Tanggal:23 July 2024

Perbedaan BEM dan HIMA yang akan Kamu Temui di Perkuliahan

Agar pengalaman dalam masa perkuliahan bisa membawa kebermanfaatan di masa depan, kamu mungkin bisa aktif dalam suatu organisasi. Hal ini sangat bermanfaat bagi kamu sebagai nilai tambah yang nanti akan ditunjukkan saat melamar pekerjaan. 

Kursus online belajar grammar vocasia

Mengikuti suatu organisasi bisa mengembangkan dirimu dalam mengasah hard skill dan soft skill. Mungkin kamu mengenal dua organisasi dalam kampus yang banyak diincar oleh mahasiswa sejak pertama kali menduduki bangku perkuliahan, yaitu BEM dan HIMA. Sebelum memilih, sudah tahu apa perbedaan dari keduanya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: Definisi Pajak Tidak Langsung dan Jenis-jenisnya

Perbedaan BEM dan HIMA

Perbedaan BEM dan HIMA. Sumber: pexels.com

Ketika mendengar BEM dan HIMA mungkin kamu sudah menyadari bahwa keduanya bukanlah organisasi seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Lebih dari itu, kedua organisasi tersebut saling mendukung dan terikat satu sama lain. Namun, adanya keterikatan tersebut terkadang membuat suatu konflik bagi keduanya. 

Kita bisa mengambil contoh saat kegiatan BEM kerap kali lebih mendominasi kegiatan-kegiatan di kampus, sehingga HIMA menjadi kekurangan dalam mengeksplorasi potensi yang ada di kampus. Banyaknya program kerja HIMA yang tidak terealisasi dengan baik karena berlawanan dengan kegiatan yang diadakan oleh BEM. Hal tersebut yang menjadi penyebab hubungan antara BEM dan HIMA kurang harmonis. 

Oleh sebab itu, banyaknya solusi untuk menggabungkan kekuatan keduanya bisa dilakukan dengan sama-sama mengirimkan utusan untuk berdiskusi guna membahas program kerja organisasi dan menyesuaikan jadwal pelaksanaan kegiatan agar tidak terjadi bentrok. 

Sampai saat ini, kamu sudah mengetahui perbedaan BEM dan HIMA? Jika masih bingung, simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Baca juga: Tugas-Tugas seorang Content Strategist

BEM

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) merupakan organisasi mahasiswa intra kampus yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat Universitas atau Institut. Dalam pelaksanaannya, program BEM memiliki beberapa departemen. BEM sendiri terbagi atas dua tingkat, yaitu BEM Universitas dan BEM Fakultas. 

BEM Universitas bertugas menjadi perwakilan mahasiswa di tingkat universitas dan mengeksekusi program kerja yang direncanakan dari universitas dengan pengurus yang berasal dari berbagai fakultas dalam universitas tersebut. Berbeda dengan ruang lingkup BEM Fakultas yang akan mengeksekusi program kerja di tingkat fakultas dan pengurusnya terdiri dari mahasiswa berbagai jurusan dalam satu fakultas tersebut.

Bergabung sebagai pengurus BEM baik pada tingkat Universitas maupun Fakultas, nantinya kamu akan mendapatkan kesempatan dalam memperluas relasi dan pertemanan dengan seluruh mahasiswa yang berasal dari fakultas ataupun jurusan lain. Selain itu, ikut tergabung sebagai BEM menjadi tantangan tersendiri untuk melatih diri untuk melakukan koordinasi secara langsung sehingga hubungan relasi yang kamu jalin lebih luas. 

Baca juga: Cara Bisnis Minuman Kekinian dengan Bermitra Franchise Boba Brown Sugar

HIMA

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HIMA atau bisa juga disingkat HMJ) merupakan organisasi kemahasiswaan di tingkat jurusan yang berada dalam suatu perguruan tinggi/universitas. Himpunan sebagai media bagi anggotanya untuk mengembangkan pola pikir dan kepribadian yang berkaitan dengan disiplin ilmu agar siap terjun ke masyarakat. Selain itu, HIMA dapat menjadi wadah untuk mengembangkan minat dan bakat baik di bidang akademik maupun non akademik melalui berbagai program kerja yang dilakukan.

Pengurus program kerja HIMA tentu berasal dari satu jurusan yang sama. Kamu akan berkoordinasi secara langsung dengan lebih mudah karena pertemuannya bisa dilakukan saat jam-jam kuliah yang tidak terlalu berbeda. Selain itu, tidak jarang proses eksekusi program kerja HIMA melibatkan para dosen pengampu. 

Keterlibatan dosen ini juga bisa meningkatkan hubungan antara kamu dengan dosen-dosen di jurusan kamu. Hal tersebut bisa menjadi langkah yang memudahkan kamu untuk lebih dikenal dengan dosen, tentunya dengan perlakuan yang seimbang antara kebutuhan mata kuliah dan urusan HIMA.

Baca juga: Belajar ala Albert Einstein

Itu dia perbedaan BEM dan HIMA yang perlu kamu ketahui saat menduduki bangku perkuliahan. Sudah yakin untuk memilih salah satunya? Atau kamu tertarik untuk mengikuti keduanya? Mungkin kamu bisa mempertimbangkan syarat-syarat khususnya terlebih dahulu, ya!

Ingin membaca artikel menarik lainnya? Kamu bisa klik tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Vocasia adalah platform online penyedia kursus online yang dapat kamu gunakan dengan mudah dan praktis! Tunggu apalagi, nikmati segala penawaran khusus berupa potongan harga dan ikuti berbagai pelatihan agar skill dan pengetahuan kamu semakin meningkat! 

Temukan kursus yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

Baca juga: Biografi Ferry Unardi Pendiri Traveloka

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *