Tanggal:22 June 2024

Tugas dan Tanggung Jawab Manajer Keuangan

Financial manager atau manajer keuangan adalah pihak atau sosok yang beroperasi dalam pengelolaan finansial suatu badan usaha. Biasanya, seorang manajer dalam bidang ini akan melakukan segala perencanaan perekonomian badan, meliputi sumber dana, penghasilan perusahaan, pengeluaran pokok, pengeluaran darurat, dan lainnya.

Di luar itu, sebenarnya peran manajer keuangan sangatlah beragam, tergantung pada ukuran dan kompleksitas suatu perusahaan. Misalnya untuk perusahaan yang lebih besar, mungkin manajer keuangan dapat melakukan kegiatan yang terfokus seperti analisis strategi. Sementara di perusahaan yang lebih kecil, manajer keuangan dapat mempunyai tanggung jawab yang jauh lebih luas, atau mungkin mengelola seluruh fungsi keuangan.

Nah, untuk menambah pengetahuanmu terkait bidang ini, kami akan menguraikan beberapa tugas dan tanggung jawab manajer keuangan, serta dilengkapi dengan kemampuan yang wajib dimiliki untuk berada di posisi tersebut. Yuk, simak uraiannya di bawah ini!

Baca juga: Yuk Mengenal Kakeibo, Teknik Mengatur Keuangan ala Orang Jepang!

Tugas Manajer Keuangan

Tugas Manajer Keuangan. Sumber: pexels.com

Melihat pentingnya keberadaan manajer keuangan dalam suatu perusahaan, terdapat beberapa tugas yang harus ditangani oleh seseorang yang menjabat posisi tersebut. Tugas-tugas tersebut di antaranya sebagai berikut.

  1. Menjalankan dan mengoperasikan roda kehidupan perusahaan dengan seefektif dan efisien mungkin.
  2. Bekerjasama dengan manajer lainnya untuk melakukan perencanaan dan peramalan beberapa aspek dalam perusahaan, termasuk juga perencanaan umum keuangan perusahaan.
  3. Melakukan pengambilan keputusan penting dalam investasi dan berbagai pembiayaan lainnya, dan juga semua hal yang terkait dengan keputusan tersebut.
  4. Mempersiapkan struktur modal dengan baik, dengan cara memutuskan rasio antara pembiayaan yang dimiliki dengan keuangan yang dipinjam agar seimbang dan bisa membawa keuntungan.
  5. Menghubungkan perusahaan dengan pasar keuangan, di mana perusahaan bisa memperoleh dana dan surat berharga bisa diperdagangkan.
  6. Bertugas memajukan keuangan perusahaan. Segala pengeluaran, pendapatan, laba, hingga rugi harus dicatat dan dikelola, dan jangan sampai pengelolaan dana tersebut salah tempat dan bisa mengalami kerugian.
  7. Memaksimalkan keuntungan perusahaan dalam jangka waktu yang panjang, dengan mengambil keputusan keuangan yang tepat dalam ketidakpastian bisnis
  8. Menjaga arus kas perusahaan yang sesuai untuk membayar biaya kebutuhan perusahaan sehari-hari, termasuk pembayaran sewa dan gaji karyawan agar keberhasilan perusahaan juga bisa meningkat.
  9. Memaksimalkan kekayaan dengan mencoba memberikan dividen yang maksimal kepada pemegang saham dan berupaya dalam meningkatkan nilai pasar saham. Karena nilai pasar saham tersebut secara langsung akan berkaitan dengan kinerja perusahaan.
  10. Mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan di dunia bisnis yang kompetitif dengan selalu berhati-hati saat membuat keputusan keuangan. Karena jika sedikit saja salah dalam pengambilan keputusan, maka bisa saja mengakibatkan kerugian atau kebangkrutan bagi perusahaan.
  11. Mengurangi risiko operasional. Jika terdapat banyak risiko dalam sebuah bisnis, maka manajer keuangan harus bisa mengambil langkah yang tepat agar bisa mengurangi risiko tersebut.
  12. Meminimalisir biaya modal dengan cara merencanakan struktur modal dengan baik agar biaya modal bisa dikurangi atau bisa diminimalisir.

Baca juga: Manajemen Keuangan : Pengertian, Fungsi, dan Tips Mengelola

Tanggung Jawab Manajer Keuangan

Tanggung Jawab Manajer Keuangan. Sumber: pexels.com

  1. Mengkoordinasikan dan mengontrol perencanaan, pelaporan, serta pembayaran kewajiban pajak perusahaan agar efisien, akurat, tepat waktu, dan sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku.
  2. Merencanakan dan mengkoordinasikan penyusunan anggaran perusahaan, serta mengontrol penggunaan anggaran tersebut untuk memastikan penggunaan dana secara efektif dan efisien dalam menunjang kegiatan operasional perusahaan.
  3. Mengelola fungsi akuntansi dalam memproses data dan informasi keuangan untuk menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan perusahaan secara akurat.
  4. Merencanakan dan mengkoordinasikan pengembangan sistem serta prosedur keuangan dan akuntansi. Selain itu juga mengontrol pelaksanaannya untuk memastikan semua proses dan transaksi keuangan berjalan dengan tertib dan teratur.
  5. Merencanakan dan mengkonsolidasikan perpajakan seluruh perusahaan untuk memastikan efisiensi biaya dan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan.
  6. Merencanakan, mengkoordinasi, dan mengontrol arus kas perusahaan (cash flow), terutama pengelolaan piutang dan utang. Sehingga, hal ini dapat memastikan ketersediaan dana untuk operasional perusahaan dan kondisi keuangan dapat tetap stabil.

Baca juga: 9 Cara Jitu Mengatur Keuangan Bisnis Agar Semakin Maju

Kemampuan yang Wajib Dimiliki Manajer Keuangan

Kemampuan yang Wajib Dimiliki Manajer Keuangan. Sumber: pexels.com

Selain memiliki latar pendidikan yang sesuai, ada beberapa kemampuan yang harus dikuasai oleh seseorang yang menjabat di posisi tersebut, yaitu di antaranya.

  1. Penalaran deduktif: Kemampuan untuk menerapkan peraturan umum dalam suatu masalah tertentu untuk menghasilkan jawaban masalah yang masuk akal.
  2. Pemahaman lisan: Kemampuan seseorang dalam mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan.
  3. Penalaran induk: Kemampuan menggabungkan potongan-potongan informasi untuk membentuk peraturan dan kesimpulan umum (termasuk menemukan hubungan di antara kejadian-kejadian yang terlihat tidak terhubung).
  4. Ekspresi lisan: Kemampuan seseorang untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan.
  5. Sensitivitas masalah: Kemampuan untuk bisa memberitahu ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.
  6. Kejelasan berbicara: Kemampuan seseorang untuk berbicara dengan jelas dan mudah dimengerti oleh orang lain.

Baca juga: Laporan Posisi Keuangan: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Itulah beberapa tugas dan tanggung jawab manajer keuangan beserta kemampuan yang wajib dimilikinya. Umumnya berbagai tugas dan tanggung jawab manajer keuangan tidak lepas dari pembuatan laporan serta pengelolaan keuangan yang baik. Sebab hal tersebut dapat menjadi penentu perkembangan dan kemajuan dari sebuah perusahaan.

Untuk kamu yang berminat dengan posisi ini, atau kamu yang hendak membangun usahamu sendiri namun masih gagap dalam tata keuangan. Kamu harus mulai mempelajarinya dari sekarang, salah satu langkah mudahnya bisa dengan mengikuti course “Kursus Akuntan: Tata Kelola Keuangan Perusahaan”.

Kursus ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mengasah dan meningkatkan skill dalam mengelola keuangan bisnis sesuai dengan standar akuntansi keuangan dan pajak, terutama dalam menyusun laporan keuangan. Sampai kepada membaca data-data keuangan untuk mendapatkan insight perbaikan bisnis ke depannya, serta membuat kinerja bisnis tetap stabil dan aman dari masalah keuangan bisnis. Yuk, daftarkan dirimu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *