Tanggal:03 May 2024

8 Manfaat yang akan Kamu Dapatkan Jika Mahir Bahasa Inggris

Seseorang yang mahir berbahasa Inggris bisa banyak memiliki manfaat dalam hidupnya. Apalagi di era globalisasi yang semakin berkembang, Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang perlu dikuasai untuk kemajuan masa depan. 

Kursus online IELTS Vocasia

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang paling banyak digunakan di dunia, bahkan di beberapa negara Bahasa Inggris telah digunakan sebagai bahasa kedua mereka.

Bagi kamu yang saat ini telah mahir Berbahasa Inggris tentu akan banyak memberikan manfaat yang dapat merubah dirimu. Bukan hanya sekadar kemampuan, berbagai peluang pun akan terbuka ketika kamu mampu berbahasa Inggris. 

Artikel ini akan membahas beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika mahir dalam Bahasa Inggris. Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

Baca juga:

Manfaat Mahir Bahasa Inggris

Keuntungan bisa Bahasa Inggris. Sumber: pexels.com

Kebutuhan dunia kerja yang mencari sumber daya manusia banyak mencari kualifikasi dengan memiliki kemampuan Bahasa Inggris. ‘Nilai jual’ yang kamu tawarkan dalam lingkup profesional akan lebih tinggi saat kamu bisa menguasai Bahasa Inggris.

Kamu diharapkan dapat berkomunikasi secara lancar dalam Bahasa Inggris. Apa saja sih yang membuat bahasa Inggris menjadi begitu penting untuk kita kuasai? Yuk, simak beberapa manfaatnya di bawah ini.  

Baca Juga : 4 Hal Mengapa Belajar Bahasa Inggris Cukup Di Duolingo!

1. Melancarkan Proses Komunikasi

Kalau sudah mahir berbahasa Inggris, kamu tidak perlu khawatir lagi saat berkomunikasi dengan seseorang. Apalagi jika orang yang kamu ajak bicara adalah orang asing itu akan mempermudah proses adaptasi yang kamu lakukan. Proses membaur yang lebih mudah siapapun terlebih yang berasal dari negara lain ini akan mengurangi rasa khawatir kamu untuk beradaptasi dimana pun kamu berada. Selain menambah wawasan, kamu juga bisa menambah teman karena sudah memiliki pemahaman terhadap kulturnya.

Baca Juga : 

2. Mendapatkan Peluang Kerja yang Besar

Peluang mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang bagus akan semakin besar bila kualitas Bahasa Inggris yang kamu miliki juga besar. Kemampuan berbahasa Inggris yang menjadi salah satu syarat wajib ini bisa kamu manfaatkan untuk diterima kerja dalam berbagai perusahaan. 

Kemampuan Bahasa Inggris juga akan memberi manfaat untuk membuka berbagai kesempatan dalam memperoleh networking dan menambah pengalaman. Percayalah, bahwa dengan mahir Bahasa Inggris ini akan bisa membawamu ke mana saja.

Ketika kamu mendapatkan pekerjaan berkat kemampuan Bahasa Inggris yang mumpuni, kamu tidak akan berhenti disitu melainkan akan terus berjalan untuk mengembangkan karier agar bisa naik pangkat, melebarkan ruang lingkup skill yang dikuasai, sehingga belajar bahasa Inggris perlu dibutuhkan sampai kapan pun.

Baca Juga : 

3. Percaya Diri

Kamu tidak perlu lagi merasa minder atau kurang percaya diri. Berkat kemampuanmu dalam menguasai Bahasa Inggris akan bisa teratasi! Mahir Bahasa Inggris secara tidak langsung akan memberikan privilege kepada kita. Kamu akan terlihat berwawasan luas jika fasih berbahasa Inggris dan itu hal yang bagus untuk menumbuhkan kepercayaan diri. Namun, ketika sudah percaya diri kamu jangan terlewat sampai menjadi orang sombong karena telah mahir berbahasa Inggris, ya!

Baca juga:

4. Mengasah Kemampuan Otak

Belajar Bahasa Inggris apalagi bukan sebagai bahasa utama di negaranya pasti memiliki tantangan dan kesulitannya sendiri. Ternyata salah satu manfaat yang didapatkan ketika belajar Bahasa Inggris adalah daya konsentrasi yang meningkat. Kita akan lebih teliti mendengarkan ejaan-ejaan kata dalam bahasa Inggris maupun membedakan grammar yang benar atau salah.

Ketika sudah berhasil belajar Bahasa Inggris sampai mahir, tidak menutup kemungkinan bahwa akan lebih mudah untuk belajar bahasa asing lainnya. Semakin banyak mempelajari bahasa asing kamu akan bisa berkolaborasi dengan orang-orang yang lebih banyak lagi.

Baca Juga :

5. Paham Informasi Mancanegara

Berbagai informasi yang tersebar di seluruh penjuru dunia di sebar ke dunia maya dengan menggunakan Bahasa Inggris. Dengan menguasai Bahasa Inggris, kamu bisa miliki segudang informasi yang tidak terbatas yang akan terbuka. Kamu akan semakin banyak menemukan pengetahuan lebih melalui informasi yang terdapat di Internet. Semua jurnal, riset penelitian, hingga artikel-artikel penting tersedia di Internet banyak ditulis dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Baca Juga : 

6. Memiliki Nilai Plus

Nilai plus yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencantumkan kemampuan dalam menguasai Bahasa Inggris di Curriculum Vitae (CV). Apalagi jika tidak hanya Bahasa Inggris yang kamu kuasai, melainkan bahasa asing lainnya sehingga bernilai lebih. Dengan nilai plus ini, nantinya kamu bisa mempunyai posisi tinggi untuk menawar gaji agar lebih besar.

Baca juga:

7. Tidak Memerlukan Subtitle

Jika kamu senang menonton film luar negeri, kamu tidak memerlukan lagi subtitle. Kamu bisa mengerti sendiri tanpa perlu membaca terjemahannya. Selain itu, kamu juga akan dimudahkan saat mendengarkan langsung karena dapat meresapi setiap lirik lagu asing yang kamu dengar. Hal kecil tapi akan sangat bermanfaat bagi kamu, bukan? Untuk itu kamu harus belajar keras untuk mahir Bahasa Inggris!

Baca Juga : 12 Aplikasi Belajar Bahasa Asing Yang Praktis Dan Mudah Kamu Gunakan

8. Bisa Melakukan Pekerjaan Sampingan

Bagi kamu yang memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang sudah lancar, ilmunya bisa sangat bermanfaat bagi orang lain, lho! Hal tersebut bisa membuat kamu mendapatkan pekerjaan sampingan misalnya dengan menjadi mentor atau pengajar yang membagikan pengetahuanmu mengenai Bahasa Inggris ke orang-orang yang memiliki hambatan untuk belajar.

Selain pendidikan, kamu juga bisa menjadi seorang translator, terutama untuk perusahaan asing yang sedang berada di negara tertentu. Penghasilan yang didapat bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan kamu sehari-hari karena jumlahnya bisa terbilang lumayan besar dan menjanjikan.

Baca juga :

Nah, itu dia manfaat yang kamu dapatkan jika mahir Bahasa Inggris. Untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut kamu perlu bekerja keras dan belajar lebih giat lagi.

Ingin membaca artikel menarik dan informatif lainnya? Kamu dapat klik tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di Instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Vocasia adalah platform online penyedia berbagai kursus online yang dapat kamu gunakan dengan mudah dan praktis. Tunggu apalagi? Segera tingkatkan kemampuan untuk menunjang kariermu ke depan! 

Nikmati segala penawaran khusus berupa potongan harga dan ikuti berbagai kelas online agar kamu semakin mahir! Temukan kursus yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut

Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, kamu dapat menemukan pembelajaran yang dapat meningkatkan skill dalam berbahasa Inggris kamu DI SINI

Baca juga: Cara Menjadi Ranking 1

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *