Tanggal:30 May 2024

13 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Saat Ini

Menempuh pendidikan setinggi-tingginya adalah salah satu bentuk ikhtiar untuk masa depan yang lebih cemerlang. Meskipun beberapa orang menolak keras anggapan bahwa kesuksesan ditentukan oleh pendidikan, nyatanya sebagian besar lainnya sejalur dengan pernyataan tersebut.

Kursus online belajar TOEFL PBT Vocasia

Demi mendapatkan pendidikan yang baik, calon mahasiswa kerap berjuang keras untuk masuk dalam perguruan tinggi negeri. Bahkan, beberapa di antaranya mati-matian mengejar keinginannya dengan melewati berbagai jalur.

Baca Juga : 7 Beasiswa Kuliah di Korea Selatan

Banyak di antaranya yang gagal pada fase tersebut hingga membuatnya putus asa. Padahal, universitas swasta di Indonesia juga tak kalah baik dibandingkan perguruan tinggi negeri lainnya. Bahkan, beberapa universitas swasta memiliki peringkat yang jauh lebih tinggi daripada PTN.

Perbandingan tingkat atau ranking tersebut dikemukakan oleh salah satu lembaga pemeringkatan bernama UniRank. Tentu saja pemeringkatannya didasarkan pada tingkat akreditasi, pengajaran, gelar yang disediakan, hingga prestasi yang diraihnya.

Lalu, universitas apa saja yang masuk dalam daftar universitas swasta terbaik di Indonesia menurut UniRank? Simak pembahasan lengkapnya pada pemaparan di bawah ini.

Baca juga : 7 Keuntungan Ikut Organisasi Kampus Bagi Mahasiswa untuk Kepentingan di Dunia Kerja

Daftar Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

Menurut UniRank atau lembaga Universitas Ranking, terdapat beberapa universitas swasta yang memiliki tingkat nasional lebih tinggi dibanding PTN. Mereka melakukan pemeringkatan berdasarkan beberapa aspek. Setelah memperoleh data dari berbagai aspek, mereka akan menginputnya dalam metode 4ICU. Metode tersebut diolah dengan bantuan teknologi digital berupa website pribadinya.

Baca Juga : Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah

Berdasarkan pengolahan data menggunakan metode 4ICU, diperoleh data universitas swasta terbaik di Indonesia sebagai berikut:

1. BINUS

Binus University

Universitas swasta yang menduduki peringkat pertama terbaik di Indonesia adalah Binus University. Salah satu kampus yang terletak di Jakarta ini memiliki kualitas dan fasilitas yang sangat baik. Tak hanya itu, prestasi mahasiswanya juga mengantarkan Binus menempati peringkat ke-13 sebagai universitas terbaik di Indonesia.

Baca Juga : Beasiswa Kuliah di Jepang

2. Universitas Muhammadiyah Malang

Urutan kedua, ditempati oleh salah satu universitas terkenal di kota Malang. Di Malang ia dikenal sebagai kampus artis karena lulusannya banyak yang menjadi seorang entertainer

Universitas Muhammadiyah Malang memiliki lokasi yang sangat luas dan fasilitas menjanjikan. Bahkan, ia selalu bertengger di peringkat 10 besar universitas swasta terbaik Indonesia. Di tingkat nasional, UMM menempati peringkat ke-14 yang merupakan satu tingkat di bawah BINUS.

Baca Juga : Yuk Pahami Apa Itu KKN

3. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Di urutan ketiga, ada Universitas Muhammadiyah Surakarta. Meskipun tidak memiliki fasilitas selengkap UMM, ia tetap mampu bersaing di urutan tiga teratas universitas swasta terbaik. Tak hanya itu, Universitas Muhammadiyah Surakarta juga mengamankan urutan ke-15 pada tingkat nasional.

4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Kampus swasta terbaik yang ada pada urutan empat adalah tetangga dari Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dekatnya jarak, membuat UMY juga memiliki prestasi sebaik universitas-universitas terbaik di dekatnya. Di tingkat nasional, ia mampu menempati urutan ke-17.

Baca Juga : Cara Cerdas Cepat Lulus Kuliah

5. Universitas Gunadarma Jakarta

Universitas Gunadarma menjadi urutan ke 5 universitas swasta terbaik. Selain itu, ia juga meraih prestasi berupa urutan ke-22 dalam tingkat nasional. Letaknya yang berada di Ibukota tak meghalangi Gunadarma untuk mampu bersaing dengan PTN lainnya.

Baca Juga : Persiapan Sebelum Kuliah

6. Telkom University Bandung

Telkom University Bandung

Selanjutnya adalah universitas naungan dari salah satu perusahaan besar di Indonesia. Meskipun memiliki beberapa cabang yang tersebar di beberapa kota besar, nyatanya Telkom University Bandung lah yang mampu menempati peringkat teratas. Bahkan, ia sukses masuk dalam 25 besar peringkat nasional, tepatnya di urutan ke-24.

Baca Juga : Gap Year

7. Universitas Mercu Buana Jakarta

Kampus swasta dengan akreditasi A ini masuk dan menempati urutan ke-7 pada tahun 2022. Sama seperti Telkom dan Muhammadiyah, Mercu Buana juga tersebar di berbagai daerah. Meskipun demikian, hanya Mercu Buana Jakarta yang mampu masuk dalam peringkat ke-25 nasional dan bersaing dengan PTN juga PTS elit lainnya.

Baca juga : 9 Universitas Terbaik di Indonesia Saat ini

8. UII Yogyakarta

Universitas Islam Indonesia yang terletak di Yogyakarta ini menempati urutan ke-8 dalam daftar universitas swasta terbaik di Indonesia versi UniRank. Selain itu, ia juga bertengger pada urutan ke-27 dalam persaingan tingkat nasional dengan seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Baca Juga : Manfaat Magang

9. Universitas Dian Nuswantoro

Kampus yang akhir-akhir ini dijadikan tujuan oleh punggawa timnas bernama Arhan ini masuk dalam peringkat sembilan versi Unirank. Universitas Dian Nuswantoro Semarang juga termasuk dalam 30 besar peringkat nasional, tepatnya pada urutan ke-29.

Baca Juga : Jurusan Kuliah Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja

10. Universitas Pasundan

Tak seperti kampus lainnya, Universitas Pasundan sangat jarang terdengar di telinga masyarakat Indonesia. Padahal, kampus yang terletak di Bandung ini juga memiliki peringkat baik di kancah nasional. Ia menempati urutan ke-35 berkat prestasi para mahasiswanya dan akreditasi yang diraihnya.

11. Universitas Muhammadiyah Semarang

Selain Udinus, Universitas Muhammadiyah Semarang juga menjadi kampus Semarang yang cukup sukses. Ia menempati urutan ke-11 dan ke-37 dalam lingkup nasional. 

Baca Juga : Jurusan Kuliah Cocok Untuk Berbisnis

12. Universitas Kristen Petra Surabaya

Universitas Kristen Petra

Seperti namanya, universitas yang terletak di Surabaya ini didominasi oleh para chindo. Berdasarkan dominasi mahasiswanya, kampus tersebut diduga memiliki biaya yang cukup tinggi.

Tentunya, biaya tersebut sebanding dengan kualitas dan kuantitas yang ditawarkannya. Sehingga, tak heran jika Petra menempati urutan ke-40 sebagai universitas terbaik di Indonesia.

13. Universitas Sanatha Darma Sleman

Sama seperti Pasundan, Sanantha Darma juga sedikit dikenal oleh masyarakat luas. Letaknya di kota Sleman, membuatnya jauh dari jangkauan para calon mahasiswa. Padahal, Universitas Sanatha Darma Sleman memiliki kualitas pendidikan yang baik dan masuk dalam urutan ke-43 nasional.

Penutup

Nah, itulah universitas swasta terbaik di Indonesia versi UniRank menurut data awal tahun 2022. Posisi yang tertera di atas, sewaktu-waktu dapat berubah dan tergeser oleh PTS lainnya. 

Namun, tidak menutup kemungkinan untuk naik dan bertengger di peringkat yang lebih tinggi, lho. Semua itu bergantung pada cara tiap universitas mempertahankan dan melakukan improve untuk menjaga kestabilan peringkat tersebut. 

Berdasarkan pemaparan dari data di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa tidak semua kampus swasta memiliki kualitas lebih rendah dari PTN. Semua itu kembali pada diri kalian masing-masing. Jangan hanya merasa aman dalam naungan nama besar kampus, ya. Yuk, berkontribusi dan berdampak!

Baca juga: 8 Universitas Termahal di Dunia, Biayanya Sampai 1 Milliar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *