Tanggal:30 April 2024

Peluang-Peluang Kerja Untuk Kamu Yang di Dalam Bidang Komunikasi!

Saat kamu sedang memasuki perkuliahan pada saat pertama kali, kamu pastinya diharuskan memilih jurusan yang akan kamu pilih. Hal tersebut sangat penting dan krusial untuk kamu pertimbangan sebelum kamu pilih, karena kamu akan menjalani perkuliahan kurang lebih selama empat tahun lamanya. 

Kursus online IELTS Vocasia

Baca Juga: 7 Hal yang Sebaiknya Kamu Persiapkan Sebelum Kuliah di Luar Negeri!

Pemilihan kamu harus berdasarkan yang kamu inginkan dan minati. Pastikan apa yang kamu pilih itu dapat kamu tempuh secara akademis dan juga finansial. Jangan sampai kamu merasa terbebani, begitu juga orang-orang terdekat kamu seperti teman dan keluarga. Pemilihan jurusan juga menentukan apa yang akan kamu jalani nanti pada saat bekerja. Contohnya saja jurusan yang akan kita bahas kali ini, Ilmu Komunikasi. 

Jurusan yang satu ini sering kali digampangkan oleh banyak orang, nyatanya hal tersebut tidaklah segampang apa yang orang-orang pikirkan. Jurusan Ilmu Komunikasi memiliki pembelajaran yang sangat kompleks dan prospek kerja yang sangat variatif lho! Kira-kira apa aja ya peluang posisi-posisi dalam bidang komunikasi saat bekerja nanti? Yuk kita cek bareng!

1. Media & Journalism 

Untuk kamu yang suka dan ingin bekerja di media, terutama jurnalis, jurusan komunikasinya-lah jawabannya! Dengan prospek-prospek posisi dalam bekerja seperti fotografer, jurnalis, wartawan, announcer, reporter, dan masih banyak lagi yang akan menjadi beberapa dari banyaknya posisi dalam media & journalism! Kamu minat penjurusan yang satu ini gak?

2. Broadcasting 

Siapa yang suka bidang broadcasting nih? Karena broadcasting juga merupakan salah satu peluang dalam komunikasi. Kalau kamu ingin bekerja contohnya seperti di televisi, perfilman, dan lain-lain, broadcasting-lah jawabannya. Prospek kerja dari broadcasting sendiri seperti sutradara, content creator, penulis skenario, produser, dan masih banyak lagi. Siap jadi anak broadcasting?

3. Creative Media 

Tidak berbeda jauh dari broadcasting, di bidang kreatif juga kamu akan memiliki prospek kerja yang hampir sama. Seperti film maker, content creator, produser TV, dan masih banyak lagi. Perbedaanya, kreatif media tidak terlalu menyudut ke bagian-bagian yang dimiliki oleh broadcasting, tetapi selain itu masih banyak kaitannya kok!

4. Advertising 

Selanjutnya ada advertising atau periklanan. Bagian atau posisi dalam divisi advertising juga sedang populer banget di kalangan job seeker. Posisi-posisi yang mungkin akan kalian dapatkan seperti copywriter, design graphic, media planner, dan account executive. Minat gak nih di advertising?

5. Public Relation 

Baca Juga: Memahami Konsep Dasar Public Relations

Untuk yang terakhir, gak kalah peminatnya dari bidang-bidang penjurusan di ilmu komunikasi lainnya nih! Public Relation banyak sekali peminatnya saat sudah semester pertengahan atau kampus yang sudah menerapkan PR sejak semester awal. Jika kamu memilih penjurusan ini, prospek kerja kamu mungkin seperti Humas, Marketing, dan masih banyak lagi. Mana nih yang minat sama PR!?

Buat kamu yang berada di jurusan ilmu komunikasi, sudah tahu belum mau bekerja di bidang apa untuk penjurusannya nanti?

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *