Tanggal:17 June 2024

7 Cara Menjadi HRD yang Benar

Beberapa orang pernah berpikir untuk bekerja menjadi seorang HRD di suatu perusahaan. Ada berbagai alasan mengapa orang ingin menjadi HRD, seperti misalnya karena suka membantu orang, suka mendengar pendapat orang dan banyak lagi alasan lainnya. Jika kamu merupakan salah satu orang tersebut, maka kamu akan memerlukan informasi terkait bagaimana cara menjadi HRD yang benar.

Jika alasanmu adalah karena ingin membantu orang lain, itu merupakan hal baik untuk segera memulai karir sebagai HRD. Dengan begitu, kamu akan terus termotivasi untuk membantu orang lain dalam pekerjaan yang mereka tekuni. Tetapi, motivasi dan hasrat saja tidak cukup untuk bisa menjadi HRD yang baik dan benar.

Kamu akan memerlukan beberapa tips atau langkah-langkah agar kamu siap untuk menjadi HRD yang baik. Tanpa berbasa-basi, mari simak artikel berikut ini!

1. Tingkatkan Wawasanmu tentang Sosial Media

beragam sosial media
Wawasan media sosial adalah modal penting bagi HRD – @pexels.com

Suatu perusahan tentunya ingin terus mendapatkan kandidat karyawan yang potensial, untuk itu seorang HRD yang baik harus memperluas koneksinya salah satu caranya dengan memiliki banyak koneksi di sosial media. Media sosial yang sering digunakan seorang HRD adalah facebook dan linkedin.

Dengan menggunakan media sosial tersebut kamu akan mampu menciptakan koneksi profesional yang nantinya bisa dijadikan referensi kandiat yang kuat dan lebih meluas. Linkedin merupakan salah satu opsi dimana kamu bisa mencari orang yang berkompeten di bidangnya secara langsung

Memiliki jangkauan yang luas dan kenalan yang banyak merupakan suatu kelebihan yang akan membantumu untuk menjadi HRD yang baik dan benar.

Baca juga: Cara memimpin perusahaan

2. Memiliki Pandangan Jauh ke Depan

orang sednag berpikir sambil membuka laptop
Tebiasa untuk merencanakan sesuatu – @pexels.com

Perusahaan cenderung tidak suka dengan HRD yang tidak memiliki rasa inisiatif yang tinggi. Jadi buat kamu yang ingin menjadi HRD sebaiknya harus membiasakan diri untuk berpikir jauh ke depan dan mencari tahu hal apa yang ingin dicapai dari perusahaan tempat kamu bekerja.

Usahakan untuk selalu mendiskusikan ide dan pendapatmu dengan pihak perusahaan, dengan begitu kamu bisa selalu merencanakan apa yang perlu kamu capai kedepannya untuk perusahaan.

Baca juga: Cara sukses presentasi bahasa Inggris

3. Lakukan Komunikasi yang Positif dengan Semua Karyawan

makan bersama
HRD harus menjaga keakraban – @pexels.com

HRD yang baik adalah HRD yang dapat mendekatkan dirinya dengan karyawan, salah satu caranya adalah dengan berkomunikasi secara rutin dan melakukan interaksi sosial di lingkungan kantor.

Kamu harus bisa untuk menjaga keakraban di lingkungan kantor selain berkomunikasi dengan karyawan yang bermasalah atau yang lainnya

Keakraban ini akan membantumu sebagai HRD untuk mengetahui permasalah apa yang sedang dilalui oleh karyawan dan bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut. Hal ini tentu saja akan menjadikanmu HRD yang baik.

Baca juga: Tips berinvestasi emas untuk kamu yang pemula

4. Mengenal Lebih Jauh tentang Bisnis Perusahaan

orang sedang bermain HP
Pahami bisnis perusahaanmu – @pexels.com

Memahami proses bisnis perusahaan merupakan langkah awal untuk mengelola sumber daya manusia di suatu perushaaan dengan efektif dan efisien. Maka dari itu sebaiknya kamu mempelajari bagaimana proses bisnis perusahaanmu dan mempertimbangkan keahlian apa saja yang dapat membantu perusahaan untuk lebih maju dalam mencapai tujuan.

Baca juga: Cara Branding produk menarik

5. Fleksibel

orang sedang mengobrol
HRD harus menyesuaikan diri dalam setiap kondisi – @pexels.com

Sifat fleksibel dalam kondisi apapun merupakan modal penting untuk menjadi HRD yang baik. Kamu bisa memulainya dengan mempelajari hal baru yang sedang terjadi di lingkungan perusahaan dan mempelajari perubahan-perubahan yang terjadi di tempat kerja kamu. Seorang HRD yang baik merupakan orang yang tidak cepat puas dan bisa beradaptasi dengan situasi yang berubah.

Baca juga: Jurusan kuliah yang paling di minati di dunia kerja

6. Terus Belajar

Belajar menggunakan PC
HRD harus terus mengembangkan dirinya dengan belajar – @pexels.com

Bisnis akan selalu berkembang di setiap tahunnya dan tidak akan pernah berhenti mengalami perubahan. Maka dari itu, kamu harus tetap terus belajar, menambahkan pengalaman agar bisa terus mempertahankan kinerjamu untuk perusahaan.

Tak terkecuali posisi HRD, kamu harus bisa selalu mencari cara untuk mengembangkan segala potensi diri dan mengembangkan potensi dari karyawan lain.

Baca juga: Alasan kenapa pelatihan K3 sangat penting untuk para pekerja

7. Memahami Pembuatan Laporan

laporan kerja
HRD harus mampu membuat laporan – @pexels.com

Laporan merupakan hal yang wajib di semua perusahaan. Laporan juga merupakan salah satu cara bagaimana perushaan mengawasi kinerja karyawannya dalam jangka waktu tertentu. Untuk itu, HRD juga harus memiliki keterampilan untuk membuat laporan yang biasanya berisikan tentang kehadiran karyawan, keterlambatan, ketidakhadiran, cuti, penerimaan gaji karyawan dan masih banyak lagi hal lainnya.

Dengan adanya laporan HRD yang baik, ini akan membantu upaya menjaga kestabilan operasional perusahaan dengan menjaga agar setiap hak dan kewajiban karyawan maupun pihak perusahaan bisa dipastikan berjalan dengan lancar. Ditambah lagi, kinerja seluruh karyawan akan semakin mudah untuk diawasi dan dikembangkan

Baca juga: 5 tipe kepemimpinan di dunia

Nah, jadi itu dia 7 cara menjadi HRD yang baik. Artikel di atas bisa kamu terapkan untuk bisa menjadi HRD yang baik dan benar seperti yang kamu dan perusahaanmu harapkan.
Jadi teruslah belajar dan kembangkan diri kamu ya!
Eits, kamu juga bisa belajar banyak dan mengembangkan dirimu bersama Vocasia.
Vocasia merupakan platform edukasi online yang menyediakan banyak kursus pelatihan di berbagai macam bidang keahlian dengan mentor-mentro yang sang berkompeten dan berpengalaman
Yuk daftar dan belajar bersama Vocasia, klik di sini untuk daftar

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
scale up bisnis
sukses wawancara - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *