Tanggal:30 May 2024

10 Tempat Wisata di Padang yang Wajib Kamu Kunjungi!

Padang merupakan salah satu daerah di Sumatera Barat yang memiliki banyak potensi dari segi pariwisata. Ada banyak tempat wisata di Padang yang menarik dan layak untuk dikunjungi bersama keluarga atau orang tersayang kamu.

Ada berbagai jenis tempat wisata di Padang. Mulai dari wisata alam hingga wisata budaya. Selain itu, kota Padang juga terletak langsung di tepi laut sehingga kota ini memiliki banyak pantai indah yang juga patut untuk dikunjungi. 

Padang juga memiliki beberapa pulau indah yang bisa kamu kunjungi dengan menggunakan perahu. Bepergian di Padang pasti tidak akan membosankan karena ada banyak tempat untuk dilihat dan dinikmati. Penasaran ada apa saja tempat wisata di Padang? Simak info selengkapnya di sini!

Tempat Wisata di Padang yang Paling Hits dan Instagramable!

1. Pantai Padang

Objek wisata Padang yang pertama adalah Pantai Padang. Pantai Padang merupakan salah satu objek wisata di Padang yang banyak diminati oleh para wisatawan. Terlebih Pemerintah Kota Padang memaksimalkan potensi destinasi ini dengan berbagai layanan. Saat cuaca bagus, Pantai Padang adalah tempat yang ideal untuk menyaksikan matahari terbenam yang indah.

2. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis (Sumber: youtube.com)

Tempat wisata di Padang lainnya adalah Pantai Air Manis. Pantai Air Manis adalah objek wisata terkenal di Padang. Di pantai ini terdapat sebuah batu karang yang bentuknya menyerupai manusia yang sedang bersujud. Batu itu dipercaya sebagai Malin Kundang yang dikutuk menjadi batu oleh ibunya.

Selain itu, yang tak kalah menarik adalah terdapat batu berbentuk tali kapal dan pohon berbentuk lambung kapal. Penduduk setempat juga percaya bahwa batu-batu tersebut bukanlah suatu kebetulan melainkan tanda-tanda legenda Malin Kundang yang sebenarnya.

Baca Juga | 8 Rekomendasi Tempat Wisata Di Sukabumi!

3. Pantai Pasir Jambak

Tempat wisata di Padang yang ketiga adalah Pantai Pasir Jambak. Pantai Pasir Jambak berjarak kurang lebih 17 kilometer dari pusat kota Padang. Pantai ini luas dan datar sehingga cocok bagi para pengunjungnya sebagai jalur sepeda. Di Pantai Pasir Jambak kamu bisa melakukan banyak aktivitas, mulai dari berenang, berjemur, bermain, hingga menyewa perahu.

4. Museum Adityawarman

Objek wisata di Padang yang keempat adalah Museum Adityawarman. Museum Adityawarman juga biasa disebut sebagai Taman Mini Sumatera Barat. Wisata edukasi di Padang ini berada di lahan seluas sekitar 2,6 hektar dengan luas bangunan sekitar 2.855 m2.

Museum Adityawarman memiliki banyak koleksi artefak sejarah, baik peninggalan Minangkabau maupun nasional. Di antara berbagai koleksi yang ada di sini, salah satu yang paling terkenal adalah Rumah Bagonjong atau Banjuang dengan arsitektur khas Minang.

5. Pulau Pasumpahan

Tempat wisata di Padang yang selanjutnya adalah Pulau Pasumpahan. Pulau Pasumpahan terletak di sebelah barat Pantai Padang dan memiliki luas sekitar 5 hektar. Pasir Pantai Pulau Pasumpahan berwarna putih berpadu dengan jernihnya air laut yang biru. Daya tarik lain dari tempat wisata Padang ini adalah permukaan lautnya yang seolah terbagi menjadi tiga warna pantai, yaitu jernih, hijau, dan biru.

Baca Juga | 8 Destinasi Wisata Di Semarang Yang Wajib Dikunjungi!

6. Air Terjun Sarasah

Air Terjun Sarasah (Sumber: youtube.com)

Tempat wisata di Padang yang keenam adalah Air Terjun Sarasah. Air Terjun Sarasah merupakan objek wisata yang sangat populer di Padang. Dahulu, air terjun ini disebut Sarasah Banyak Gariang karena banyaknya ikan Gariang yang ditemukan di sana.

Air terjun ini memiliki 2 tingkat, tingkat pertama terdapat seluncuran air di atas bebatuan yang tersusun rapi berbentuk piramida dan tingginya sekitar 15 meter, kemudian tingkat kedua terdapat seluncuran air yang terbuat dari saluran sungai yang sempit. Ketinggian air terjun ini sekitar 25 meter.

7. Air Terjun Lubuk Hitam

Tempat wisata di Padang yang selanjutnya adalah Air Terjun Lubuk Hitam. Air Terjun Lubuk Hitam secara administratif berada di Desa Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Air terjun ini memiliki tiga tingkatan yang indah. Ketinggian masing-masing air terjun mulai dari 2 meter, 10 meter, dan 20 meter.

8. Pulau Sikuai

Pulau Sikuai (Sumber: jendelakecildunia.com)

Selanjutnya adalah Pulau Sikuai. Pulau Sikuai adalah salah satu pulau di sisi barat Pulau Sumatera. Secara administratif, pulau ini termasuk Kelurahan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

Pulau ini merupakan pulau yang memiliki iklim tropis dan pantai berpasir putih sepanjang tahun. Pulau ini juga masih memiliki hutan tropis alami. Sekitar 2,4 ha dari luas Pulau Sikuai dijadikan tujuan liburan, selebihnya adalah hutan dan pantai.

9. Pulau Sirandah

Tempat wisata di Padang yang tidak kalah menarik adalah Pulau Sirandah. Pulau Sirandah merupakan pulau yang termasuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Sirandah berasal dari bahasa Minang yang berarti rendah. Pulau Sirandah merupakan pulau berbukit dengan pantai berpasir putih yang ditumbuhi beberapa pohon tinggi, seperti kelapa, semak belukar, dan bakau.

10. Kota Tua Padang

Tempat wisata di Padang yang kesepuluh adalah Kota Tua Padang. Kota Tua Padang merupakan rangkaian bangunan tua yang berusia hampir seratus tahun. Objek wisata di Padang ini terbentang dari Jalan Muaro, Pasa Mudik, Pasa Gadang, Batang Arau, Pada Tanah Kongs hingga kawasan Pondok. Kota Tua Padang cocok bagi wisatawan yang tertarik dengan sejarah dan budaya.

Baca Juga | 10 Rekomendasi Tempat Wisata Di Papua, Wajib Dikunjungi!

Demikianlah tempat wisata di Padang yang hits dan wajib kamu kunjungi ketika sedang di Padang! Selagi liburan, untuk mengisi waktu luangmu agar lebih bermanfaat, kamu bisa mengikuti beragam kelas yang disediakan oleh Vocasia! Cek pilihan kelas-kelasnya di sini!

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *