Tanggal:03 May 2024

Ini Dia 9 PTN Terbaik di Indonesia Versi Webometrics

Universitas negeri terbaik di Indonesia, ada apa saja? Mungkin banyak di antara kalian yang sangat menginginkan untuk bisa masuk dan menjadi mahasiswa pada perguruan tinggi negeri idaman. Walaupun harus menerjang ketatnya persaingan dalam proses seleksi terlebih dahulu.

Kursus online IELTS Vocasia

Untuk itu, hal yang bisa kalian persiapkan saat duduk di bangku SMA harus belajar dengan tekun dan memiliki pertimbangan yang matang agar nantinya tidak menyesal belakangan. Pastikan kalian memilih universitas serta jurusan sesuai dengan minat dan bakat. Jangan hanya sekadar ikutan-ikutan teman atau melihat jurusan yang sedang trending saja, ya!

Kalian harus menentukannya sendiri karena pada dasarnya akan mempengaruhi segala aspek ke depannya, terutama pada jenjang kariermu. Jika belum terpikirkan tentang jurusan dan kampus, kalian dapat berkonsultasi pada guru konseling dan tak lupa tanyakan kepada orang tua supaya mendapatkan solusi terbaik.

Baca Juga | Tes Potensi Akademik (TPA): Pengertian, Jenis, Contoh Dan Tipsnya

Di tanah air Indonesia sendiri banyak kampus ternama yang diincar oleh masyarakat. Salah satunya adalah universitas negeri terbaik. Agar lolos pada universitas tersebut, kalian perlu mengikuti ujian tes tertulis dan bersaing dengan banyak orang. Ternyata, tak hanya dari satu daerah saja, tetapi banyak dari daerah lain yang berbondong-bondong agar bisa masuk universitas impiannya.

Banyak sekali manfaat yang didapatkan jika kalian lolos. Seperti biaya pendidikan yang relatif murah, adanya beasiswa, lokasi strategis, dan lainnya. Bagi kalian yang masih bingung memilih kampus mana. Tenang saja, jangan khawatir! Pada kesempatan kali ini Vocasia akan memberikan beberapa rekomendasi universitas negeri terbaik di Indonesia sebagai bahan pertimbanganmu. Yuk, simak hingga akhir!

Baca Juga | 9 Universitas Terbaik Di Indonesia Saat Ini

9 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia

Ilustrasi University (Freepik)

Pada rekomendasi PTN ini, sudah termasuk ke dalam Webometrics, lho. Webometrics merupakan suatu sistem pemeringkatan berbasis website terhadap perguruan tinggi se-dunia. Mulai dari perguruan tinggi negeri hingga swasta. Webometrics melakukan penilaian berdasarkan aspek kehadiran dan visibilitas web sebagai indikator kinerja global sebuah universitas. Berikut ini deretan universitas terbaik versi Webometrics!

Baca Juga | 7 Beasiwa Kuliah Di Korea Selatan Yang Wajib Kamu Coba

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Gedung Kampus ITB (Google)

ITB menduduki peringkat dunia ke 303. Pemerintah Indonesia secara resmi mendirikan Institut Teknologi Bandung pada tanggal 2 Maret 1959. ITB lahir dalam suasana penuh dinamika mengemban misi pengabdian ilmu pengetahuan dan teknologi yang berpijak pada kehidupan nyata di bumi pertiwi. Berlandaskan dengan semangat perjuangan proklamasi kemerdekaan untuk mengoptimalkan pembangunan yang berkembang maju serta bermartabat.

Baca Juga | Tes MBTI: 16 Tipe Kepribadian Dan Penjelasannya!

2. Unversitas Padjajaran (UNPAD)

Kampus UNPAD (Google Maps)

Unpad merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia. Berdiri pada tanggal 11 September 1957 dengan lokasi kampus di Bandung. Unpad mempunyai dua kampus utama berlokasi di Iwa Koesoemasoemantri Dipati Ukur Bandung dan Jatinagor, Kabupaten Sumedang. Universitas Padjadjaran didirikan atas prakarsa para pemuka masyarakat Jawa Barat yang menginginkan adanya perguruan tinggi tempat pemuda-pemudi Jawa Barat memperoleh pendidikan tinggi untuk mempersiapkan pemimpin pada masa depan. Saat ini unpad menduduki peringkat dunia ke 658.

Baca Juga | Apa Itu Kuliah Kerja Nyata (KKN)? Pengertian, Tujuan, Manfaat Dan Sasarannya

3. Universitas Diponorogo (UNDIP)

Kampus UNDIP (Google Maps)

Undip merupakan perguruan tinggi negeri yang bertempat di Kota Semarang, Jawa Tengah. Universitas Diponegoro berdiri pada tahun 1957. Dahulu universitas ini masih berstatus swasta hingga tahun 1961. Saat ini Universitas Diponegoro berakreditasi A (sangat baik).

Nama Diponegoro sendiri berasal dari pahlawan Indonesia yakni Pangeran Diponegoro. Beliau sosok pengobar semangat merdeka atas kolonialisme Belanda pada awal abad ke-18. Semangat tersebut pula yang menjadi salah satu inspirasi berdirinya Universitas Diponegoro. Kini undip menduduki peringkat dunia ke 611.

Baca Juga | Mengenal Pola Pikir Out Of The Box Dan Cara Mengasahnya

4. Universitas Indonesia (UI)

Ilustrasi Gedung UI (Google Maps)

Bisa dibilang bahwa UI sebagai universitas pertama yang ada di Indonesia karena sudah berdiri sejak era kolonial Belanda pada tahun 1849. Namun, meski sudah ada sejak tahun itu, Universitas Indonesia baru diresmikan pada tahun 1950. Sejarah panjang ini membuatnya terus berkembang sebagai sebuah universitas yang modern, terbuka, humanis, dan komprehensif. Hingga saat ini UI menduduki peringkat dunia ke 534.

Baca juga | Cara Cepat Belajar Bahasa Korea Bagi Pemula

5. Universitas Brawijaya (UB)

Gedung UNBRAW (Google Maps)

Nama Brawijaya diambil dari gelar nama raja Majapahit, sebuah kerajaan besar di Indonesia dari abad ke-12 hingga 15. Kemudian, Universitas Brawijaya berubah status menjadi universitas negeri pada tanggal 5 Januari 1963, menyusul Keputusan Presiden yang dikeluarkan pada awal tahun yang sama.

Universitas Brawijaya memiliki empat kampus. Kampus utama terletak di sebelah barat Kota Malang (Jl. Veteran). Kedua berada di Puncak Dieng atau dikenal sebagai UB Dieng yang digunakan untuk fasilitas olahraga outdoor dan beberapa fasilitas riset maupun perkuliahan. Sedangkan kampus ketiga dan keempat berada di Kediri. Saat ini UB menduduki posisi dunia ke 644.

Baca Juga | Perbedaan BEM Dan HIMA Yang Akan Kamu Temui Di Perkuliahan

6. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Gedung IPB (Google)

Perguruan tinggi satu ini terletak di kabupaten Bogor. Jika dilihat dari sejarahnya, IPB berdiri pada tanggal 1 September tahun 1963. Ia merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terbaik yang ada di Indonesia. IPB berlokasi di Jalan Raya Darmaga Kampus IPB, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Diresmikan langsung oleh bapak presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno dengan melakukan peletakan batu pertama yang menandai resminya IPB menjadi perguruan tinggi negeri mandiri. Pada tahun 2022, ia sudah menduduki peringkat dunia ke 612.

Baca Juga | Mengenal Profesi Jurnalis, Pengertian, Tugas, Skill Dan Gajinya

7. Universitas Gajah Mada (UGM)

Kampus UGM (Google)

UGM merupakan salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 19 Desember 1949. Kampus UGM terletak di Yogyakarta, tepatnya di Bulaksumur. Universitas Gadjah Mada lahir dari kancah perjuangan revolusi kemerdekaan bangsa Indonesia. Nama Gadjah Mada juga memiliki makna tersendiri, yakni mengandung semangat serta teladan Mahapatih Gadjah Mada yang berhasil mempersatukan nusantara. Saat ini UGM berhasil menepati peringkat dunia ke 586.

Baca Juga | Contoh Soal Tes Value BUMN Telkom Tahun 2022

8. Universitas Airlangga (UNAIR)

Ilustrasi Gedung UNAIR (Google)

Unair merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di Gubeng, Surabaya, Jawa Timur. Universitas ini didirikan tanggal 10 November 1954 bertepatan dengan hari pahlawan yang ke-9. Pencapaian Universitas Airlangga sebagai salah satu universitas negeri bergengsi di Indonesia tidak terlepas dari visi dan juga misi yang telah dibangun pada awal berdirinya universitas ini. Sebagai universitas negeri tertua di Surabaya, merumuskannya sebagai pedoman untuk turut mengembangkan ilmu pengetahuan dan dunia pendidikan di Indonesia. Di tahun 2022, unair menduduki posisi dunia ke 659.

Baca Juga | 5 Cara Sukses Lolos SBMPTN Tanpa Ikut Bimbel, Pejuang PTN Wajib Tahu!

9. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Kampus ITS (Google)

Asal muasal didirikannya Institut Teknologi Sepuluh Nopember berawal dari pengusulan pendirian Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT) di Surabaya oleh dr. Angka pada Lustrum I PII Jawa Timur 10 November 1957. Pada tahun 1960, namanya berubah menjadi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Satu tahun kemudian, ITS resmi menjadi perguruan tinggi. Perubahannya turut disertai dengan penambahan lima arsitektur, yaitu teknik sipil, mesin, kimia, elektro, dan perkapalan. Kualitas pendidikan ITS tidak perlu diragukan. ITS sudah terakreditasi oleh BAN-PT. Bahkan, sekarang ia sudah menduduki peringkat dunia ke 677.

Nah, itulah deretan universitas negeri terbaik di Indonesia. Jika kalian ingin menjadi mahasiswa di salah satu kampus tersebut, tingkatkan waktu belajarmu. Jangan sia-siakan jika ada kesempatan di depan mata. 

Semoga informasi ini bermanfaat. Ikuti terus media sosial kami agar tidak ketinggalan info lainnya dari Vocasia!

Baca Juga | 5 Tips Lolos Seleksi SKD Dan SKB CPNS Yang Harus Kamu Tahu!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *