Tanggal:30 May 2024

7 Tempat Wisata di Pontianak yang Wajib Kamu Kunjungi!

Tempat wisata di Pontianak bisa menjadi agenda liburan yang menarik. Pontianak merupakan daerah yang terkenal dengan keunikan wisata dan pemandangannya yang indah. Berkunjung ke Pontianak bisa menjadi pengalaman liburan yang menyenangkan.

Pontianak adalah ibu kota Provinsi Kalimantan Barat yang sebagian wilayahnya berada di garis khatulistiwa sehingga lebih unik dibandingkan wilayah lain di Indonesia. Jadi, tak heran jika Pontianak sering disebut sebagai ‘Kota Khatulistiwa’. 

Pontianak memiliki banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga, sahabat, dan orang-orang tersayang lainnya. Objek wisata di Pontianak bernuansa alam, edukatif, atau sejarah. Jika Anda belum tahu mau ke mana saat datang ke Pontianak, berikut 7 Tempat Wisata di Pontianak yang wajib dikunjungi!

Tempat Wisata di Pontianak yang Wajib Dikunjungi!

Pantai (Sumber: freepik.com)

1. Pantai Pasir Panjang

Tempat wisata di Pontianak yang wajib dikunjungi pertama kali adalah Pantai Pasir Panjang. Pantai ini termasuk dalam kawasan Jalan Nasik. Lokasinya berada di balik hutan. Jadi, tak heran akses menuju pantai ini cukup sulit. Jika ingin singgah di pantai ini, Anda harus berjuang keras untuk bisa sampai ke tempat ini. 

Uniknya, pasir dari pantai ini memiliki tekstur keras yang tidak akan Anda temukan di pantai lain. Pasir putih juga bisa dilihat di sini. Bagus untuk foto dan mengisi feed Instagram Anda. Tiket masuk ke pantai ini juga murah, hanya Rp10.000 di hari biasa dan Rp20.000 di akhir pekan.

Baca Juga | 15 Tempat Wisata Di Bogor Yang Wajib Kamu Datangi!

2. Taman Nasional Gunung Palung

Gunung Palung (Sumber: wisatatok.blogspot)

Tempat wisata di Pontianak lainnya adalah Taman Nasional Gunung Palung yang diperkirakan luasnya sekitar 90.000 hektar. Taman nasional ini memiliki ekosistem hutan tropis, mangrove, rawa, dan pegunungan yang sangat lengkap. Selain berbagai spesies tumbuhan dan hewan eksotis, Anda juga akan menemukan spesies anggrek hitam yang hampir punah di sekitar Sungai Matan. Tempat wisata di Pontianak ini terletak di Padu Banjar, Simpang Hilir, Ketapang, Kalimantan Barat.

3. Keraton Kadariah

Istana Kadariah merupakan istana yang pernah ditempati Sultan pertama Kesultanan Pontianak, Sayyid Syarif Abdurrahman Al-Qadrie. Istana ini konon sudah ada sejak tahun 1771 Masehi. Bahan bangunannya terdiri dari kayu-kayu pilihan dan kondisi Keraton Kadariah saat ini telah mengalami renovasi dan juga rekonstruksi. Keraton Kadariah merupakan tempat wisata sejarah di Pontianak dan menjadi bukti bahwa Pontianak pernah menjadi sebuah kerajaan.

4. Rumah Radakng

Tempat wisata di Pontianak selanjutnya adalah Rumah Radakng, rumah adat suku Dayak yang sering disebut longhouse atau rumah panjang. Karena panjangnya sekitar 138 meter, lebar 5 meter, dan tinggi 7 meter. Tak heran jika Rumah Radakng menyabet predikat rumah adat terbesar di Indonesia dari Museum Rekor Indonesia.

Baca Juga | 8 Rekomendasi Tempat Wisata Di Sukabumi!

5. Taman Burung Singkawang

Taman Burung Singkawang (Sumber: photography.blogspot.com)

Tempat wisata di Pontianak selanjutnya adalah Taman Burung Singkawang. Masyarakat setempat sering menggunakan taman ini sebagai tempat bersantai di sore hari. Warga sekitar sering menyebut taman ini sebagai Regional Mess Park karena dekat dengan Pekan Raya Daerah Singkawang.

Adapun nama taman ini menurut cerita masyarakat setempat dinamakan demikian karena banyaknya hiasan patung burung di sekitar kawasan taman sehingga dinamakan Taman Burung. Tiket masuk tempat wisata ini sangat terjangkau, harganya hanya Rp10.000 dan buka 24 jam setiap hari. Lokasinya di Jalan Merdeka, Tengah, Singkawang.

6. Khatulistiwa Park

Objek wisata Pontianak yang wajib dikunjungi adalah Taman Khatulistiwa. Taman Khatulistiwa bisa disebut sebagai lambang Pontianak, terletak di dekat pusat kota Pontianak, berjarak sekitar 3 km. Di sini Anda akan mendapatkan banyak informasi penting tentang sejarah pembangunan monumen.

Hal menarik lainnya dari tempat ini adalah sering diadakannya event tahunan yang bertepatan dengan fenomena alam yang menciptakan titik cahaya. Pencahayaan itu sendiri adalah titik matahari berada tepat di atas kepala sehingga tidak ada bayangan yang terlihat. Tempat wisata ini berada tepat di Jalan Khatulistiwa, Batu Layang, Siantan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Anda bisa berkunjung secara gratis di lokasi ini.

7. Danau Biru Singkawang

Tempat wisata di Pontianak selanjutnya adalah Danau Biru Singkawang. Danau Biru Singkawang merupakan danau yang terbentuk dari bekas tambang emas. Hebatnya, objek wisata berupa danau Pontianak yang dipromosikan sebagai objek wisata terbaik di kota Singkawang ini, ternyata tercipta secara tidak sengaja. Pemandangan air biru yang mencolok memberikan kesan tersendiri bagi wisatawan. Dengan kondisi alam sekitar yang masih terlihat sangat alami membuat pikiran lebih rileks.

Baca Juga | 10 Rekomendasi Tempat Wisata Di Papua, Wajib Dikunjungi!

Tempat wisata di Pontianak memang banyak karena kawasan ini unik dengan garis khatulistiwanya. Memiliki banyak potensi wisata baru yang sayang jika dilewatkan. Mulai dari pantai, air terjun, taman hingga cagar alam.

Tidak rugi menghabiskan liburan di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat ini. Destinasi wisata yang serbaguna akan memanjakan liburan Anda. Dijamin seru dan menyenangkan. Jangan lupa berkunjung ke tempat yang direkomendasikan, ya!

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *