Tanggal:22 July 2024
Ilustrasi logo seller Tokopedia (nusadigital.blogspot.com)

5 Tips Pasang Iklan di Tokopedia Agar Jumlah Pengunjung Meningkat

Ilustrasi logo seller Tokopedia (nusadigital.blogspot.com)

Ilustrasi logo seller Tokopedia (nusadigital.blogspot.com)

Sebelum Anda ingin memasang iklan untuk produk Anda di Tokopedia pastinya Anda terlebih dahulu strategi – strategi dapat bersaing dengan toko lain yang menyediakan produknya sama dengan Anda. Tokopedia menyediakan fitur topads, fitur ini merupakan fitur promosi toko dan produk dalam solusi beriklan yang ditawarkan oleh Tokopedia untuk meningkatkan tampilan produk dan jangkauan toko kepada calon pembeli untuk muncul dihalaman strategis Tokopedia.

Baca Juga | 11 Tips dan Cara Menjual Produk Di Tokopedia

Baca Juga | 9 Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online yang Harus Kamu Ketahui!

Yuk simak tips pasang iklan agar produk dilirik customer:

Ilustrasi banner TopAds Tokopedia (ResellerDropship.com)

Ilustrasi banner TopAds Tokopedia (ResellerDropship.com)

1. Mengoptimalkan Halaman Produk

Pastikan pada halaman produk sudah mencatumkan nama produk sesuai dengan kata kunci di Tokopedia yaitu, nama atau jenis produk, merek dan keterangan di kolom deskripsi. Selanjutnya, gunakan foto yang jernih dengan background yang polos dan perhatikan angle pada saat foto produk agar lebih terlihat menarik (lakukan pemotretan lebih dari 3 dengan sudut yang berbeda), menambahkan penjelasan secara singkat dan jelas bisa berupa poin – poin penting dan kata kunci.

Baca Juga |  5 Cara Menjadi Dropshipper di Tokopedia

Baca Juga | Apa itu Omzet?

2. Cantumkan harga sesuai pasar produk

Soal harga pastikan Anda memilih menggunakan rekomendasi harga produk dengan cara melalukan riset terlebih dahulu terkait harga competitor pada halaman wawasan pasar, jangan takut untuk membuat diskon toko karena ini salah satu cara efektif untuk menarik pembeli.

Baca Juga | 9 Cara Jitu Meningkatkan Penjualan Online, Omzet Dijamin Naik!

3. Mengikuti Rekomendasi dari Tokopedia

Lakukan pengaturan pada biaya per klik sesuai rekomendasi dari Tokopedia (semakin tinggi biaya yang dipilih per klik, maka semakin besar kesempatan produk akan tampil di halaman pencarian teratas), menggunakan rekomendasi kata kunci (semakin tinggu relevansi kata kunci pada produk dan pencarian pembeli, makan semakin besar kesempatan agar produkmu bisa tampil di hasil pencarian, pilihlah produk yang paling diminati pembeli (pastikan produk yang ingin diiklankan merupakan produk yang lebih banyak diminati pembeli atau Anda bisa mengukurnya dari jumlah pemesanan terbanyak di Toko

Baca Juga | Kata-Kata Promosi di Facebook yang Menarik untuk Bisnismu

4. Memilih Jenis Iklan yang Sesuai

Berikut penjelasan mengenai beberapa jenis – jenis iklan produk di Tokopedia (Baca Juga | Berikut 6 Jenis Iklan Berdasarkan Medianya):

  • Iklan Produk Otomatis

Iklan ini disarankan untuk Anda yang ingin beriklan dengan praktis sesuai dari rekomendasi Tokopedia. Jadi hanya mengiklankan produk dengan jumlah sales tertinggi atau popular dari toko tersebut dan terkait strategi akan langsung di bantu dari pihak Tokopedia. Pastikan halaman produk sudah optimal yaitu, nama produk, foto produk, deskripsi produk, serta harga produk yang bersaing.

Baca Juga | Simak Yuk 10 Cara Mudah Beriklan di OLX

  • Iklan produk Manual

Iklan ini disarankan untuk Anda yang ingin fokus untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan penjualan. Di fitur kali ini Anda di wajibkan untuk membuat group promosi di dalam group dibatasi hanya bisa maksimal 50 produk saja. Anda harus menentukan biaya klik per iklan untuk bisa bersaing dengan iklan produk lainnya.

Baca Juga | Simak 6 Cara Mudah Memasang Iklan di Bukalapak

  • Iklan Toko

Iklan ini disarankan untuk Anda yang ingin meningkatkan brand awareness terhadap tokomu sekaligus menampilkan produk pilihan. Sebelum memilih iklan ini pastikan Anda sudah menentukan kalimat promosi agar iklan Anda tampil optimal. Menggunakan kalimat yang berhubungan dengan nama produk sesuai dengan pencarian pembelian.

Baca Juga | 5 Tips Mudah Beriklan di Lazada Untuk Pemula yang Ingin Mulai Bisnis

  • Iklan Tokopedia Display Network

Iklan ini disarankan untuk toko yang jenisnya official store. Iklan bertujuan sebagai cara meningkatkan angka pengunjung dengan cara mendominasi halaman stategi Tokopedia dengan banner promo yang menarik. Menggunakan pesan promosi yang mengundang daya tarik pembeli. (Baca Juga: Kata – kata Promosi Menarik untuk Bisnis Onlinemu di Instagram)

Terkait strategi untuk meningkatkan trafik toko dan penjualan. Ketika calon pembeli mencari produk yang mereka inginkan, maka yang seharusnya muncul adalah produk Anda, karena sudah membuat strategi promosi. Semakin halamannya kebelakang, maka produk yang muncul pun tingkat populernya rendah dan tentu biaya promosi yang rendah juga.

Perlu Anda ketahui calon pembeli tidak akan terpaku pada halaman pertama saja tetapi calon pembeli akan mencari produk – produk yang mereka ingin sampai kehalaman terakhir atau belakang. Sistem algoritme pencarian Tokopedia akan menampilkan produk berdasarkan tingkat kepopuleran dan tingkat besar biaya promosi. (Baca juga: 7 Skill Wajib Menjadi Seorang Entrepreneur, Sudah Miliki Semua?)

5. Pastikan Anda membalas chat dengan cepat

Ketika calon pembeli sudah menemukan produkmu dan tertarik membeli, ada kemungkinan mereka akan mengirimkan pesan kepada mu terkait menanyakan informasi secara detail. Pastikan kamu membalas chat secepat mungkin karena ketika kamu membalas secara slow respon bisa saja dia  beralih ke toko yang lain. Jadi semakin cepat kamu membalas pesan, maka kamu akan mendampatkan kesempatan besar pembeli melakukan proses pembayaran.

Nah itu semua penjelasan tentang strategis beriklan di Tokopedia. Selamat mencoba yaa semoga berhasil. Jangan lupa kunjungi situs vocasia untuk informasi lainnya tentang iklan.

Baca Juga | 6 Tips Mudah Beriklan di Shopee untuk Kamu yang Baru Memulai Bisnis

Baca Juga | 5 Tips Mudah Beriklan di Lazada Untuk Pemula yang Ingin Mulai Bisnis

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *