Tanggal:17 June 2024

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Sukabumi!

Ditengah kesibukan aktivitas kamu, pasti ingin merasakan istirahat sejenak dengan refreshing bersama orang yang tersayang bukan? Menjelajahi berbagai wisata, apalagi di tengah perbukitan yang sejuk dan nyaman, salah satunya Kota Sukabumi. Sukabumi, Jawa Barat menyimpan banyak objek wisata yang menjadi incaran wisatawan.

Wisata alam yang ada di Sukabumi mulai dari pantai, air terjun, perbukitan, goa, dan lainnya. Salah satu destinasi wisata populer di Sukabumi adalah pantai Pelabuhan Ratu. Padahal Sukabumi jauh lebih luas dari sekadar pantai Pelabuhan Ratu. Nah, jika kamu sedang mencari rekomendasi tempat-tempat wisata di Sukabumi selain Pelabuhan Ratu, berikut beberapa rekomendasi yang bisa kamu kunjungi untuk berwisata, simak berikut ini, ya! 

Baca Juga : 5 Tempat Wisata Keren di Indonesia Yang Wajib Di Kunjungi

Rekomendasi Destinasi Wisata Di Sukabumi

1. Jembatan Situ Gunung

Tempat Wisata Situ Gunung (Instagram: @Situgunung)

Kota Sukabumi memiliki sejuta destinasi wisata yang memikat untuk dilihat, salah satunya kawasan Situ Gunung yang merupakan sebuah jembatan gantung dan eksotis yang tidak hanya menghubungkan dua tanah, tetapi juga menyatukan kita dengan alam pastinya! 

Jembatan dengan panjang 250 meter dan berada di ketinggian 150 meter, telah diakui menjadi jembatan terpanjang di Indonesia. Saat kamu berjalan di atas jembatan tersebut, kamu akan merasakan sensasi berjalan di atas ketinggian dengan pemandangan hijau, dikelilingi pohon dan bukit memikat mata yang dapat membuat kamu nyaman dan tenang saat menikmati liburan.

Setelah kamu merasakan sensasi keindahan dari jembatan terpanjang di Indonesia bahkan juga terpanjang di Asia Tenggara tersebut. Kamu juga dapat melanjutkan petualangan ke Curug Sawer untuk merasakan segarnya percikan air terjun, letaknya tak jauh hanya 10 menit dari Jembatan Situ Gunung.

Situ Gunung terletak di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di Desa Gunung Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Kamu akan dikenakan biaya untuk dewasa sebesar Rp50.000 dan anak Rp25.000. Untuk kamu yang merasa takut ketinggian, jangan khawatir! Karena keselamatan dan keamanan sangat dipastikan untuk para pengunjung. Sebelum kamu menginjak jembatan tersebut, kamu akan diarahkan untuk dipasangkan sabuk yang akan dikaitkan pada ram di tepi jembatan agar mengatur keseimbangan. 

Selain itu bisa juga dicoba mendatangi Danau Situ Gunung, pemandangan Gunung Gede Pangrango, restoran De’ Balcone Resto, bahkan area glamping yang menjadikannya sebagai tempat wisata di Sukabumi terbaru serta hits.

Baca JugaTempat wisata di Bogor!

2. Curug Cikaso

Tempat Wisata Curug Cikaso (Instagram: @Curugcikaso)

Curug Cikaso merupakan salah satu wisata air terjun yang populer di Sukabumi, loh! Pemerintah Provinsi Jawa barat berpendapat bahwa aliran air curug ini berasal dari anak sungai Cikaso bernama Sungai Cicurug. 

Kamu sudah tahu belum? Curug Cikaso memiliki 3 aliran air terjun yang bersisian, loh! Ketiga aliran tersebut biasa disebut Curug Aseupan, Curug Meong, dan Curug Aki. Dua aliran tersebut sangat jelas terlihat, sedangkan satu aliran lagi terlihat bersembunyi di balik tebing.

Curug Cikaso memiliki keindahan tersendiri, dengan ukuran lebar 100 meter dan ketinggian sekitar 30 meter, dasar air terjun yang berwarna biru kehijauan, menambah keunikan serta ketertarikan bagi wisatawan untuk berkunjung ke sini pastinya! 

Saat musim penghujan, Curug Cikaso sangat cocok untuk dikunjungi, karena debit airnya semakin deras. Selain itu, di sana juga dapat menyewa perahu untuk menikmati keindahan Curug Cikaso dari dekat dengan suasana yang bikin nyaman dan tenang pastinya! 

Curug Cikaso terletak di kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Harga tiket yang dikenakan seharga Rp5.000/orang saja, murah bukan? Dan untuk kamu yang ingin sewa perahu hanya dikenakan biaya Rp65.000 (kapasitas 8 orang). Kamu dapat menikmati keindahan alam tersembunyi di balik curamnya tebing-tebing tinggi menjulang dan lebatnya hutan.

Baca Juga : 8 Destinasi Wisata Di Semarang Yang Wajib Dikunjungi!

3. Gua Buniayu

Kata buniayu diambil dari bahasa Sunda, yaitu buni dan ayu yang artinya kecantikan yang tersembunyi. Gua ini masih alami, di dalamnya para penjelajah akan menemukan stalaktit, stalakmit, flow stone, coloumn, drapery, dan ornamen gua lainnya.

Gua Buniayu dikatakan memiliki sistem gua terbaik di Asia tenggara, loh! Karena sejak tahun 1992, Gua Buniayu dilengkapi dengan peralatan keselamatan bertaraf internasional serta pemandu yang sudah terlatih sehingga keselamatan tidak perlu diragukan lagi! 

Gua ini memiliki 3 anak gua yang memiliki tantangan tersendiri. Namun, hanya dua gua saja yang dibuka untuk umum, sedangkan gua satunya bernama Gua Karek hanya diperbolehkan untuk orang-orang profesional, dengan kepentingan penelitian saja. 

Gua Buniayu memiliki sejarah beragam sajian ornamen geologi, tercipta oleh proses alami selama ribuan tahun yang bisa kamu nikmati, loh! Ketika kamu sudah berada di dalam, cobalah matikan seluruh alat bantu penerangan. Tak seberkas cahaya matahari bisa masuk ke dalam gua ini, maka dijuluki dengan kegelapan abadi.

Bahkan kepercayaan dari orang-orang sekitar, empat kali lebih gelap dibandingkan malam hari walaupun saat siang, loh! Kamu suka melakukan tantangan? Turunin bagian gua sedalam 18 meter di bawah permukaan laut untuk melihat ornamen bebatuan yang lebih menakjubkan. 

Baca Juga : 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Papua, Wajib Dikunjungi!

4. Pantai Pangumbahan

Tempat Wisata Pantai Pangumbahan (Instagram: @Pantaipangumbahan)

Kamu wajib coba destinasi wisata satu ini, karena memiliki empat keunikan, seperti pasir putih tinggi, penangkaran penyu, pemandangan, dan ombak menjadi satu. Pantai Pangumbahan juga merupakan destinasi bagi pecinta surfing. Salah satu ketertarikan pengunjung, ingin melihat pelepasan anak penyu ke Samudera Hindia, biasanya hasil penangkaran ini dilepaskan pada waktu sore hari.

Pantai yang terletak di kawasan ujung genteng ini memiliki ombak dengan ketinggian mencapai tiga meter. Desa Pangumbahan sebagai pusat konservasi penyu, terdapat dua tempat penetasan penyu sepanjang kawasan kurang lebih 14 kilometer. Sedangkan, setiap tempat penetasan, dapat menampung sekitar 1.500 telur penyu.

Baca Juga : 7 Pantai di Jogja Yang Wajib Kamu Kunjungi!

5. Kawah Ratu

Para penggemar trekking mungkin sudah tidak asing dengan nama Kawah Ratu, bukan? Disarankan untuk menyewa pemandu berpengalaman agar tidak tersesat. Ada juga patok pemandu hijau yang dibuat para pecinta alam, para pendaki disarankan untuk kembali ke jalan yang sudah dilalui sampai menemukan patok pemandu itu.

Terdapat beberapa belerang di tempat tertentu, dan banyak pengunjung membawa belerang tersebut karena dipercayai oleh warga setempat mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit. Selain itu, kamu dapat menikmati keindahan air terjun, kawasan camping ground, dan pemandangan alam bekas letusan dahsyat Gunung Salak, berupa Kawah Ratu.

Baca Juga : 10 Destinasi Wisata Lombok yang Mempesona dan Menarik

6. Curug Simarinjung

Tempat Wisata Curug Simarinjung (Instagram: @Curugsimarinjung)

Curug ini menjadi salah satu curug yang paling indah di Geopark Ciletuh. Dihiasi latar belakang batuan purba yang berwarna merah bata. Air terjun ini mengalir dari sungai Simarinjung dan menjulang setinggi 45 meter. Selain itu, pohon yang berada tepat di sisi tebing membuat penampilannya menjadi lebih eksotis.

7. Kampung Adat Ciptagelar

Tempat Wisata Kampung Adat Ciptagelar (Instagram: @Kampungadatciptagelar)

Sukabumi memiliki kampung adat yang akan membawa kamu kembali ke suasana masa lalu, loh! Tapi, di kampung ini tidak memiliki fasilitas listrik, seperti jaman dahulu kala. Ciri khas dari Kampung Ciptagelar adalah rumah-rumah adat yang berderet rapi. Jajaran rumah adat tersebut masih terjaga hingga saat ini sehingga menjadi kearifan lokal Kabupaten Sukabumi.

Penduduk di kampung tersebut, masih menjalani berbagai adat istiadat, salah satunya mengadakan upacara Seren Taun sebagai bentuk rasa syukur. Acara utama Seren Taun adalah penyerahan hasil bumi ke dalam Leuit alias lumbung. Tradisi ini sudah berlangsung selama 600-an tahun dan tetap lestari!

8. Danau Batur Bacan

Danau ini sebenarnya merupakan lubang bekas galian tambang yang kemudian terisi oleh air hujan. Batuan hijau yang membentuk dasar danau ini menjadikan air danau tampak berwarna kehijauan. Pemandangan tersebut berhasil menarik wisatawan yang ingin menambah koleksi foto yang Instagramable. Selain itu, area danau dikelilingi dengan tebing batu berbentuk unik.

Baca Juga: Tempat Wisata Untuk Kamu Petik Buah, Dimana Aja Ya?

Nah, itu dia rekomendasi beberapa destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi saat berada di Kota Sukabumi! Jangan sampai kamu lewatkan, ya, simpan momen kamu dengan sebaik mungkin! Semangat dan selamat berlibur!

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *