Tanggal:17 May 2024
Fundraising artinya

Fundraising: Pengertian dan Contohnya

Secara gamblang, fundraising artinya penggalangan dana. Fundraising adalah aksi yang sering kali kita dengar berkaitan dengan kegiatan kemanusiaan. Pada umumnya, fundraising dilakukan oleh perorangan ataupun organisasi nirlaba untuk mendanai kegiatan yang bersifat amal. Simak uraian berikut dengan seksama untuk tahu lebih dalam tentang fundraising. Selamat membaca Sobat Vocasia!

Apa itu Fundraising?

fundraising adalah

Fundraising artinya suatu upaya yang dilakukan dalam rangka menggalang atau menghimpun dana. Dana tersebut dapat berupa sedekah, infak, zakat, maupun berasal dari sumber dana lainnya, seperti pemerintah, perusahaan, kelompok, bahkan individu. Dana yang terkumpul kemudian digunakan untuk membiayai operasionalisasi suatu lembaga atau organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan maupun lingkungan hidup. Pada intinya, fundraising bertujuan untuk menghimpun dana dari segala unsur masyarakat, kemudian diserahkan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Baca juga: 8 Hobi yang Bisa Menghasilkan Uang dengan Mudah

Contoh Fundraising

Berikut adalah beberapa contoh fundraising kreatif yang bisa diterapkan untuk mendapatkan dana dalam waktu yang cukup singkat.

1. Running Event (Mengadakan Acara)

Running event adalah cara menggalang dana yang sedang ramai belakangan ini. Cara ini cukup populer digunakan oleh organisasi nirlaba. Mereka kerap mengundang tamu untuk menghadiri acara mereka. Tujuannya bukan hanya agar tamu tersebut mau memberikan sumbangan secara langsung tetapi juga menggiring orang-orang untuk ikut berbagi rezeki.

2. Online Volunteer (Relawan Online)

Saat ini ada begitu banyak organisasi nirlaba yang membuka seleksi volunteer untuk melakukan pengabdian daerah-daerah tertentu. Untuk mendukung kegiatan tersebut, penyelenggara biasanya meminta pendaftar untuk memberikan sumbangan sukarela saat proses seleksi. Semakin banyak pendaftar, maka semakin besar pula nominal dana yang dapat dikumpulkan. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan mencari ambassador untuk menyebarkan informasi tentang suatu isu sekaligus menggalangan dana secara online melalui media sosial.

3. Bekerja Sama dengan Orang Terkenal atau Berbakat

Orang terkenal atau berbakat memiliki popularitas dan citra yang mudah dikenali oleh masyarakat. Bisa dikatakan, cara ini memanfaatkan pengaruh mereka untuk menciptakan dampak yang lebih luas. Kampanye yang dilakukan oleh orang-orang tersebut dapat menarik minat publik jauh lebih kuat untuk ikut mendukung suatu kegiatan.

4. Membuat Kampanye di Platform Online

Penggalangan dana melalui media sosial adalah cara yang sangat mudah dan bisa dilakukan hampir oleh semua orang. Saat ini, ada begitu banyak platform online yang memberikan ruang bagi individu maupun organisasi untuk membuka penggalangan dana guna membantu sesama manusia maupun konservasi alam dan lingkungan. Platform online tersebut juga bisa terhubung dengan media sosial manapun sehingga penyebaran informasi menjadi lebih mudah dan luas.

5. Membuat Challenge

Masihkah Sobat Vocasia ingat dengan ice bucket challenge? Nah, challenge ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penyakit sklerosis lateral amiotrofik sekaligus mengajak masyarakat untuk ikut memberikan sumbangan guna mendukung penelitian penyakit tersebut. Inilah kegiatan kreatif yang menyenangkan sekaligus mengedukasi dan menumbuhkan kepedulian masyarakat.

6. Birthday Fundraising

Birthday fundraising artinya mencari donasi melalui perayaan ulang tahun. Perayaan ulang tahun pada umumnya hanya untuk kesenangan diri sendiri. Sementara birthday fundraising, seseorang dapat merayakan ulang tahun sekaligus menolong orang-orang yang membutuhkan. Caranya, bisa membuat kotak amal langsung maupun meminta tamu untuk membawa kado berupa donasi.

7. Website Fundraising

Website adalah media komunikasi organisasi sebagai bukti eksistensi mereka. Hampir semua organisasi nirlaba kini memiliki website untuk memamerkan gerakan-gerakan yang sudah mereka kerjakan. Bukan hanya bukti kegiatan, setiap website biasanya juga mencantumkan narahubung dan keterangan apabila ada orang yang ingin memberikan donasi.

Baca juga: 9 Manfaat Hidup Sederhana dan Cara Melakukannya, Yuk Terapkan!

Manfaat Fundraising

Manfaat Fundraising

Menggalang dana dengan tujuan yang mulia tentu memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat melakukan fundraising adalah:

  • Menghimpun dana – penggalangan dana tentu bertujuan untuk mendapatkan dana yang dibutuhkan untuk melakukan suatu kegiatan amal.
  • Menarik donator – selain mendapatkan dana, fundraising juga bermanfaat untuk menemukan donator yang mau bergabung dalam organisasi atau kegiatan yang sedang dikerjakan.
  • Mengajak masyarakat untuk melakukan kebaikan – selama proses penggalangan dana dijalankan, ada kegiatan promosi agar masyarakat mau ikut melakukan kebaikan.

Baca juga: Passion: Perbedaan dengan Hobi dan Cara Menemukannya

Kesimpulan

Fundraising adalah aksi untuk menghimpun dana yang kemudian dimanfaatkan untuk membantu sesama manusia maupun lingkungan hidup. Orang-orang yang bisa terlibat dalam kegiatan fundraising dapat berasal dari golongan masyarakat manapun. Cara-cara untuk mendapatkan dana juga cukup beragam, mulai dari mengadakan acara hingga melakukan kampanye. Fundraising adalah kegiatan yang sangat mulia dan bermanfaat, baik bagi penerima dana maupun penggalang dana.

Baca juga: Apa itu NGO? Berikut Jenis, Pendanaan, dan Perannya

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *