Tanggal:22 April 2024

7 Tempat Wisata di Aceh Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Keindahan alam yang memesona membuat keberagaman tempat wisata di seluruh provinsi Indonesia, salah satunya provinsi Aceh. Aceh adalah provinsi di ujung pulau Sumatera yang memiliki beragam tempat wisata, mulai dari wisata bahari sampai wisata alam tentunya.

Provinsi dengan julukan Serambi Makkah ini berada di paling utara dari Pulau Sumatera dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia. Kejadian yang menimpa Aceh di tahun 2014 lalu ternyata tak membuat tempat ini semakin terpuruk. 

Meski memiliki peraturan khusus dengan dasar syariah, Aceh memiliki banyak wisata yang tidak akan mengecewakan kamu untuk berlibur di Aceh. Selain Museum Tsunami yang merupakan tempat untuk memperingati kejadian kala itu, masih ada berbagai lokasi wisata yang wajib untuk kalian datangi. 

Kamu sedang berada di Aceh? Atau berencana untuk mengisi waktu liburan ke Aceh? Jangan sampai terlewatkan untuk merasakan keindahan alam disana, ya! Jangan lupa pula mencicipi kuliner khas yang bakal membuat sesi melancong menjadi semakin lengkap. Simak berikut beberapa tempat wisata di Aceh yang wajib kamu kunjungi. 

List Tempat Wisata di Aceh

1. Danau Laut Tawar

Tempat Wisata Danau Laut Tawar Acwh (@acehtourismtravel)

Danau Laut Tawar di Aceh berada di atas Dataran Tinggi Gayo, serta dapat ditempuh sekitar tujuh jam dari Banda Aceh. Saat berwisata di danau yang dikelilingi bukit ini, pengunjung dapat menyewa kapal untuk berlayar ke tengah danau, tentunya kamu akan menikmati alam bebas di sana! 

Tempat wisata di Aceh Tengah ini cukup recomended. Di danau ini kamu bisa menikmati panorama alam yang luar biasa. Hal ini, disebabkan terdapat dua bukit yang mengapit danau ini, lho! Kamu bisa menghabiskan waktu dengan bersantai di pinggir danau atau bisa juga memancing.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Wisata Di Papua, Wajib Dikunjungi!

2. Museum Tsunami

Tempat Wisata Museum Tsunami Aceh (@abdul_jabbars)

Museum Tsunami Aceh merupakan salah satu tempat wisata Aceh yang wajib dikunjungi wisatawan selama menghabiskan waktu di provinsi tersebut. Museum ini merupakan monumen untuk mengenang bencana gempa dan tsunami yang melanda Aceh tahun 2004 silam. 

Bangunan yang terletak di Banda Aceh ini menyimpan berbagai benda yang menggambarkan betapa dahsyatnya bencana tersebut, sekaligus juga menjadi pusat pendidikan dan evakuasi jika bencana tsunami kembali terjadi. Dengan kamu mendatangi museum bersejarah ini, kamu akan mendapatkan pengetahuan luas mengenai sejarah Aceh.

3. Goa Sarang

Tempat Wisata Goa Sarang Aceh (@ishak_mutiara)

Destinasi wisata satu ini terletak di Pulau Weh. Disebut Goa Sarang lantaran objek wisata ini dipenuhi sarang burung walet. Goa ini memiliki mulut yang langsung menghadap ke laut. Oleh karena itu, jika cuaca sedang cerah, wisatawan dapat melihat Kabupaten Aceh Besar yang terletak di seberang pulau. Pemandangan matahari terbenam (sunset) di Goa Sarang menjadikan daya tarik di tempat wisata Aceh ini begitu sayang untuk dilewatkan.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Keren Di Indonesia Yang Wajib Di Kunjungi, Apa Aja Ya?

4. Pulau Keluang

Tempat Wisata Pulau Keluang Aceh (@mrchantoey)

Pulau keluang menjadi salah satu tempat berkemah di Aceh. Pengunjung bisa mengakses tempat ini dengan menaiki kapal milik warga setempat. Secara administratif, Pulau Keluang terletak di Kecamatan Jaya atau sekitar 78 km dari Banda Aceh.

5. Pantai Lhoknga

Tempat Wisata Pantai Lokhnga Aceh (@wisata_bandaaceh)

Pantai Lhoknga adalah salah satu destinasi yang terkenal di Aceh. Keindahan dari laut dan juga pasir putihnya memang sangat menjanjikan. Di sini terdapat banyak pepohonan yang rindang sehingga memberikan kesan sejuk di pantai ini. Pantai ini berjarak sekitar 20 km dari kota Banda Aceh. Jika kamu bersama rombongan ingin mengunjungi objek wisata ini, kami merekomendasikan menggunakan jasa sewa hiace Aceh yang disediakan oleh travel agen lokal yang ada di sana.

Baca Juga: Travel Budget: Cara Mengatur Dana Travelling Agar Tidak Boncos

6. Sungai Teunom

Tempat Wisata Sungai Teunom Aceh (@wisataaceh)

Ingin berwisata bersama keluarga dan teman-teman yang bisa memacu adrenalin? Arung jeram Sungai Teunom bisa menjadi solusinya. Kamu akan melakukan rafting selama 2 sampai 3 jam. Wisata ini memang akan menguras tenaga, tetapi pasti akan sangat menyenangkan. Kamu juga akan disuguhi dengan pemandangan alam sekitar, seperti pepohonan yang besar dan juga tebing terjal.

7. Pantai Lanaga

Tempat Wisata Pantai Lanaga Aceh (@arif_rachman26)

Pantai Lanaga ini berada di Desa Peunaga. Pantai ini adalah salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena lokasi yang dekat dengan kota Meulaboh. Pemandangan di pantai ini sangat indah. Kamu akan melihat pasir putih dan juga laut biru yang sangat indah. Selain itu, juga bisa menikmati wahana yang ada, seperti banana boat, berselancar, permainan jet, dan masih banyak lagi. Biro wisata lokal biasanya membuat paket wisata keluarga menuju ke objek wisata ini.

Demikianlah tempat wisata Aceh yang wajib kamu kunjungi pastinya! Bukan hanya sebagai tempat untuk melepas penat, berbagai destinasi yang ada di Aceh tadi bisa menjadi tempat untuk menambah wawasan dan juga mengambil hikmah yang tersimpan dari wisata tersebut. Jangan sampai terlewatkan, ya!

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *