Tanggal:21 July 2024

9 Alasan Pentingnya Menggunakan Skincare, Ternyata Bermanfaat Banget loh!

Memiliki wajah yang cantik merupakan impian bagi semua perempuan. Kecantikan seseorang dapat terpancar melalui kulit yang sehat dan terhindar dari masalah juga penyakit.

Saat pekerjaan membuatmu beraktivitas secara terus-menerus di luar ruangan, kulit wajah lebih sering terkena debu dan asap kendaraan. Akibatnya, kulit wajah tampak lebih kusam dan rentan berjerawat. Sehingga, kamu harus melakukan upaya lebih ekstra dalam mencegah terjadinya hal-hal tersebut.

Salah satu upaya menjaga kesehatan kulit wajah adalah menggunakan skincare. Penggunaan skincare dengan kandungan yang tepat dapat membuat kulit wajah menjadi lebih ternutrisi dan awet muda.

Biasanya, orang-orang malas menggunakan skincare karena dianggap rumit dan memakan banyak waktu. Memang tak jarang beberapa masalah kulit harus diatasi dengan tahapan pemakaian skincare yang begitu banyak.

Padahal, proses tersebut merupakan rangkaian penting bagi orang-orang yang ingin memiliki kulit sehat dan bercahaya. Tak hanya itu, skincare juga memiliki manfaat lain terhadap para pemakainya.

Apa saja manfaat skincare bagi penggunanya? Jawaban atas pertanyaan tersebut akan dibahas secara tuntas pada pemaparan di bawah ini. Simak hingga akhir, ya!

Baca juga: Urutan Pemakaian Skincare Pagi dan Malam Yang Benar

Manfaat Skincare untuk Kulit Wajah

Ilustrasi Manfaat Skincare untuk Kulit Wajah (Source: pixabay)

Tentu setiap hal yang dilakukan memiliki dampak terhadap para pelakunya. Dampak tersebut dapat berupa hal positif yang menjadi manfaat dan juga hal negatif yang jika timbul merupakan sebuah konsekuensi.

Hal demikian juga berlaku pada pemakaian skincare. Menggunakan skincare dengan kandungan yang baik dan urutan tepat akan memberikan banyak manfaat. Berikut adalah manfaat skincare bagi kulit wajah:

1. Mencegah dan Mengatasi Dark Spot

Dark spot atau yang sering disebut flek merupakan masalah yang kerap menghinggapi kulit wajah. Tak hanya karena usia, paparan sinar matahari yang terlalu lama juga menjadi pemicunya. Jenis skincare yang dapat menghindarkan wajah dari adanya dark spot akibat sinar jahat matahari adalah sunscreen. Semakin besar kandungan SPF dan PA di dalamya, semakin tinggi juga tingkat proteksi yang dimilikinya.

2. Mencerahkan Kulit Wajah

Bagi orang-orang yang memiliki kulit kusam dan terlihat gelap, menggunakan skincare dapat menjadi solusi atas masalah tersebut. Pasalnya, beberapa skincare seperti serum, dilengkapi dengan kandungan-kandungan khusus seperti niacinamide yang dapat mencerahkan.

3. Melindungi Kulit dari Penggunaan Make-Up

Ilustrasi Penggunaan Make up (Source: pixabay)

Bagi seorang entertain atau public figure, pasti dituntut tampil cantik dengan riasan setiap hari. Padahal, penggunaan make-up yang terlalu sering dapat memunculkan masalah-masalah pada wajah. 

Masalah tersebut dapat dihindari dengan penggunaan skincare setiap akan merias wajah. Namun, tidak semua step bisa diterapkan sebagai dasar. Hanya jenis skincare tertentu seperti serum dan sunscreen yang dapat digunakan sebagai base make-up.

4. Menjaga Kebersihan Kulit Wajah

Tidak semua skincare dirancang untuk menutrisi kulit wajah, beberapa lainnya dikhususkan untuk membebaskan kulit dari debu dan kotoran. Dengan menggunakan produk-produk tersebut, kulit wajah menjadi bersih dan terhindar dari permasalahan kulit seperti jerawat dan komedo.

Baca juga: 7 Rekomendasi Masker Alami Untuk Mencerahkan Wajah, Dapat Dilakukan di Rumah!

5. Menghindarkan Kulit dari Masalah dan Penyakit Kulit

manfaat skincare

Ilustrasi Skincare untuk Mencegah Permasalahan Kulit (Source: pixabay)

Hampir setiap detik, kulit wajah akan menjadi sarang debu dan juga kotoran. Apalagi pada orang-orang yang memiliki aktivitas rutin di luar ruangan. Namun, tak banyak yang menyadari atas terjadinya keadaan tersebut. Padahal, debu dan kotoran yang menempel adalah salah satu penyebab munculnya masalah pada kulit wajah. Guna meminimalisir masalah pada wajah, skincare dapat menjadi senjata ampuh tanpa harus melewati serangkaian perawatan dengan alat-alat dokter.

6. Mencegah Penuaan Dini

Pernahkah kamu melihat seseorang dengan kerutan dan garis halus di wajah? Padahal, usianya belum terlalu tua untuk mendapatkan itu semua.

Kondisi di atas disebut sebagai penuaan dini. Penyebabnya tidak lain adalah paparan sinar ultraviolet dan kulit terlalu kering. Keringnya kulit diakibatkan oleh produksi kolagen yang terlalu sedikit oleh tubuh. Kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan skincare rutin yang sesuai tahapan dan kandungannya.

7. Melembabkan Kulit

Ilustrasi Aloevera untuk Melembabkan Kulit (Source: pixabay)

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, kulit kering dapat mempercepat penuaan dini. Oleh karena itu, skincare hadir untuk mengatasi masalah serius tersebut. Kulit lembap didapatkan dari penggunaan moisturizer, cleansing milk, tonner, masker, hingga serum dengan kandungan seperti glycerin, aloevera, hyaluronic acid, dan ceramide.

8. Mencegah Terjadinya Breakout

Mengalami breakout adalah mimpi buruk bagi semua perempuan. Timbulnya banyak jerawat dapat memperburuk kondisi wajah dan mengurangi rasa percaya diri seseorang. 

Peristiwa menakutkan ini diakibatkan oleh radikal bebas yang merusak pigmentasi kulit wajah. Oleh karena itu, kamu harus melindungi kulit dengan menggunakan skincare untuk mencegah terjadinya breakout.

9. Menutrisi Kulit Wajah

Sebagian orang merasa tidak perlu menggunakan skincare lantaran merasa kulit wajahnya baik-baik saja. Padahal, kulit yang tidak memiliki masalah juga membutuhkan suntikan nutrisi untuk membuatnya tetap sehat. Kandungan-kandungan baik yang ada dalam produk-produk skincare diyakini dapat membantu membuat kulit terjaga meskipun terkena debu dan kotoran.

Penutup

Nah, itulah beberapa manfaat skincare bagi kesehatan kulit wajah. Manfaat-manfaat tersebut jika terealisasikan dapat menambah kepercayaan diri pada para penggunanya. Tak hanya itu, wajah yang terhindar dari masalah dan breakout juga dapat mengurangi pengeluaran. Uang yang seharusnya digunakan untuk perawatan wajah ekstra, bisa digunakan untuk keperluan lain yang lebih penting dan darurat. Jadi, jangan malas menggunakan skincare dengan kandungan yang sesuai, ya!

Baca juga: 11 Rekomendasi Skincare Lokal untuk Kulit Berminyak dan Kusam

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *