Tanggal:31 May 2024

Cara Memulai Bisnis Cuci Sepatu, Modal Kecil Untung Besar!

Hayo, siapa yang masih bingung cari pekerjaan? Jadi pengangguran emang membosankan, ya, Sobat Vocasia. Eits, tapi ngga usah bingung karena masih banyak, loh, cara mendapat penghasilan tanpa harus melamar pekerjaan kesana kemari. Hmm, gimana caranya?

Memulai usaha sendiri dapat kamu lakukan daripada menunggu ketidakpastian panggilan kerja dari perusahaan. Salah satunya dengan memulai bisnis cuci sepatu ini yang bisa kamu lakukan tanpa membutuhkan modal yang besar. Untuk mendapat informasi lebih dalam lagi, yuk, kita simak guys!

Peluang Bisnis 

Peluang Bisnis Cuci Sepatu (Sumber: Pexels.com)

Kini, bisnis cuci sepatu semakin populer. Meskipun demikian, masih sangat sedikit dan jarang kita temui bisnis yang satu ini. Kondisi inilah yang menjadi peluang besar dalam berkompetisi untuk memenangkan pasar yang cukup tinggi.

Jumlah kompetitor yang masih terbilang sedikit menjadi salah satu alasan agar kamu memulai bisnis berpeluang besar ini. Namun, ada beberapa faktor penting lainnya yang menjadi alasan dan pertimbangan bagi kamu untuk terjun dalam bisnis ini, yaitu seperti berikut:

1. Banyaknya peminat sepatu mahal

Beredarnya brand sepatu kelas atas yang dibanderol harga mahal membuat generasi Z mengincar produk ini. Meskipun dibanderol dengan harga mahal, tidak membuat kawula muda berhenti melirik. Jika membeli produk orisinil setidaknya harus mengeluarkan nominal jutaan rupiah. 

Dengan harga semahal itu, tentu kamu merawatnya lebih berhati-hati kan? Nah, jasa cuci sepatu menjadi salah satu solusi bagi kamu yang meminimalisasi risiko kerusakan pada sepatu kesayanganmu. Hal ini dikarenakan jasa cuci sepatu lebih profesional dan paham mengenai karakteristik sepatu yang berbeda-beda di setiap brand.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Usaha Modal 10 Juta Yang Cepat Untung!

2. Masih didominasi di kota besar

Siapa sangka konsumen sepatu mahal hanya ada di kota-kota besar saja? Padahal, di berbagai daerah juga banyak penggemar sepatu branded, walaupun jumlahnya belum sebanyak di kota-kota besar. Di daerah-daerah ini juga jarang dijumpai bisnis cuci sepatu. 

Sangat disayangkan, padahal bisnis ini banyak dicari oleh konsumen sepatu branded. Kesempatan ini bisa kamu manfaatkan karena semakin mudah berkembang selagi tidak banyak pesaing. 

Baca Juga: Tips Memulai Menjadi Pengusaha Muda Sukses Untuk Pemula

3. Minim modal

Nah, yang perlu kamu ketahui, bisnis cuci sepatu ini sebetulnya tidak memerlukan modal usaha terlalu besar. Kamu bisa membukanya di rumah dan memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnismu. Jadi, kamu hanya perlu menyiapkan modal untuk membeli alat dan bahan saja. 

Baca Juga 3 Peluang Usaha Di Bidang Jasa Yang Semakin Diminati

Persiapan Usaha 

Persiapan Usaha Bisnis Sepatu (Sumber: Pexels.com)

Perencanaan dan persiapan yang matang merupakan kunci dari kesuksesan usaha. Sebelum memulai bisnis cuci sepatu, terlebih dahulu kamu harus melakukan beberapa hal berikut: 

1. Menyiapkan modal usaha

Langkah awal yang harus kamu persiapkan sebelum memulai bisnis, yaitu menyiapkan modal usaha. Modal usaha merupakan biaya awal yang digunakan untuk membangun suatu bisnis. Jadi, sangat penting, nih, sebelum melangkah ke langkah selanjutnya kamu harus punya modal usaha terlebih dahulu. 

Baca Juga: 13 Contoh Usaha Modal Kecil Belum Banyak Pesaing, Pasti Untung!

2. Melakukan riset

Sebelum memulai bisnis, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu. Hal ini untuk menelusuri prospek bisnis yang akan kamu jalani. Sebagai pebisnis pemula, kamu dapat melakukannya dengan cara yang termudah, yaitu pengamatan dan observasi secara langsung. 

Kamu harus mengamati masyarakat di sekitar. Pastikan mereka cocok menjadi konsumen bisnis jasa cuci sepatu kamu. Target pasar bisnis cuci sepatu ini biasanya berasal dari mahasiswa, pekerja kantoran, siswa, dan profesi lain yang intens menggunakan sepatu.

Baca Juga: Optimalkan Keuntungan Bisnis Dengan Terapkan 5 Cara Riset Pasar Ini!

3. Mempersiapkan perlengkapan cuci sepatu

Setelah kedua persiapan di atas sudah kamu lakukan, selanjutnya siapkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk bisnis cuci sepatu. Perlengkapan yang harus kamu persiapkan pertama, yaitu tempat mencuci sepatu dan bahan untuk menjemur. Hal ini yang wajib dipersiapkan pertama kali.

Kemudian kamu juga harus membeli peralatannya, seperti mesin cuci, rak sepatu, dan rak untuk peralatan. Selain peralatan tersebut, detergen dan pewangi juga harus kamu siapkan termasuk peralatan lain yang dibutuhkan karena beragamnya jenis bahan dan karakteristik sepatu yang membuat cara pengerjaan sepatu berbeda-beda, seperti proses wet clean, dry clean, dan wet and dry. 

Baca juga 4 Ide Bisnis Jasa Yang Tak Butuh Modal Besar, Bisa Jadi Kerjaan Sampingan, Lho!

Tips Memulai Bisnis Cuci Sepatu

Bisnis cuci sepatu bukanlah jenis  bisnis yang sulit dilakukan, tetapi bukan berarti tidak ada persiapan matang sebelumnya. Kamu pasti tidak ingin modal yang dikeluarkan tidak membuahkan hasil, bukan? Nah, oleh karena itu, persiapkan semuanya secara matang. Kamu bisa menyimak beberapa tips berikut untuk memulai bisnis cuci sepatu.

1. Pengetahuan merawat sepatu

Pengetahuan mengenai cara merawat sepatu merupakan hal yang wajib kamu miliki sebelum memulai bisnis cuci sepatu. Seperti yang telah disinggung di atas, beragamnya jenis bahan sepatu menyebabkan bermacam-macam juga cara merawat sepatu. Bekal pengetahuan merawat sepatu inilah yang harus kamu miliki. Jangan khawatir! Kalau kamu belum memiliki wawasan ini, jangan ragu untuk mencari informasi dan mengikuti kursus bila perlu.

2. Strategi pemasaran

Strategi pemasaran yang baik akan menentukan sukses atau tidaknya sebuah usaha. Baik usaha mikro, makro, maupun perusahaan besar, harus menerapkan strategi pemasaran yang baik. Kamu bisa memanfaatkan platform media sosial untuk mempromosikan bisnis cuci sepatu kepada target pasar. Hal ini dilakukan karena target pasar bisnis cuci sepatu adalah mahasiswa, pekerja kantoran, dan siswa  yang umumnya mereka lebih sering menggunakan media sosial.

Nah, setelah membaca artikel ini, bagaimana sudah tertarik mencoba? Lakukan perencanaan mulai dari sekarang sekaligus untuk mewujudkan keinginan kamu menjadi pengusaha sukses. Tidak lupa, kesuksesan dapat diraih oleh bekal ilmu. Ikuti kursus Langkah Praktis Memulai Usaha dari 0 hingga Mendatangkan Keuntungan. 

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
scale up bisnis
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *