Tanggal:22 April 2024

9 Tempat Wisata di Lampung yang Wajib Kamu Kunjungi!

Menikmati suasana saat berlibur tentu sangat menyenangkan, apalagi saat kamu berada di Lampung! Berbagai wisata di Lampung sangatlah beragam dan sayang untuk dilewatkan jika kamu sedang berkunjung ke sana. Mulai dari pantai, air terjun, bukit batu, dan taman nasional yang semuanya menyuguhkan panorama memesona.

Lampung memiliki potensi wisata yang luar biasa indah. Bahkan hampir semua destinasi wisata ada di sana. Kamu bisa menemukan wisata alam, seperti pantai, gunung, dan air terjun, hingga wisata kekinian seperti spot selfie

Tak hanya wisata alam saja, tempat bersejarah dan budaya bisa kamu kunjungi, lho! Sebelum pergi, ada baiknya melakukan riset terhadap tempat yang bakal kamu kunjungi, sebab informasi bisa saja sewaktu-waktu berubah, ya. Penasaran wisata mana saja yang wajib dikunjungi? Simak berikut ini, ya.

Rekomendasi Tempat Wisata Di Lampung

1. Pulau Pahawang

Tempat Wisata Pantai Pahuwang Lampung (@pantai.pahuwang)

Pulau pahawang menawarkan keindahan pesona bawah laut yang belum banyak diketahui. Lokasinya berada di Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Pulau dengan luas 1.084 hektar ini memiliki hutan bakau, pantai pasir putih, dan pemandangan bawah laut yang cantik.

Pulau ini sangat cocok untuk berenang di pantai, banana boat, snorkeling, atau sekadar bersantai di pantai. Ada pula sejumlah homestay yang dapat dijadikan tempat bermalam. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang dari dompet sebesar Rp30.000 yang untuk sekaligus menyewa perahu, lho!

2. Puncak Mas

Tempat Wisata Puncak Mas Lampung (@puncakmas_lampung)

Tempat wisata di Lampung ini menyuguhkan pemandangan indah bukit hijau dengan semilir angin sejuk. Tak heran jika tempat wisata ini menjadi destinasi favorit para wisatawan. Waktu terbaik untuk datang ke sini, yaitu menjelang matahari terbenam atau malam hari. 

Pada saat senja, pemandangan langit kemerahan dari Puncak Mas akan terlihat sangat eksotis. Tiket masuknya sekitar Rp10.000 per orang. Lokasinya berada di Jalan H. Hamim RJP, Sukadana Ham, Tj. Karang Bar, Bandar Lampung. Fasilitas di Puncak Mas mulai dari spot foto unik, mushola di pohon durian, kafe terbuka, wahana permainan sepeda gantung, sampai arena bermain anak. 

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Lombok Yang Mempesona Dan Menarik

3. Pantai Gigi Hiu 

Tempat Wisata Pantai Gigi Hiu Lampung (@explorewisatalampung)

Pasti kamu bertanya, mengapa Pantai Gigi Hiu disebut demikian. Ya, ini karena batuan karangnya yang timbul ke permukaan dan sedikit runcing. Namun, inilah yang justru jadi daya tariknya. Panorama Pantai Gigi Hiu cukup instagramable untuk latar foto.

Pantai Gigi Hiu merupakan destinasi populer di Lampung. Uniknya, pantai ini bukan terkenal karena pasir pantainya, melainkan pemandangan batu karangnya. Pantai Gigi Hiu ini terletak di Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Pantai dengan formasi batu karang tajam ini kian cantik lantaran adanya hempasan ombak air laut, sehingga cocok untuk berburu foto Instagramable. Jika tidak ingin berburu foto, pengunjung bisa sekadar bersantai menikmati pesona matahari tenggelam ditemani dengan hembusan angin laut yang menyejukkan.

4. Danau Suoh Lampung

Tempat Wisata Danau Suoh Lampung (@alamlampung)

Suoh merupakan kawasan yang berada di Lampung Barat dan terkenal dengan wisata danau serta geothermal-nya. Salah satunya Danau Suoh, yang jadi langganan penikmat alam sekaligus pemburu foto. Kawasan ini terdiri dari empat danau, yakni Danau Asam, Danau Minyak, Danau Belibis, dan Danau Lebar. Karakteristik keempat danau tersebut berbeda-beda sesuai namanya.

Seperti Danau Asam dengan air pH rendah dan rasanya asam, atau danau minyak yang permukaannya terlihat berkilau, seperti minyak mengambang. Di sekitar Danau Belibis terdapat padang ilalang yang tumbuh liar dan salah satu titik favorit untuk berfoto di sana. Danau Suoh berada di Dusun Kalibata, Desa Sukamarga, Kecamatan Suoh, Lampung. Tenang saja, kamu datang ke sini dengan secara gratis tanpa dipungut biaya, lho!

Baca Juga: Destinasi wisata di Semarang!

5. Taman Nasional Way Kambas

Tempat Wisata Taman Nasional Way Kambas Lampung (@airyindonesia)

Taman Nasional Way Kambas merupakan tempat pengelolaan berbagai jenis flora dan fauna. Di sana, ada area perlindungan, pelatihan, hingga konservasi Gajah Sumatera, lho! Para wisatawan diperbolehkan berinteraksi langsung dengan koleksi satwa di sini.

Taman Nasional Way Kambas ini berada di Kabupaten Lampung Timur, Lampung. Kamu akan dikenakan biaya di hari biasa Rp5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp150.000 untuk wisatawan mancanegara. Di akhir pekan Rp 7.000 untuk wisatawan lokal dan Rp225.000 untuk wisatawan mancanegara.

6. Air Terjun Curup Lestari

Tempat Wisata Air Terjun Curup Lestari Lampung (@feedgram)

Meski berada di tengah hutan, pesona air terjun curup lestari tetap eksotis di mata wisatawan. Di sana, kamu bisa berenang, bermain air, maupun sekadar berfoto. Panorama alam di sekitar kawasan ini pun rindang, sehingga kondisi udaranya cukup sejuk.

Air terjun ini berada di kawasan hutan tepatnya berada di Desa Kota Batu, Kecamatan Pubian, Kabupaten Lampung Tengah. Air terjun curup lestari yang indah dan eksotis ini dulunya kurang populer dan medan perjalanan juga tergolong sulit.

Namun, air terjun ini sudah dikelola dengan baik dan sudah tersedia fasilitas penunjang, seperti parkir kendaraan, warung makan, sampai tempat ganti pakaian. Di sini, pengunjung dapat mandi menikmati kesegaran air terjun yang jernih sambil menikmati pemandangan yang asri nan sejuk, atau mengambil foto-foto keren.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Tempat Wisata Di Sukabumi!

7. Pulau Tegal Mas

Tempat Wisata Pulau Tegal Mas Lampung (@lampung)

Pulau Tegal Mas merupakan pulau yang dikembangkan sebagai destinasi wisata andalan baru di Lampung. Tak kalah dengan pulau dan pantai di Bali, pasir putih, birunya laut, serta cottage dan vila bergaya tropical, mewarnai Pulau Tegal Mas.

Berbagai kegiatan air yang bisa kamu lakukan di sana, seperti snorkeling hingga bermain kano. Liburan jadi makin menyenangkan, deh! Tempat ini berada di Jalan Teluk Lampung, Pidada, Panjang, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Kamu akan dikenakan biaya Rp25.000 per orang belum dengan sewa alat, ya!

8. Pantai Dewi Mandapa, Pesawaran

Tempat Wisata Pantai Dewi Mandapa Lampung (@jalanjalandilampung)

Lampung memang terkenal dengan keindahan alam, terutama pantainya. Salah satu yang jadi andalan adalah Pantai Dewi Mandapa. Bukan cuma hamparan pasir putih beserta ombaknya yang bakal memanjakanmu, terdapat pula beberapa spot wisata lain yang bisa kamu jamah. Misalnya, Pulau Cinta dan Dermaga Asmara. Kamu akan menemukan dermaga kayu dengan pondok-pondok kecil, ayunan, dan properti untuk berswafoto. Namun, untuk masuk ke sana, kamu akan dikenakan biaya tambahan sekitar Rp20.000 per lokasi.

9. Pulau Balak

Tempat Wisata Pantai Balak Lampung (@dronelampung)

Tertarik berwisata di pulau tak berpenghuni dengan panorama alam yang masih asri? Yuk, siapkan kopermu dan terbang ke Pulau Balak! Satu wisata di Lampung ini memiliki pantai berpasir putih dengan nuansa sejuk menenangkan, recommended buat healing, nih! Pulau ini berada di Sukarame, Kec. Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Kamu hanya dikenakan biaya Rp15.000 per orang, murah bukan? Tunggu apalagi segera nikmati liburanmu! 

Itulah rekomendasi destinasi atau tempat wisata Lampung yang paling, hits. Bagi kamu yang ingin berlibur di akhir pekan ini tetap patuhi protokol Kesehatan, ya.

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *