Tanggal:17 June 2024

Apa itu Leads? Pengertian, Macam, dan Cara Mendapatkannya

Leads adalah istilah yang kerap dijumpai dalam dunia digital marketing, tapi tak semua orang mengetahui istilah tersebut.

Sederhananya, leads adalah orang yang tertarik pada suatu produk atau layanan yang ditawarkan baik karena bentuk dari produk itu sendiri atau cara pemasarannya. Misalnya, saat kamu menerima email penawaran suatu produk, tentunya kamu sudah pernah terlibat atau menunjukan minat terhadap produk tersebut.

Pada skenario tersebut, minat dan informasi yang kamu tunjukkan kepada produk ini biasa disebut sebagai leads di dalam digital marketing, lho.

Lalu apa sebenarnya leads itu? Di artikel kali ini, kami akan membahas mengenai pengertian, macam, dan cara mendapatkan leads itu sendiri. Yuk, simak!

Pengertian Leads

leads adalah

source: freepik

Leads adalah kumpulan orang yang memiliki minat dan ketertarikan yang besar terhadap produk dan layanan suatu bisnis, yang mana berpotensi besar sebagai pelanggan atau pembeli. Secara umum, orang-orang tersebut akan meninggalkan informasi tertentu seperti kontak yang dapat dihubungi.

Dengan begitu, perusahaan atau bisnis kamu dapat mengirimkan informasi terkait produk dan layanan yang kamu tawarkan. Contohnya, kamu dapat mengirimkan penawaran promo menarik maupun menawarkan produk lainnya melalui informasi kontak yang mereka berikan berupa email, nomor HP, dan lainnya.

Baca juga: Apa Itu Email Marketing dan Seperti Apa Contohnya

Akan tetapi, untuk mendapatkan leads bukan tugas yang mudah. Kamu membutuhkan suatu strategi yang disebut lead generation. Salah satu strategi yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuat konten menarik pada situs website dan media sosial lainnya. Konten tersebut dapat berupa foto, video, tips, maupun artikel.

Macam-macam Leads

Ada berbagai macam jenis leads, di antaranya:

1. Product Qualified Lead

Product qualified lead adalah orang-orang yang sebelumnya sudah pernah mencoba versi dasar atau gratis dari suatu produk maupun layanan dan kemudian berminat untuk melakukan upgrade atau peningkatan. Misalkan dengan mulai berlangganan ke versi terbaru atau premium.

2. Sales Qualified Lead

Sales qualified lead adalah kumpulan orang yang telah berniat untuk membeli sebuah produk atau layanan hingga pada akhirnya menghasilkan suatu penjualan. Biasanya, jenis ini merupakan seorang pelanggan pasti.

3. Marketing Qualified Lead

Marketing qualified lead adalah sekumpulan orang yang sebelumnya sudah pernah berinteraksi dengan produk dan layanan suatu bisnis, namun belum masuk dalam tahap pembelian. Bisa dikatakan, jenis lead satu ini memiliki potensi besar menjadi pelanggan atau konsumen kamu.

4. Service qualified lead

Service qualified lead adalah jenis lead yang juga memiliki pengertian sama dengan product qualified lead. Bedanya, service qualified lead adalah calon pelanggan yang sudah mencoba jasa suatu bisnis dan memiliki ketertarikan untuk mendapatkan layanan lengkap lainnya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Leads?

leads adalah

source: freepik

Setelah mengetahui macam-macam leads, bisa dibilang kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan leads. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan leads:

1. Membuat landing page website

Umumnya, landing page pada website merupakan halaman khusus yang memiliki isi berupa formulir untuk mengumpulkan calon pembeli. Selain itu, terdapat juga informasi terkait dengan penawaran produk kamu yang dapat mendukung bertambahnya calon pembeli.

Strategi ini merupakan cara yang fleksibel. Sebab, kamu hanya mengarahkan pengunjung untuk mengunjungi landing page pada website bisnis kamu sendiri.

2. Memanfaatkan media sosial

Kehadiran berbagai macam platform saat ini mendukung sektor bisnis. Pasalnya, media sosial dianggap menjadi wadah yang berpengaruh terhadap peningkatan suatu produk.

Dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter, kamu dapat menjangkau calon pembeli dengan efektif dan efisien. Sebab, media sosial juga memiliki strategi tersendiri untuk membantu para pelaku bisnis dalam menawarkan produknya.

3. Membuat konten berkualitas

Pemanfaatan media sosial bisa dilakukan dengan membuat konten yang menarik dan berkualitas. Dengan begitu, minimal kamu akan mendapatkan keuntungan berupa insight baru dari pengunjung. Kamu dapat menambahkan rangkaian data maupun analisis mendalam terkait produk kamu yang mampu meningkatkan ketertarikan pengunjung. Jenis konten yang kamu buat dapat berupa foto, video, tips, maupun artikel blog.

4. Menggunakan teknik copywriting

Teknik copywriting dapat dilakukan dengan membuat sebuah pesan singkat yang menarik agar pengunjung mau melakukan tindakan yang kamu inginkan.

Sebagai contoh, kamu dapat mencantumkan kalimat ajakan maupun penawaran promosi pada suatu produk. Dengan begitu, pengunjung akan merasakan pengalaman menyenangkan dapat berinteraksi dengan website kamu.

5. Freebies

Freebies adalah sebuah jenis konten yang dibuat dan dibagikan gratis dengan sengaja. Berbeda dari video atau blog, freebies umumnya dapat diunduh ataupun dicetak pada kertas, seperti poster, worksheet, e-book, panduan singkat, hingga berbentuk pernak-pernik sticker atau kipas.

Metode ini bisa dikatakan jauh lebih efektif dari e-book, lho. Tak dapat dipungkiri, freebies mempermudah kamu dalam membuat suatu konten dan mempersingkat waktu dan tenaga.

Demikian pembahasan seputar leads. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 

Public relation masterclass

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *