus pandai mencuri hati pelanggan terhadap produk yang ditawarkan. Hati pelanggan yang sudah kamu rebut tentu dengan mudah akan melakukan pembelian. Tugas kamu hanya mengkonversi ke dalam pembelian produk. Berbagai cara berkomunikasi menjadi sarana kamu mencapai kesuksesan pendekatan. Dekati dan berikan kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Namun, marketing memiliki tugas utama yang berbeda dari sales. Tugas utama marketing yakni mengelola ketertarikan pelanggan. Kamu dituntut pintar menarik minat pelanggan dengan berbagai trik. Tentu saja hal itu dilakukan untuk meningkatkan sales. Beragam trik atau cara dapat kamu gunakan sebagai jurus jitu menarik minat pelanggan. Kamu dapat menyesuaikannya dengan target pelanggan yang telah ditentukan.

2. Perbedaan Proses Kerja

Source: Pexels

Proses kerja seorang sales ialah hard selling. Sales dapat dikatakan mampu membuat pelanggan membeli secara langsung. Dengan berbagai cara berkomunikasi dapat menjadi sarana melakukan proses penjualan. Penjualan produk adalah fokus utama dari proses kerja seorang sales. Kamu dituntut pandai mengolah beragam cara menjadi hasil penjualan produk.

Marketing memiliki proses kerja yang berbeda dengan sales. Marketing berfokus pada proses kerja dibelakang layar. Kamu diwajibkan untuk melakukan riset dan analisis pasar. Marketing menjadi strategi menumbuhkan penjualan produk. Tentu dalam merancang strategi kamu wajib melakukan riset pasar. Kemudian hasil riset kamu kembangkan ke dalam analisis pasar. Hasil akhirnya dapat digunakan sebagai acuan meningkatkan sales. 

3. Ruang Lingkup Kerja yang Berbeda

Perbedaan sales dan marketing

Source: pexels

Terkait ruang lingkup sales dan marketing juga memiliki perbedaan, loh. Sales memiliki ruang lingkup jangka pendek. Artinya kamu hanya fokus akan penjualan produk saja. Tanpa perlu memikirkan cara berulang agar menarik hati pelanggan. Ruang lingkup kamu terfokus akan membuat keyakinan pelanggan membeli produk. Mengolah beragam cara supaya produk yang ditawarkan dapat terjual. 

Sedangkan marketing memiliki ruang lingkup kerja jangka panjang. Marketing dituntut pintar meramu racikan untuk menarik hati para pelanggan. Kamu juga dituntut pandai memelihara ketertarikan pelanggan akan produk. Marketing berfokus pada jangka panjang penjualan. Tentu kamu harus jeli mencari celah agar ketertarikan pelanggan dapat bertahan lama. 

4. Perbedaan Prioritas 

Perbedaan sales dan marketing

Source: pexels

Seorang sales wajib memenuhi apa yang dibutuhkan pelanggan. Kamu dituntut solutif dalam memberikan jawaban atas kebutuhan pelanggan. Segala macam kebutuhan yang dibutuhkan oleh pelanggan wajib kamu sediakan dengan baik. Tentunya target pelanggan disesuaikan dengan bidang bisnis yang dijalankan, ya. 

Berbeda dengan sales yang wajib mengakomodasi kebutuhan pelanggan. Marketing mewajibkan kamu menjangkau kesetiaan pelanggan terhadap produk. Kamu harus pintar mengelola loyalitas pelanggan dengan beragam cara. Pemberian strategi baru dapat dijadikan sarana merebut loyalitas pelanggan, loh. Pandailah menemukan celah yang bisa membius pelanggan, ya. 

5. Perbedaan Goals

Perbedaan sales dan marketing

Source: pexels

Sales dan marketing memiliki tujuan yang berbeda. Sales bertujuan menemui pelanggan secara langsung dan harus memiliki kemampuan komunikasi secara persuasif. Kamu dituntut melakukan pendekatan persuasif hingga terjadinya kerja sama atau pembelian produk. Sedangkan marketing memiliki tujuan untuk meramu minat pelanggan menjadi pelanggan yang loyal. Kamu harus menemukan berbagai hasil terkait riset pelanggan. Lalu mengolahnya menjadi sebuah strategi pemasaran. 

6. Jenjang Karier yang Berbeda 

Perbedaan sales dan marketing

Source: pexels

Sales akan lebih berkutat akan kemampuan komunikasi interpersonal hingga persuasif. Bidang komunikasi menjadi ujung tombak utama kesuksesan sales. Sedangkan marketing akan mendorong kolaborasi antar bidang lain. Seperti halnyadigital marketing sosial media marketing, hingga copywriting. Kolaborasi wajib kamu jalankan demi terciptanya strategi marketing yang sukses menjangkau pelanggan, ya. 

Nah, itulah beberapa perbedaan sales dan marketing. Kamu bisa menelaah dan mempelajarinya, ya. Pahami terlebih dahulu lalu gunakan bidang yang kamu butuhkan. Bisnis dapat lebih berkembang melalui kolaborasi yang baik. Kamu bisa menerapkannya pada bisnis yang sedang dijalankan. Selamat mencoba!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *