Tanggal:17 June 2024

8 Buah Asal Indonesia Yang Mendunia

Buah-buah yang berasal dari Indonesia memang sangat unik dan tentunya enak-enak untuk di makan. Tetapi, banyak sekali orang di luar sana yang memang belum mengetahui buah-buah ini atau bahkan mencicipinya, tetapi hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa buah ini tidak mendunia, karena masih banyak sekali orang di luar sana yang sudah jatuh cinta dengan buah-buah asal Indonesia ini yang tentunya, buah-buah favorit kita. Kalian sudah pernah coba yang mana saja? Yuk kita intip buah-buah apa saja asal Indonesia yang sudah mendunia!


1. Kedondong

Kedondong
Kedondong ( spondias dulcis). Photo: iStock

Apakah kamu pecinta buah kedondong? Kedondong sendiri memiliki serat kandungan yang dapat bermanfaat untuk mengurangi kolesterol dan trigliserida dalam darah. Buah kedondong juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan mencegah aterosklerosis (penyumbatan di pembuluh darah) yang dapat memicu penyakit jantung dan juga vitamin C. Warna buah ini adalah hijau dan memiliki warna kekuningan di bagian dalamnya. Ternyata banyak juga ya manfaat-manfaat yang terdapat dalam buah kedondong ini, kamu jadi bangga gak sama buah yang berasal dari Indonesia ini?


2. Jambu Air

Water Guava. Photo: Pixabay

Kamu sudah pernah mencicipi jambu belum? Apakah kamu punya pohon jambu di rumah? Manfaat jambu apa aja sih? Buah jambu memang memiliki banyak varian, warna dan jenis tentunya. Tipe jambu yang satu ini memang sangat amat dapat dibanggakan karena Jambu Air adalah salah satu buah yang berhasil mendunia lho. Dengan kamu mengkonsumsi jambu air setiap harinya, kamu terhindar akan risiko penyakit jantung. Buah ini juga mengandung vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Fakta menarik dari jambu air sendiri ialah karena buah ini bersifat anti jamur dan anti mikroba. Menarik kan!


3. Jeruk Bali

Citrus Maxima (Jeruk Bali)
Citrus Maxima (Jeruk Bali). Photo: iStock

Jeruk Bali atau Citrus Maxima (Pomelo) adalah salah satu tipe dan varian jeruk yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Beberapanya adalah mencegah penyakit jantung, penyakit ginjal dan meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan likopen yang terdapat pada Jeruk Bali dapat berfungsi sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas, mengatasi luka yang terdapat pada lambung, dan mencegah kamu dari kanker. Tetapi, kenapa ya buah ini disebut dengan julukan Jeruk Bali? Banyak yang mengatakan bahwa karena buah ini memiliki harga yang relatif murah di Bali, maka dari itu dinamakan Jeruk Bali. Unik bukan?

Baca Juga | Rekomendasi Tempat Wisata Petik Buah

Baca Juga | Cara Berbisnis di TikTok


4. Kelengkeng

Longan (Kelengkeng). Photo: Pixabay

Buah ini memiliki kemiripan dengan buah lainnya seperti rambutan, langsat, dan mangosteen. Kelengkeng sendiri memiliki beberapa panggilan seperti mata kucing dan longan. Kelengkeng sendiri berasal dari Asia Tenggara. Konon, jika kamu mengkonsumsi kelengkeng secara rutin, kamu dapat mengatasi permasalahan asam lambung kamu. Manfaat-manfaat buah kelengkeng sendiri yaitu menjaga daya tahan tubuh, membuat sel darah putih menjadi lebih baik, dan membantu tubuh kamu meringankan peradangan. Bagi kamu yang memiliki asam lambung, bisa nih dicoba buah Kelengkeng!

Baca Juga | Rekomendasi Pantai Keren di Jogja

Baca Juga | Oleh-Oleh Kekinian Khas Semarang


5. Nangka

Jackfruit. Photo: Pixabay

Buah Nangka atau (Jackfruit) memiliki banyak manfaat bagi tubuh kamu, tetapi jika kamu sering mengkonsumsi buah Nangka, ada juga risiko yang akan datang ke dalam tubuh. Manfaat-manfaat tersebut adalah memperbaiki sistem pencernaan dalam tubuh, dapat melawan kanker dan juga melawan diabetes pada tubuh kamu. Buah nangka sendiri memiliki warna kuning seperti warna buah mangga. Kamu sudah pernah cobain buah nangka?


6. Rambutan

Red Rambutan
Red Rambutan. Photo: iStock

Buah yang satu ini memang cukup populer di luar Indonesia, terutama di negara tetangga Malaysia. Buah ini disebut dengan rambutan karena buah ini memiliki karakteristik seperti rambut yang sangat banyak dan lebat. Manfaat dari buah ini sendiri adalah melancarkan sistem pencernaan, memperkuat daya tahan tubuh, menjaga jantung kamu dari penyakit, dan menguatkan kesehatan tulang. Tidak diragukan lagi buah yang satu ini sudah populer di luar Indonesia karena manfaat-manfaat yang dimiliki rambutan. Bagaimana dengan rasanya? Tentu saja manis dan sangat lezat. Kamu sudah coba belum?


7. Sukun

Breadfruit
Breadfruit. Photo: Pixabay

Breadfruit atau di Indonesia dinamakan dengan buah Sukun adalah buah yang berbentuk bulat dan memiliki warna hijau pada umumnya. Buah ini sering kali dikonsumsi dengan cara digoreng. Manfaat dari buah sukun sendiri adalah untuk menjaga kesehatan jantung, mengurangi tekanan darah dalam, kaya akan kalium, dan mengontrol detak jantung dengan mengurangi efek natrium. Unik dan sangat bermanfaat sekali ya buah yang satu ini!


8. Durian

Durian on wood background
Durian on wood background. Photo: iStock

Buah yang satu ini memiliki julukan sebagai ‘The King of Fruit’. Durian memiliki bentukan yang sangat tajam dan berwarna hijau dan kuning. Durian memiliki bau yang sangat sentrik dan menyengat, banyak orang yang sangat menyukai durian karena rasanya, banyak juga orang yang tidak terlalu suka dengan durian karena baunya yang sangat menyengat. Manfaat-manfaat dari durian sendiri adalah dapat mencegah diare, sembelit, divertikulitis, dan mencegah infeksi di saluran pencernaan. Kalau kamu tim yang suka durian atau tidak nih?


Kalau kamu harus memilih salah satu buah di atas yang mendunia dari Indonesia, kamu pilih yang mana?

Baca Juga : Destinasi Wisata Indonesia Terbaik

Baca Juga : Musisi Paling Viral Tahun 2021

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *