Tanggal:21 July 2024
perbedaan 64 bit dan 32 bit

Kenali Perbedaan Sistem Operasi 32-bit dan 64-bit pada Windows

Sistem operasi yang biasanya digunakan dalam perangkat komputer maupun laptop ialah sistem operasi Windows. Hal ini dikarenakan sistem operasi Windows dianggap lebih mudah untuk dipahami dan digunakan dalam menunjang produktivitas. 

Dalam perkembangannya, Windows menggunakan dua basis sistem berbeda, yakni 32 bit dan 64 bit. Penting bagi Anda mengetahui sistem operasi yang digunakan Windows karena akan mempengaruhi performa dan nilai guna dari setiap sistem operasi. Simak paparan berikut ini untuk mengetahui perbedaan 32 bit dan 64 bit pada sistem operasi WIndows! 

Baca juga: 7 Jenis Sistem Operasi Yang Biasa Dipakai Di Komputer

Definisi Bit 

perbedaan 64 bit dan 32 bit

ilustrasi laptop Windows (sumber: pexels)

Dilansir dari ubiqu.id, bit dipahami sebagai ukuran terkecil data dalam perangkat komputer maupun sejenisnya. John W. Tukey menggunakan istilah bit sebagai kependekan dari binary digit. Maka, elemen yang terdapat dalam bit hanya berupa angka satu dan nol. 

Meski hanya berupa dua buah angka, komputer mengkombinasikannya untuk menghasilkan berbagai informasi. Bit juga dikenal dalam dunia internet sebagai penyebutan kecepatan atau jumlah bit yang dialihkan dari satu tempat ke tempat lain hanya dalam waktu detik. Peristiwa ini kerap disebut sebagai bps yang merupakan kepanjangan dari bit per second

Adapun istilah dalam dunia komputer, bit diartikan sebagai sistem operasi (OS) yang di dalamnya merujuk pada program software, jenis CPU, driver, dan komponen lainnya. 

Baca juga: Keunggulan Dan Kekurangan Pada Sistem Operasi Linux

Perbedaan 32 bit dan 64 bit 

Berikut ini akan disajikan perbedaan yang cukup signifikan dari kedua jenis OS ini. 

1. Kinerja Prosesor 

Perbedaan mencolok antara perangkat yang menggunakan OS 32 bit dan 64 bit terletak pada performa prosesornya. Dalam perkembangannya, OS 64 bit memiliki performa prosesor yang lebih unggul apabila dibandingkan dengan OS 32 bit. 

Dikarenakan prosesornya yang lebih unggul dibandingkan 32 bit, perangkat yang menggunakan sistem operasi 64 bit dianggap lebih mampu mengoperasikan aktivitas yang lebih berat, diantaranya desain, mengedit video, bahkan bermain game. 

Adapun, Windows yang sistem operasinya 32 bit akan lebih cocok digunakan untuk melakukan aktivitas yang tidak terlalu berat dan mengoperasikan aplikasi ringan. 

2. Jumlah RAM

Batas jumlah maksimal RAM yang dapat digunakan dalam sistem operasi 32 bit dan 64 bit tentu berbeda. Windows dengan sistem operasi 64 bit akan memiliki jumlah batasan RAM yang lebih tinggi dibandingkan perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows 64 bit. 

Jumlah maksimal penggunaan RAM pada WIndows 32 bit sekitar 3,2 GB saja. Sedangkan, jumlah maksimal RAM yang dapat digunakan dalam sistem operasi 64 bit ialah sekitar 4 GB atau lebih. 

Baca juga: Ini Dia Langkah Mudah Mengatasi Blue Screen Windows 10

3. Kemampuan Software 

Kompatibilitas software yang dapat terpasang di Windows dengan 32 bit dan 64 bit memiliki perbedaan yang cukup jelas. Windows dengan 64 bit mampu menjalankan software 32 bit maupun 64 bit. Namun, Windows yang menggunakan 32 bit tidak dapat menjalankan software 64 bit. 

4. Daya dalam Memproses Data 

Rancangan dan desain yang digunakan dalam sistem operasi 32 bit dan 64 tentu berbeda. Hal ini menyebabkan perbedaan terhadap kinerja komputer yang dimiliki. 

Angka yang ditunjukkan dalam kedua basis tersebut menunjukkan jumlah data yang dapat diproses oleh komputer Anda dalam sekali putaran. Hal inilah yang membuat performa Windows dengan 64 bit lebih cepat dan maksimal perihal data dan prosesor dibandingkan Windows dengan 32 bit. 

Kelebihan dari 32 bit dan 64 bit 

ilustrasi kelebihan Windows (sumber: pexels)

Setelah mengetahui definisi bit dan hal-hal yang membedakan sistem operasi 32 bit dan 64 bit, selanjutnya Anda akan diajak untuk mengetahui kelebihan yang dimiliki dari setiap sistem operasi Windows. Berikut ini beberapa kelebihan dari setiap sistem operasi. 

1. Kelebihan 64 bit 

  • Memiliki kemampuan yang mampu menyokong performa prosesor untuk bekerja lebih maksimal
  • Kompeten untuk menjalankan software 32 bit 
  • Memiliki kinerja yang lebih cepat, efektif, dan efisien 
  • Mampu menjalankan software keluaran terbaru. 

2. Kelebihan 32 bit 

  • Mampu menjalankan software dan aplikasi lama yang berbasis 16 digit
  • Memiliki kemampuan beroperasi dengan baik dan optimal meski dengan RAM 2 GB saja 
  • Cocok digunakan pada drive, komputer, maupun laptop lama

Baca juga: 3 Cara Record Di Laptop

Kekurangan dari 32 bit dan 64 bit 

Dalam paparan ini akan dijelaskan beberapa kekurangan dari masing-masing sistem operasi. Berikut kekurangannya. 

1. Kekurangan 64 bit 

  • Tidak memiliki kompatibilitas dengan perangkat lama 
  • Tidak mampu bekerja dengan maksimal apabila menggunakan RAM 2 GB

2. Kekurangan 32 bit 

  • Tidak mampu bekerja dengan RAM lebih dari 4 GB 
  • Tidak dapat mengoperasikan software berat
  • Hanya mampu kompatibel dengan sedikit software terbaru 

Baca juga: Yuk Ketahui Perbedaan Software Dan Hardware

Cara Mengecek Jumlah Bit pada Windows 

Untuk mengetahui bit yang terdapat dalam perangkat, Anda dapat mengeceknya menggunakan Control Panel. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui sistem operasi yang digunakan pada perangkat Anda dengan memeriksa Program Files. Adapun untuk melihat rancangan dan desain dari perangkat keras, Anda dapat membuka Command Prompt, kemudian masukkan perintah: echo %PROCESSOR_ARCHITECTURE%

Baca juga: Mengenal Apa Itu Software Testing

Demikian paparan mengenai perbedaan sistem operasi 64 bit dan 32 bit. Semoga penjelasan ini dapat membantu Anda dalam mengetahui sistem operasi yang digunakan pada perangkat Anda, sehingga mampu menemukan perangkat lunak yang sesuai untuk perangkat yang Anda miliki. 

Apabila ingin mengetahui pembahasan menarik lainnya, silakan kunjungi tautan vocasia.id/blog. Anda juga dapat menambah hard skill Anda dengan mengikuti kursus yang disediakan oleh vocasia dengan mengakses tautan vocasia.id. Yuk, raih ilmunya sekarang juga! 

Kursus membuat Aplikasi website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *