Tanggal:26 February 2024

7 Tips Optimasi SEO WordPress Agar Jumlah Pengunjung Meningkat

Ilustrasi pembuatan content berupa postingan artikel (Pixabay.com/ Pixelcreatures)

Baca Juga | Apa Itu SEO Marketing?

Search engine optimization atau SEO adalah Teknik pengelolaan website dari segala aspek seperti sistem dan konten. agar bisa bekerja dengan optimal hingga memperoleh peringkat teratas dalam pencarian. Maka Anda diperlukan melakukan riset keyword terlebih dahulu. Nah, berikut adalah tips optimasi SEO yang wajib Anda lakukan untuk meningkatkan traffic wordpress.

Ilustrasi tips mengggunkan metode SEO (Pixabay.com/madartzgraphics)

Ilustrasi tips mengggunkan metode SEO (Pixabay.com/madartzgraphics)

1. Mengaktifkan Pengaturan Search Engine Visibility

Baca Juga | Yuk Ketahui Apa Sih Perbedaan Antara SEO dan SEM

Jika situs kita masih baru serta masih dalam tahap pengembangan maka lebih baik kita mencentang pengaturan Search Engine Visibility, dengan mencentang pengaturan ini maka Google tidak akan mengindeks website kita. Jika website kita sudah siap untuk di launching secara resmi maka hilangkan centang pada pengaturan tersebut.

2. Manfaatkan Google Analytic

Baca Juga | Growth Hacking: Pengertian, Tujuan, Strategi, dan Contoh Lengkap

Google Analytics berfungsi untuk memudahkan kita memantau trafik web. Langkah pertama dalam setiap proses SEO adalah melakukan audit apa yang Anda miliki saat ini. Untuk bisa melakukan audit dengan baik, Anda memerlukan Google Analytics. Dengan alat ini, Anda akan memiliki data-data yang dibutuhkan demi meningkatkan performa website. Mulai data dari mana sumber trafik, data demografi pengunjung, konten populer, dan lain sebagainya. Terdapat enam jenis data Google Analytics yang perlu kita ketahui diantaranya Realtime, Demografi pengunjung, Perilaku pengunjung, Jumlah trafik, Sumber trafik dan Kecepatan website.

Baca Juga | Pengertian Google Analytics dan Cara Penggunaannya

3. Menambahkan Google Webmaster Tools

Baca Juga | 10 Rekomendasi SEO Tools Terbaik dan Gratis

Google Webmaster Tools berfungsi untuk memonitor kinerja website di ranah organik Google. Anda bisa mengetahui halaman mana yang telah mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari dengan traffic organic yang lebih banyak dibandingkan dari traffic iklan. membantu untuk mengetahui, mengidentifikasi website yang menyumbang backlink ke website kita

4. Menggunakan Gambar di Website WordPress

Baca Juga | 5 Jenis Foto yang berpotensi Laku untuk dijual

Selain konten teks, konten gambar pada website juga perlu tampil dengan resolusi berkualitas. Menggunakan gambar yang jelas dan menarik bahkan membuat pengunjung Anda lebih betah dan nyaman berada di website Anda sehingga mengurangi bounce rate. Tapi jangan sampai gambar yang Anda pasang akan memperberat website dan malah menambah load website Anda. Sebelum Anda upload gambar disetiap posting, biasakan untuk resize terlebih dahulu. Selanjutnya isilah deskripsi gambar dan pastikan Anda mengisi Alt text.

5. Meninjau Kata Kunci

Baca Juga | 9 Cara Ampuh Meningkatkan Traffic Website Bisnis Anda

Meninjau kembali strategi kata kunci yang dibidik merupakan salah satu tips SEO yang saat ini mulai banyak digemari kalangan praktisi SEO, mengingat angka persaingan jauh lebih kecil, tetapi peluang untuk mendapatkan posisi di mesin pencari jelas jauh lebih baik. Anda dapat memanfaatkan bantuan tool seperti Keyword Planner guna menemukan kata kunci yang relevan terkait pencarian yang paling banyak dilakukan pengguna internet. Penggunaan kata kunci yang tepat dapat meningkatkan jumlah visitor yang berkunjung ke website Anda

6. Memanfaatkan Meta Description

Baca Juga | 8 Teknik yang Ampuh Beserta Panduan untuk Melakukan SEO

Hasil pencarian akan muncul pada layar segera setelah Anda mengetikkan kata kunci pada Google. Di bagian ini, paragraf deskripsi atau sering disebut meta description yang menarik dapat memancing pengguna mengunjungi website Anda. Bahkan, hal ini dapat meningkatkan kunjungan pada website melebihi website peringkat pertama di mesin pencari.

Penggunaan deskripsi lengkap untuk menjelaskan suatu halaman sangat diperlurkan. Namun ingat, deskripsi ini harus selalu relevan dengan konten yang Anda miliki. Semakin meta description konten Anda relevan & berkualitas, (ditandai dengan adanya kata kunci terkait), semakin besar kemungkinan website Anda ditampilkan pada peringkat pertama Google.

7. Menambahkan Plugin Social Sharing

Media sosial merupakan salah satu sumber potensial untuk menaikkan traffic website, terlebih jika kita memiliki konten yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh banyak orang. Dengan menambahkan Plugin Social Sharing dapat mempermudah pengelola atau pengunjung website kita untuk membagikan konten melalui media sosial. Selain itu Plugin Social Sharing bermanfaat untuk menarik pengguna dari Media Sosial.

Baca Juga | Cara Belajar Digital Marketing sampai Mahir

Nah, itu semua penjelasan mengenai tips SEO untuk meningkatkan jumlah traffic pada wordpress agar kontenmu bisa tampil di halaman penacarian. Semoga membantu!

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *