Tanggal:21 February 2024

20 Tempat Wisata di Malang Favorit Wisatawan!

Malang merupakan salah satu kota di jawa timur yang memiliki potensi wisata yang sangat baik. Ketika akhir pekan atau waktu libur tiba, Malang menjadi salah satu destinasi wisata yang paling diminati. Tak hanya oleh warga kota Malang sendiri, tetapi juga oleh warga kota-kota di sekitarnya. Bahkan tak jarang warga dari luar daerah pun turut menjadikan tempat wisata di Malang sebagai tujuan menghabiskan waktu berlibur dan bersantai. Supaya liburan kamu jadi lebih menyenangkan, simak rekomendasi tempat wisata di Malang berikut yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

1. Jatim Park 1

Photo: https://www.instagram.com/p/ClTKC1FyNYI/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Tempat wisata yang satu ini memang cukup populer di kalangan wisatawan. Destinasi ini bisa jadi pilihan saat liburan bareng keluarga kalau berkunjung ke Malang.Di sini, para pengunjung bisa menikmati lebih dari 50 wahana untuk dikunjungi. Salah satunya Galeri Etnik Nusantara, Flying Fox, Taman Sejarah, Flying Tornado, Volcano Coaster, dan masih banyak lagi. Jatim Park terletak di Kota Batu, sekitar 30 menit hingga 1 jam dari Kota Malang.

2. Jatim Park 2

https://www.instagram.com/p/CkAgjCBpN1Z/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Lokasi Jatim Park 2 tidak terlalu jauh dari Jatim Park 1. Biasanya setelah puas jalan-jalan di Jatim Park 1, wisatawan langsung melanjutkan perjalanan ke Jatim Park 2. Ada tiga area khusus yang dijamin seru, yakni Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park.

Sesuai namanya, Batu Secret Zoo merupakan kebun binatang yang luasnya mencapai 14 hektare. Sementara itu, di Museum Satwa, kamu bisa belajar mengenai hewan yang sudah punah. Selanjutnya di Eco Green Park, kamu akan belajar banyak hal tentang pengetahuan alam.

3. Florawisata San Terra Lafonte.

Photo: https://www.instagram.com/p/CgWGGnXr5wz/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Tempat wisata ini ada Jalan Raya Madya, Jurangrejo, Pandesari, Pujon, Kabupaten Malang. Setibanya di Florawisata San Terra Lafonte, wisatawan dapat menikmati panorama aneka jenis bunga. Kebun bunga ini cocok dijadikan latar foto.  Selain kebun bunga, ada juga bangunan bergaya Eropa yang dicat dengan warna-warna terang agar menarik wisatawan. 

Florawisata San Terra Lafonte buka pukul 08.00-17.00 WIB.  Dilansir dari situs resminya, harga tiket Florawisata San Terra de Lafonte mulai dari Rp 25.000 pada weekdays (hari biasa), serta mulai dari Rp 30.000 untuk weekend (akhir pekan) atau libur nasional.

4. Meseum Angkut

Photo: https://www.instagram.com/p/CmOZms0LC0g/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Museum Angkut bisa menjadi pilihan keluarga untuk wisata edukasi. Berbagai jenis mobil klasik dipamerkan di musem yang luasnya hampir 4 hektar ini. Museum ini juga memamerkan beragam mobil bersejarah, misalnya kendaraan yang dipergunakan Presiden Pertama RI Soekarno. Museum Angkut juga memajang Presidential Helicopter yang merupakan helikopter kepresidenan.

Beragam fasilitas juga siap memanjakan wisata bersama keluarga. Museum Angkut memiliki fasilitas mulai dari Pasar Apung Nusantara, Buckingham Palace, Gangster Town, F1 Simulator, China Town, hingga Flight Simulator. Harga tiket masuk Museum Angkut sebesar Rp 110.000 per orang baik weekday dan weekend. Lokasi obyek wisata ini berada di Jalan Terusan Sultan Agung Nomor 2, Kota Batu.

5. Kampung Warni-warni

Photo: https://www.instagram.com/p/Cfkqu8LpPVU/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Salah satu wisata di Malang yang sempat viral dan menarik perhatian wisatawan yaitu kampung warna-warni Jodipan. Hal ini lantaran kampung warna-warni Jodipan menawarkan banyak sekali spot foto menarik dengan latar rumah yang berwarna-warni yang unik.

Selain banyaknya bangunan yang dicat warna-warni, di sini juga kamu akan menemukan lorong payung, yaitu sebuah area teduh yang diapit oleh deretan rumah. Kamu bisa istirahat sejenak sambil foto-foto di jalu kecil yang dipenuhi payung gantung.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Terbaik Di Nusa Tenggara Timur

6. Batu Night Spectacular (BNS)

Photo: https://www.instagram.com/p/CftdRWcLKNx/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Pesona Batu Night Spectacular (BNS) juga tak kalah menarik dari wisata lainnya. Batu Night Spectacular adalah sebuah tempat wisata yang mirip seperti pasar malam dengan berbagai wahana menarik dan keindahan lampu-lampu di malam hari.

Di sini, Kamu bisa menikmati berbagai wahana menarik untuk keluarga, mulai dari wahana ramah anak sampai yang menguji nyali. Selain wahana, di BNS juga menghadirkan sejumlah tempat foto yang menarik, semuanya bisa kamu nikmati ditemani udara pegunungan khas kota Batu yang segar. 

7. Batu Flower Garden

Photo: https://www.instagram.com/p/ChqnyA8JYZ-/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Sebelum menjelajah BNS, ada baiknya kamu berkunjung terlebih dahulu ke Batu Flower Garden. Tempat wisata di Malang ini menyuguhkan konsep pemandangan alam kota Batu dan Malang yang indah. Daya tarik Batu Flower Garden terletak pada spot foto menarik dengan nuansa kebun bunga warna-warni.

Selain itu, udara di sini juga sangat sejuk, sehingga sangat cocok untuk kamu dan keluarga kunjungi di pagi, siang, atau sore hari. Setelah dari Batu Flower Garden, kamu bisa langsung menikmati keseruan di Batu Night Spectacular (BNS). 

8. Hill House

Photo: https://www.instagram.com/p/Cg4BekrOZ6V/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Hill House merupakan tempat makan yang menawarkan masakan Jepang dan Korea dengan cita rasa Nusantara. Memiliki konsep seperti ruang keluarga, Hill House juga menyediakan banyak fasilitas, seperti kolam renang, bar, day club, dankolam renang luar ruangan. Tempat ini dibuka pada pukul 11.00 WIB hingga 23.00 WIB. Lokasinya ada di Jalan Mawar, Songgokerto, Kota Batu. 

9. Alun-alun Malang

Jika ingin berwisata dengan biaya murah bisa datang ke Alun-alun Malang. Kulinernya juga sangat lengkap. Ada banyak tempat makan legendaris yang wajib didatangi. Desain alun-alun pada malam hari juga cukup Instagramable. Apalagi sekarang sudah ada banyak lampu hias yang dijadikan dekorasi di tempat ini. Tempat ini buka selama 24 jam dan berlokasi di Jalan Merdeka Selatan, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang.

10. Malang Night

Photo: https://www.instagram.com/p/ClnDNx-P6zD/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Sebagai salah satu kawasan wisata di Jawa Timur, Malang juga menyediakan hiburan menarik pada malam hari, yakni tempat dengan banyak lampu dan fasilitas permainan. Malang Night Paradise adalah tempatnya. Terdapat beragam hiburan, seperti Taman Dinosaurus, Taman Lampion, Museum Ganesya, Fun Clown, dan Flying Car. Bagi yang tertarik, bisa langsung datang ke Malang dan mencoba wahana yang ada. Ingat, datang saat sore sekitar pukul 17.45 WIB untuk membeli tiket, sedangkan jam tutupnya pukul 22.00 WIB.

Baca juga: 8 Rekomendasi Tempat Wisata Di Sukabumi!

11. Gunung Bromo

Photo: https://www.instagram.com/p/CPE64bJHdh5/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

tak lengkap rasanya kalau tidak ke Gunung Bromo jika bertandang ke Malang. Gunung ini selalu menarik banyak perhatian para pecinta alam karena pemandangan yang sangat indah serta memukau. Kamu bisa mengakses Gunung Bromo dengan kendaraan roda dua dan empat, namun perlu diketahui kalau kamu akan memerlukan sewa jeep untuk bisa sampai ke kaki gunung Bromo.

12. Pantai Tiga warna

Photo: https://www.instagram.com/p/BqOXdRYnJj0/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Tak hanya menyuguhkan wisata alam pegunungan dengan udara sejuknya, Malang yang berada di pesisir selatan pulau Jawa pun juga punya destinasi wisata pantai yang tak kalah cantik. Satu di antaranya ialah pantai yang air lautnya memiliki gradasi warna yang memukau antara biru dan hijau serta pasir putihnya nan menawan. Pantai tersebut ialah Pantai Tiga Warna.

Tempat wisata di Malang yang satu ini belum begitu terekspose seperti destinasi lainnya di Malang sebab letaknya yang cukup tersembunyi di kawasan hutan konservasi. Untuk menjelajahi dan menikmati keindahannya pun Anda perlu mengeluarkan sedikit tenaga. Selain itu, kamu pun perlu melakukan reservasi terlebih dulu sebelum berangkat ke sana.

Tetapi jangan salah, pesona yang dimiliki pantai ini sungguh tak bisa diabaikan begitu saja. Terutama ketika menyusuri jalan sebelum sampai ke pantai, kamu akan disuguhi pemandangan yang penuh kesan. hijau hutan konservasi bakau yang berada persis di muara pertemuan sungai dan laut.

13. Goa Pinus

Photo: https://www.instagram.com/p/CK-O1i9JLvN/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Berada di kawasan hutan pinus di daerah Gunungsari, Bumiaji Kota Batu Malang,  kamu tak hanya dapat menikmati keindahan gua tetapi juga berbagai macam wahana di dalamnya. Disambut dengan gerbang unik yang terbuat dari ranting kayu, kamu pun bisa menjadikannya spot foto yang menawan. Di tempat ini pun juga terdapat gardu pandang yang akan membuat pemandangan alam di sekitar semakin terlihat mempesona. Jika Anda suka berkemah di alam terbuka, tempat yang satu ini juga bisa jadi pilihan yang seru.

14. Pantai Balekabang

Photo: https://www.instagram.com/p/BtisflcnkhT/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Jika di Bali ada Tanah Lot, maka di Malang ada pantai Balekambang. Yang membuat pantai Balekambang disebut sebagai Tanah Lot-nya Malang, ialah karena ada sebuah pura yang berdiri kokoh nan anggun di sebuah pulau kecil persis di bibir pantai.

Hingga saat ini pun pura ini masih tetap digunakan oleh penduduk setempat yang beragama Hindu untuk merayakan hari besar keagamaan. Di tempat ini Anda bisa menikmati panorama sunset yang menawan. Selain itu ketika air sedang surut, Kamu dapat menyusuri pantai dan mengamati keindahan terumbu karang di sekitar pantai. Tempat ini pun juga bisa jadi spot foto yang menarik.

15. Pantai Mbehi

Photo: https://www.instagram.com/p/BqHOHCSgMJl/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Berada di kawasan pesisir selatan pulau Jawa, Malang tak hanya punya Pantai Balekambang dan Pantai Tiga Warna. Ada satu lagi pantai yang juga punya daya tarik unik hingga kerap disebut surga tersembunyi di Malang, yakni Pantai Mbehi. Ini karena akses untuk menjelajahinya cukup menantang dan tersembunyi di kawasan hutan lindung sehingga tak banyak orang yang mengetahuinya.

Inilah mengapa tempat wisata di Malang yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang berjiwa petualang. Rasa lelah ketika menyusuri jalan setapak akan terbayar saat berhasil mencapai pantai yang memiliki gradasi warna biru hijau nan jernih serta dengan lingkungan yang masih sangat alami. Menariknya lagi, di dekat pantai ini terdapat  fenomena alam yang cukup unik dan membuat siapa pun berdecak kagum.

Baca juga: 10 Rekomendasi Tempat Wisata Di Papua, Wajib Dikunjungi!

16. Taman Rekreasi Selecta

Photo: https://www.instagram.com/p/CjenEtEhEZm/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Menjajal beragam permainan sambil melihat pemandangan alam merupakan sesuatu yang menyenangkan. Kegiatan tersebut bisa dilakukan di Taman Rekreasi Selecta.  Uniknya, tempat ini dikelilingi oleh Gunung Arjuna, Welirang, dan Anjasmoro.

Banyak wahana wisata yang bisa dicoba, seperti flying fox, perahu ayun, sky bike, dan cinema 4D. Alamatnya berada di Jalan Raya Selecta Nomor 1, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Harga tiket per orangnya mulai dari Rp 40.000, dikutip dari situs resminya.

17. Taman Langit Gunung Banyak

Photo: https://www.instagram.com/p/Cj72OiwvTxf/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Jika suka berfoto di spot-spot unik dan Instagramable, bisa mampir ke Taman Langit Gunung Banyak yang berada di Brau, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu.  Tempat wisata ini punya konsep menarik, yakni terkait tujuh cahaya cakra manusia, yang digambarkan dengan dua patung perempuan yang dimaksudkan sebagai bidadari.  Jam buka Taman Langit Gunung Banyak sama setiap harinya yakni mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan 00.00 WIB.

18. Wisata Alam Brakseng

Photo: https://www.instagram.com/p/CFJUHhNHqgh/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Berkunjung ke Malang Raya jangan sampai melewatkan mampir ke Wisata Alam Brakseng yang memiliki pemandangan perkebunan.  Selain menawarkan tempat foto dengan latar Instagramable, di tempat ini pengunjung juga bisa bersantai di kafe sambil menyegarkan pikiran.  Jadwal buknya mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB setiap harinya. Berlokasi di kawasan Brakseng, Sumber Brantas, Bumiaji, Kota Batu.

19. Taman Kunang-kunang

Taman Kunang-kunang merupakan tempat yang bagus bila dikunjungi pada malam hari. Banyak lampu-lampu yang disusun secara apik, sehingga cocok sebagai latar selfie.  Terdapat ratusan lampu LED yang dipasang untuk menerangi taman tersebut. Ada juga gazebo untuk bersantai dan penjual makanan. Bagi yang ingin menikmati suasana malam bisa berkunjung ke Jalan Jakarta Oro-oro Dowo, Penanggungan, Klojen, Kota Malang.

20. Taman Labirin

Berlokasi di kawasan Coban Rondo, Pandesari, Kecamatan Batu, Taman Labirin Coban Rondo menjadi salah satu tempat wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Labirin ini dibuat dari tanaman hijau setinggi dua meter. Ketika masuk ke sini, bakal berasa masuk ke dunia film fiksi seperti Alice in the Wonderland! Enggak cuma mencari jalan keluar dari labirin, kamu juga bisa menikmati aktivitas seru lainnya di Taman Labirin Coban Rondo. Seperti bermain air di air terjun, outbond hingga berkemah.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Lombok Yang Mempesona Dan Menarik

Nah, itulah deretan tempat wisata di malang. Selamat berkunjung!

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *