Tanggal:15 May 2024

Ingin membeli Kamera Bekas? Ini dia 6 Tips dalam memilih Kamera Bekas

Jika Kalian ingin membeli kamera second tentunya banyak faktor yang harus diperhatikan sebelum membeli.

Pasalnya jika Kalian membeli kamera bekas, Kalian harus berhati-hati ketika mengecek kamera yang ingin Kalian beli. Pada ulasan dibawah ini ada 6 tips bagaimana cara dalam memilih kamera bekas dengan benar.

Baca Juga | 6 Cara Jitu Bisnis Pakaian Bekas Import, Pasti Untung!

Membeli Kamera Bekas

Barang bekas adalah salah satu jalan alternatif jika kita ingin membeli barang tetapi budget pas-pasan. Tetapi perlu diperhatikan bahwa membeli barang bekas memiliki resiko yang tinggi jika kita tidak mengecek dengan baik.

Dibawah ini beberapa tips yang harus Kalian ketahui untuk membeli kamera bekas.

1. Cek Kemulusan

Hal yang sangat mendasar dan sering dipertanyakan pembeli ke penjual adalah tingkat kemulusan dari barang tersebut. Pastikan kamera yang ingin Kalian beli dalam kondisi mulus meskipun tidak mulus 100% wajar saja karena kamera yang ingin Kalian beli adalah second.

Tetapi jika Kalian membeli dalam keadaan mulus 90% keatas ada kemungkinan harga secondnya juga tinggi.

Baca Juga | 5 Tips Memilih kamera Analog sebelum Membeli

2. Cek Lensa & Kaca Lensa

Lensa dan kaca lensa memiliki peran yang sangat penting. Jika Kalian ingin membeli kamera bekas pastikan lensa pada kamera tidak rusak dan kaca lensa tidak lecet.

Setelah melihat dari luarnya, Kalian bisa mengecek dengan test hasil foto pada kamera tersebut. Jika hasil foto pada kamera tersebut tidak memuaskan ada kemungkinan bahwa lensa nya telah rusak. Misal seperti auto fokus yang tidak berfungsi, dynamic range yang tidak baik dan lain sebagainya.

Baca Juga | 9 Jenis Lensa pada Kamera DSLR

3. Baterai

Baterai juga salah satu aspek terpenting jika Kalian ingin membeli kamera bekas. Pastikan baterai dalam keadaan normal dan masih berfungsi.

Tetapi jika Kalian tidak masalah dengan baterai yang sudah boros, Kalian juga bisa membeli baterai di online shop dengan harga yang bervariasi.

Baca Juga | Apa Saja Sih Keunggulan & Kekurangan dari Produk Apple?

4. Barang Fullset

Pastikan juga ke si penjual kamera yang dijual fullset atau tidak. Namun, jika Kalian ingin membeli kamera bekas tetapi tidak masalah jika barang tersebut tidak lengkap mungkin Kalian akan mendapatkan harga yang lebih murah ketimbang barang dengan kondisi fullset.

Baca Juga | 5 Tips Bekerja di Ruangan Ber-AC

5. Toko Terpecaya

Beli lah kamera bekas di tempat yang sudah memiliki citra yang baik di mata masyarakat. Jika Kalian membeli kamera ke toko yang belum memiliki nilai yang baik di mata masyarakat mungkin itu salah satu resiko yang harus di pertimbangkan.

Baca Juga | 4 Cara Membuka Lapak di Tokopedia, Mudah dan Cepat

6. Garansi Toko

Membeli barang di online shop ataupun beli di toko nya langsung pastikan Kalian mendapatkan garansi. Biasanya pada baran second Kalian akan mendapatkan garansi toko mulai dari 1 bulan hingga 3 bulan. Kenapa garansi sangat penting?

Ya, karena Kalian notabennya membeli barang bekas yang ada kemungkinan banyak kerusakan. Maka dari itu, Kalian harus memastikan bahwa toko tersebut memberikan garansi service gratis ataupun ganti unit lain jika barang yang Kalian beli memiliki kendala sebelum masa garansi habis.

Baca Juga | Tujuan Pameran Fotografi yang harus Kalian Ketahui, Serta cara Menyiapkan Pameran Foto

Nah, itulah beberapa tips bagaimana cara membeli dan memilih kamera bekas dengan baik dan benar.

Kalian jangan mudah terkecoh dengan harga yang miring / murah. Selalu perhatikan barang yang ingin dibeli. Semoga ulasan diatas memberikan referensi untuk Kalian yang ingin membeli kamera bekas. Terima kasih!

Kursus menjadi youtuber pro vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *