Tanggal:02 May 2024

Saat Wawancara Ditanya ‘Mengapa Ingin Bekerja Disini?’, Ini Jawaban Tepatnya!

Dalam sebuah interview yang kamu sedang atau akan diikuti, biasanya seseorang yang mewawancarai kamu akan menanyakan banyak hal. Beberapanya adalah kesibukan sehari-hari, pengalaman kerja, hingga alasan mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan tersebut. Kalau kamu ditanya dengan pertanyaan tersebut, sudah tahu belum nih jawabannya? 

Jika kamu menjawab dengan jawaban yang kurang tepat bagi mereka atau jawabanmu kurang meyakinkan, itu akan mempengaruhi hasil wawancara kamu lho! Lalu, jawaban seperti apa sih yang harus kamu berikan? Untuk hal ini sendiri kita tidak akan pernah tahu. Karena setiap perusahaan memiliki jawabannya sendiri-sendiri tentunya. 

Hal yang harus kamu fokuskan adalah kepribadianmu dan keunggulan yang kamu miliki dan tunjukkan itu pada saat sesi wawancara. Jangan sampai kamu melebihkan-lebihkan hal yang sebenarnya kamu tidak miliki ya! Sekarang kita lihat yuk jawaban-jawaban yang mungkin kamu dapat jawab.

Baca Juga | 7 Cara Efektif Mengatasi Grogi Saat Interview Kerja, Yuk Coba!

1. Kaitan Antara Posisi dan Skill Yang Kamu Miliki 

Opsi pertama yang kamu miliki adalah mengaitkan posisi yang sedang kamu lamar dengan skill-skill yang kamu miliki. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menjawab skillmu dengan pengalaman yang mungkin kamu pernah alami saat magang dan sebagainya. Dengan pengalaman yang banyak dan berkaitan dengan posisi yang kamu lamar, kamu bisa banget menjadi salah satu kandidat yang kuat.

Baca Juga | 6 Kursus Online Gratis Untuk Menunjang Skill Kamu!

2. Keunggulan Perusahaan

Tidak bisa dipungkiri bahwa kita terkadang mencari perusahaan yang pasti memiliki banyak keunggulan. Contohnya seperti perusahaan-perusahaan ternama, lokasinya, posisi, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa menggunakan keunggulan perusahaan sebagai jawaban, mengapa begitu? Itu mengartikan bahwa kamu sangat menghargai dan mengetahui bahwa perusahaan tersebut sangat layak dan kamu ingin membantu untuk mempertahankan hal tersebut, tentunya dengan skill-skill yang kamu miliki.

Baca Juga | Yuk Mengenal Apa Itu Budaya Perusahaan!

3. Kontribusi Untuk Perusahaan Yang Kamu Dapat Tawarkan

Melanjutkan poin sebelumnya, kamu ingin memberikan kontribusi kepada perusahaan dengan skill-skill yang dapat kamu tawarkan. Hal ini kamu lakukan dan sampaikan untuk mempertahankan keunggulan-keunggulan perusahaan yang sudah kamu sebutkan. Selain itu, sampaikan kontribusi apa saja yang dapat kamu berikan. Pastikan kontribusi tersebut sangat meyakinkan sampai-sampai kamu diterima di perusahaan tersebut.

Baca Juga | 6 Cara Meningkatkan Konsentrasi Dalam Bekerja, Penting Banget Loh! Yuk Coba

4. Kaitkan Produk Yang Dimiliki Perusahaan Dengan Tujuanmu di Perusahaan

Menyampaikan keunggulan produk dan mengaitkannya dengan tujuan kamu di perusahaan juga dapat menjadi jawabannya lho! Kalau kamu bisa menjelaskannya secara detail dan sangat memeliki jiwa dedikasi yang tinggi terhadap produk-produk yang dimiliki perusahaan, tidak usah khawatir dengan apa yang akan terjadi pada hasil interview kamu.

Baca Juga | 5 Tips Sukses Public Speaking Di Lingkungan Kerja, Yuk Simak!

Nah kamu sudah tahu nih kira-kira jawaban yang dapat kamu berikan, jangan lupa untuk diterapkan pada sesi interview nanti ya!

Baca Juga | 3 Cara Menjaga Kontak Mata Saat Interview

sukses wawancara - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *