Tanggal:13 May 2024

Sudah Tahu Tips Memilih Hotel Saat Traveling ? Berikut Penjelasannya!

Saat kamu memiliki kegiatan yang penuh, kamu pasti merasa capek dan ingin mengistirahatkan pikiran dan badan sejenak bukan? Salah satu untuk merefreshkan pikiran dan badan saat penuh dengan kesibukan aktivitas, apakah kamu merasa bosan mengisi waktu akhir pekan hanya dirumah saja? biasanya kebanyakan orang suka yang namanya berlibur, lho! 

Berlibur menjadi hal yang menyenangkan dan banyak ditunggu-tunggu orang. Berpergian dan melupakan sejenak segala rutinitas, akan membuat kamu menjadi bersemangat dan begitu antusias untuk mempersiapkan segalanya dengan baik.

Ilustrasi Orang Yang Ingin Pergi Berlibur (Pexels)

Kamu wajib membuat sebuah rencana yang baik sebelum pergi liburan, hal ini akan membuat kamu memiliki gambaran yang jelas mengenai perjalanan yang akan dilakukan. Dengan memiliki rencana yang tepat, maka liburan akan jauh lebih menyenangkan dan sesuai dengan harapan tentunya. 

Saat liburan, kebanyakan orang melakukan aktivitas yang menarik untuk mengisi waktu akhir pekan dengan staycation di hotel. Agar kegiatan staycation di hotel menjadi lebih menyenangkan, memilih hotel untuk staycation juga ada tips dan triknya tersendiri. 

Baca Juga: Tips Kerja Sambil Liburan!

Jika salah pilih, bisa-bisa liburan kamu jadi tidak maksimal dan  mengesankan, lho. Memilih tempat menginap di hotel ketika liburan, bisa jadi sebuah pekerjaan yang gampang-gampang susah untuk kamu lakukan, terutama jika kamu akan mendatangi sebuah tempat liburan yang baru. Namun, jangan asal pilih! sebab hotel akan menjadi tempat tinggal sementara selama liburan, jadi kamu harus memilih yang paling tepat dan sesuai bagi kebutuhan. Apa saja tipsnya? Simak berikut ini ya.

Tips Memilih Hotel

1. Pilih Lokasi yang Paling Strategis

Hotel dengan lokasi yang strategis (pexels)

Pertimbangkan lokasi hotel yang akan kamu gunakan dengan lokasi tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi  nanti. Jangan memilih sebuah hotel yang jaraknya jauh dari berbagai tempat wisata tujuan kamu tersebut.

Pilihlah lokasi yang berada di dekat tempat kuliner atau wisata yang ingin kamu tuju. Jika kamu ingin menikmati suasana yang sepi, kamu bisa memilih lokasi yang agak jauh dari keramaian. Dengan memilih tempat hotel yang strategis, akan membuat kesan yang baik di waktu liburan kamu dan keluarga pastinya.

2. Pertimbangkan Biaya

Pertimbangan Biaya Dalam Berlibur (Pexels)

Saat kamu merencanakan liburan, kamu tentu akan mempersiapkan sejumlah dana untuk kebutuhan tersebut. Jika anggaran telah disiapkan akan jauh lebih mudah untuk memilih hotel yang sesuai dengan budget kamu nanti.

Apakah kamu rela keluar uang lebih banyak untuk menikmati hotel yang mewah atau mencari promo menarik untuk sekadar mendapatkan hotel bagus, tapi dengan harga terjangkau! Kalau sudah menentukan, jangan lupa untuk booking jauh-jauh hari ya. 

Selain jadi lebih murah, hotel di akhir pekan biasanya lebih cepat penuh, lho. Jangan memaksakan sejumlah anggaran yang tidak mampu dipenuhi, sebab liburan bukan hanya mengeluarkan sejumlah dana untuk menginap saja, tetapi kamu akan mengeluarkan sejumlah uang untuk berbagai hal lainnya selama di sana nanti ya.

Baca JugaTravel Budget!

3. Ketahui Fasilitas dan Review Hotel

Fasilitas Hotel Kolam Renang (Pexels)

Selanjutnya, kamu harus pertimbangkan mengenai fasilitas apa saja yang dimiliki oleh hotel yang dipilih tersebut. Kamu tentu tidak akan mau mengeluarkan sejumlah uang hanya untuk membayar sebuah hotel yang tidak memiliki fasilitas yang layak, bukan? Carilah hotel dengan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu.

Fasilitas-fasilitas seperti sarapan, kolam renang, pusat kebugaran, layanan spa, sampai yang mendasar seperti internet bisa bantu kamu melakukan berbagai kegiatan saat sedang staycation. Jadi, selain hanya untuk tempat istirahat (tidur) di kamar hotel, kamu juga bisa menikmati fasilitas lain yang disediakan oleh hotel tempat kamu menginap.

Karena, sebagian hotel memang menyediakan beberapa fasilitas lengkap, tapi banyak juga yang tidak lengkap dalam fasilitasnya. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan bagaimana review dari hotel tersebut. Terkadang, apa yang tampak di foto tak secantik aslinya. 

Begitu juga, saat kamu hendak memilih hotel. Untuk itu, mengecek review hotel yang akan kamu pilih untuk staycation juga penting untuk kamu lakukan. Saat ini zaman sudah canggih jadi, bisa menemukan berbagai informasi dengan sangat mudah lewat internet, termasuk berbagai informasi mengenai hotel yang akan ditinggali. 

Cek pendapat dan komentar dari para tamu yang telah menginap sebagai bahan pertimbangan kamu. Jika memang ulasan dari hotel tersebut cukup meyakinkan, jangan sungkan-sungkan untuk langsung memesan hotel tersebut ya.

4. Perhatikan Keamanan

Jangan menginap di hotel yang tidak jelas ya! artinya lokasinya berada di kawasan yang tidak aman terhadap berbagai tindak kejahatan. Bagaimanapun juga, keamanan kamu selama liburan adalah hal yang paling utama dan harus selalu dijaga. Pilih sebuah hotel yang berada di lokasi atau kawasan yang aman, sehingga liburan tetap bisa menyenangkan dengan perasaan yang nyaman dan tenang.

5. Perhatikan Kebersihan  

Fasilitas Kamar Mandi Hotel Yang Bersih (Pexels)

Kamu tentu tidak ingin menginap di sebuah hotel yang kurang bersih dan memiliki kondisi kebersihan yang jauh dari standar layak bukan?Ini sangat penting untuk dipertimbangkan, karena akan mempengaruhi kenyamanan dan bahkan kesehatan kamu selama liburan. Pilih sebuah hotel yang bersih dan layak untuk dijadikan sebagai tempat menginap kamu selama liburan.

Baca JugaRekomendasi fashion untuk liburan ke pantai!

Tidak harus selalu mewah, namun sebuah hotel yang memiliki fasilitas standar sekalipun bisa saja layak untuk ditinggali, jika kondisinya dalam keadaan bersih. Hotel yang bersih akan membuat kamu nyaman dan bisa menikmati liburan dengan menyenangkan.

Nah, itulah tips dalam memilih hotel untuk mengisi waktu liburan kamu dan keluarga! Bagaimana setelah kamu mengetahui apa saja yang harus diperhatikan saat memilih tempat hotel? Penting bukan? Selalu pertimbangkan mengenai lokasi, keamanan, fasilitas, dan berbagai aspek penting lainnya ketika memilih sebuah hotel. Sesuaikan juga dengan budget yang kamu miliki ya! sehingga liburan kamu bisa berjalan dengan baik dan menyenangkan.

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *