Tanggal:06 May 2024

14 Cara Berjualan di Instagram untuk Pemula

Cara berjualan di Intagram untuk pemula ternyata sangat mudah.

Ketika kamu telah memutuskan ingin membangun suatu bisnis, kamu bisa coba untuk memanfaatkan teknologi di dalam pengembangan bisnismu tersebut. Salah satu caranya yaitu kamu bisa mulai untuk menjual produk-produkmu di sosial media. Hal itu tentunya jauh lebih menguntungkan dibandingkan kamu yang menjual produk tanpa memanfaatkan teknologi. Dengan diterapkannya hal tersebut, kamu bisa menggapai para calon pembeli dari berbagai wilayah yang tentu saja tak bisa kamu lakukan jika membuka bisnis dengan masih menerapkan cara tradisional. 

Oleh karena itu, membuka bisnis online menjadi salah satu cara agar bisnismu bisa bersaing dan terus berkembang. Nah, memanfaatkan sosial media seperti aplikasi Instagram salah satu contohnya. Telah banyak para pembisnis mengalihkan usahanya menjadi bisnis online di Instagram seperti ini. Bagi pemula dalam dunia bisnis sepertimu tentu akan merasakan kebingungan terkait bagaimana caranya berjualan di Instagram? Nah, kamu tak perlu cemas karena jawabannya gampang sekali. Pemula dalam bisnis sepertimu pun bisa melakukannya seorang diri. Jadi, jika kamu tertarik untuk memulai bisnis dengan menerapkan cara ini, berikut akan dijabarkan tahapan-tahapan yang harus dilakukan agar bisa berjualan di Instagram.

1. Buat Target Produk & Audience di Instagram

Cara berjualan di Instagram bagi pemula yang pertama adalah membuat plan terlebih dahulu.
Cara berjualan di Instagram bagi pemula yang pertama adalah membuat plan terlebih dahulu. Sumber: Startup Stocks Photos/Pexels

Sebelum melakukan jualan di Instagram, ada baiknya untuk pemula bisnis sepertimu melakukan suatu penyusunan rencana seperti salah duanya mengenai target barang yang akan dijual dan target pasar yang ingin dituju. Dengan diadakannya penyusunan matang mengenai hal ini, bisnismu bisa lebih optimal. Bayangkan jika tidak dilakukannya penyusunan tersebut, dan kamu secara asal memilih produk serta terget pasar yang dituju. Kemungkinan sepinya pembeli akan kamu alami. Di saat melakukan penyusunan, kamu bisa melihat kondisi di lapangan mengenai produk atau barang apa saja yang dibutuhkan dan diminati oleh masyarakat. Catatan juga untuk tidak memilih produk yang hanya bertahan sebentar saja.

2. Buat Akun Bisnis Instagram

Cara berjualan di Instagram untuk pemula kedua yaitu buat akun bisnismu.
Cara berjualan di Instagram untuk pemula kedua yaitu buat akun bisnismu. Sumber: Energepic.com/Pexels

Setelah berhasil menentukan target pasar yang akan dituju dan produk apa yang akan dijual, langkah selanjutnya yaitu membuat akun bisnis Instagram milikmu. Di Instagram memang tersedia dua pilihan akun yang bisa dipilih penggunanya, baik itu akun biasa atau akun bisnis profesional. Tetapi akan lebih baik jika kamu membedakan penggunaan kedua akun tersebut. Hal itu dimaksudkan agar bisnismu dipandang lebih profesional. Catatan juga agar tidak memprivate akun tersebut. Hal itu agar orang yang bukan followersmu pun bisa melihat tampilan akunmu dan membeli produkmu jika tertarik.

3. Optimalkan Tampilan Akun Bisnismu

Cara berjualan di Instagram untuk pemula ketiga adalah dengan mengoptimalkan tampilan akun bisnismu.
Cara berjualan di Instagram untuk pemula ketiga adalah dengan mengoptimalkan tampilan akun bisnismu. Sumber: Freestocks.org/Pexels

Apabila akun bisnismu tersebut telah dibuat, maka langkah selajutnya adalah mengoptimalkan tampilan akun tersebut. Kamu bisa memulainya dengan mengisi nama bisnismu, mengunggah foto logo brand usahamu sebagai foto profilnya, mengisi secara lengkap kontak bisnismu yang bisa dihubungi, menampilkan kategori dari bisnismu, dan jangan lupa apabila bisnismu memiliki domain website bisa kamu cantumkan di halaman profil bisnismu tersebut.

4. Hubungkan dengan Media Sosialmu yang Lain

Cara berjualan di Instagram untuk pemula keempat yaitu menghubungkannya dengan media sosial lain. Sumber: Tracy Le Blanc/Pexels

Langkah selanjutnya yaitu menghubungkan akun bisnis di Instagrammu tersebut dengan media sosial lain yang kamu miliki. Kamu bisa menghubungkannya dengan Facebook, Twitter, Tumblr, dan sebagainya. Tujuan dari menghubungkannya media sosial tersebut yaitu jika kamu menggunggah sebuah postingan tentang produkmu di akun bisnis Instagrammu, secara otomatis unggahan tersebut juga termuat di media sosial yang telah terkoneksi. Alhasil, seluruh teman atau pengikutmu di berbagai media sosial yang berbeda bisa melihat tampilan produk tersebut. Adanya langkah ini dimaksudkan agar semakin menarik banyak pembeli.

5. Buat Foto dan Caption Menarik

Cara berjualan di Instagram untuk pemula kelima adalah menampilkan foto dan caption menarik.
Cara berjualan di Instagram untuk pemula kelima adalah menampilkan foto dan caption menarik. Sumber: Pixabay

Langkah paling penting dari bagaimana cara berjualan di Instagram bagi pemula adalah bagaimana kamu bisa menampilkan foto dan caption yang menarik. Kamu bisa mulai untuk memfoto produk-produk yang kamu jual dengan angle-angle yang kece. Hal itu karena tampilan yang menawan tentunya juga akan menarik pada calon pembeli untuk berkunjung. Nah, untuk menghindari adanya pencurian terhadap foto produk milikmu, kamu juga bisa menambahkan watermark di setiap foto yang kamu unggah. Selain itu, caption yang menarik dan persuasif tentunya tak boleh kamu lupakan. Jangan pernah juga untuk mengosongi kolom caption karena tulisan menjadi penyumbang terbesar dalam keputusan calon pembeli untuk membeli produk tersebut. Kamu bisa memulainya dengan informasi terkait produk, dan diakhiri ajakan membeli dengan kata-kata seperti terbatas, diskon, dan sebagainya.

6. Jangan Lupa Gunakan Juga Hashtag Produkmu

Cara berjualan di Instagram bagi pemula keenam adalah dengan menggunakan hashtag. Sumber:

Sebelum mengunggah postingan tersebut, ada baiknya jika kamu mengisi atau menambahkan hashtag di setiap postingan yang dibuat. Hal itu dimaksudkan agar postinganmu muncul ketika seseorang mencari kata kunci tersebut. Jadi, orang yang bukan followersmu pun dapat melihatnya. Ada baiknya hashtag yang digunakan masih berkaitan dengan produk yang diunggah. Jangan terlalu banyak menggunakan hashtag karena itu akan dihitung sebagai spam. Paling tidak pemakaian hashtag yang digunakan adalah lima buah.

7. Atur Jadwal Agar Optimal

Cara berjualan di Instagram bagi pemula ketujuh adalah menyusun jadwal unggahan.
Cara berjualan di Instagram bagi pemula ketujuh adalah menyusun jadwal unggahan. Sumber: Suzy Hazelwood/Pexels

Sebelum bertindak dengan mengunggah postingan produk, ada baiknya untukmu mengatur jadwal unggahan agar lebih optimal. Selain kamu harus memastikan waktu unggahan agar tidak berdekatan, kamu juga harus menentukan waktu yang pas ketika akan mengunggahnya. Misalnya saja, jangan mengunggah banyak postingan dalam sekali waktu. Hal itu tentunya akan mengganggu tampilan pengguna lain dan dampak buruknya mengunfollow akunmu karena spam tersebut. Kedua, kamu bisa memikirkan waktu yang tepat saat mengunggah. Misalnya ketika sore hari di mana para pengikutmu sudah menyelesaikan aktivitasnnya dan sedang bersantai memainkan Instagram. Nah, itu saat yang pas kamu untuk mengunggahnya. Tapi, ingat lagi, jangan mengunggah banyak postingan dalam satu waktu ya!

8. Perbanyak Followersmu

Cara berjualan di Instagram untuk pemula kedelapan adalah meningkatkan jumlah pengikutmu. Sumber: Pixabay
Cara berjualan di Instagram untuk pemula kedelapan adalah meningkatkan jumlah pengikutmu. Sumber: Pixabay

Saat membuat akun bisnis di Instagram, salah satu cara agar bisnismu tersebut terkenal dan banyak pembelinya adalah meningkatkan jumlah followersmu. Dengan naiknya jumlah pengikutmu tersebut artinya banyak juga orang yang akan melihat postingan mengenai produkmu tersebut. Tentunya hal tersebut akan berdampak ke pengingkatan penjualan produk.

9. Berikan Diskon atau Promo

Cara berjualan di Instagram bagi pemula kesembilan adalah dengan memberikan diskon atau promo menarik.
Cara berjualan di Instagram bagi pemula kesembilan adalah dengan memberikan diskon atau promo menarik. Sumber: Polina Tankilevitch/Pexels

Manusia selalu menyukai diskon atau promo. Oleh karena itu, kamu bisa menerapkan diskon atau promo di produkmu tersebut. Misalnya kamu bisa menerapkan promo buy 1 get 1 atau sebagainya. Dengan adanya pemberian diskon atau produk tersebut tentunya akan meningkatkan penjualan. Harus digarisbawahi untuk tidak selalu memberikan diskon atau promo di seluruh produkmu, yang ada hal itu justru akan membuatmu rugi.

10. Sesekali Berikan Giveaway

Cara berjualan di Instagram untuk pemula kesepuluh adalah dengan sesekali memberikan giveaway.
Cara berjualan di Instagram untuk pemula kesepuluh adalah dengan sesekali memberikan giveaway. Sumber: Lisa/Pexels

Sesekali adakan giveaway salah satu produkmu kepada pengikutmu. Adanya pengadaan giveaway ini nantinya akan meningkatkan calon pembeli yang potensial, engagement, brand awereness, dan sebagainya. Jadi, adanya giveaway ini merupakan salah satu cara marketing yang bisa dilakukan untuk bisnismu tersebut. Hal itu tentunya akan berdampak pula pada peningkatan pembelian produk yang kamu jual.

11. Layani dan Jaga Kepercayaan Pembeli dengan Baik

Cara berjualan di Instagram bagi pemula kesebelas adalah melayani dan menjaga kepecayaan pembeli dengan baik.
Cara berjualan di Instagram bagi pemula kesebelas adalah melayani dan menjaga kepecayaan pembeli dengan baik. Sumber: Cottonbro/Pexels

Setelah berhasil mengumpulkan banyak pengikut dan calon pembeli potensial, tentunya aktivitas di akun bisnismu tersebut akan meningkat. Beragam pertanyaan akan dilontarkan oleh para calon pembeli di kolom komentar ataupun DM. Nah, sudah seharusnya kamu untuk melayani mereka dengan baik. Sikap ramah menjadi salah satu sikap yang harus ditunjukkan. Kamu juga harus bisa menjaga kepercayaan pembeli dengan baik. Mereka membeli produkmu artinya mereka percaya bahwa produkmu memiliki kualitas yang bagus. Oleh karena itu, jangan pernah rusak kepercayaan tersebut dengan menukar atau justru membuat produk jelek untuk dikirimkan ke pelanggan.

12. Berikan Testimoni

Cara berjualan di Instagram untuk pemula kedua belas adalah dengan menunjukkan testimoni. Sumber: Cristina Dina/Pexels
Cara berjualan di Instagram untuk pemula kedua belas adalah dengan menunjukkan testimoni. Sumber: Cristina Dina/Pexels

Tunjukkan beragam testimoni yang diberikan oleh pembeli-pembelimu sebelumnya. Adanya testimoni ini dimaksudkan untuk meningkatkan kepercayaan pada calon pembeli bahwa barang yang kamu produksi memiliki kualitas baik dan tokomu merupakan toko yang dapat dipercaya. Akan lebih baik jika kamu menunjukkan banyak testimoni tak hanya dari satu sudut pandang saja.

13. Manfaatkan Instagram Ads Untuk Tingkatkan Penjualan

Cara berjualan di Instagram ketiga belas adalah dengan memanfaatkan instagram ads. Sumber: Kerde Severin/Pexels
Cara berjualan di Instagram ketiga belas adalah dengan memanfaatkan instagram ads. Sumber: Kerde Severin/Pexels

Instagram meluncurkan fitur Instagram Ads untuk membantu para pembisnis memasarkan produk yang mereka buat. Nah, kamu juga bisa mulai untuk memanfaatkan fitur ini. Dengan menggunakan fitur Instagram Ads ini, kamu bisa mempromosikan produk-produkmu ke orang lain dalam bentuk foto ataupun video.

14. Pakai Sistem Endorsement

Cara berjualan di Instagram untuk pemula terakhir adalah dengan menggunakan sistem endorsement.
Cara berjualan di Instagram untuk pemula terakhir adalah dengan menggunakan sistem endorsement. Sumber: Pixabay

Salah satu sistem yang dapat kamu manfaatkan guna kepentingan marketing produkmu yaitu sistem endorsement. Sistem ini adalah sistem di mana kamu bisa menyewa jasa seseorang untuk mempromosikan barang yang kamu jual. Biasanya jasa yang disewa adalah jasa dari akun-akun dengan jumlah pengikut banyak ataupun para selebritis. Nah, cara kerja sistemnya adalah kamu akan melakukan kesepakatan dengan endorser, setelahnya kamu akan mengirimkan foto atau video berikut request caption atau ucapan yang harus ditulis atau dikatakan kepada endorser. Terakhir, endorser akan melakukannya sesuai kesepakatan. Biasanya sistem ini akan mematok harga yang harus kamu bayar ke endorser, dan terdapat batasan jamnya.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
scale up bisnis
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *