Tanggal:October 1, 2022

Perkiraan Biaya Pasang Iklan di TV Beserta Manfaatnya

Pengertian iklan dan manfaatnya (pixabay.com/Victoria borodinova)

Baca Juga | Cara Mudah Pasang Iklan Adsense di WordPress

Di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat, banyak cara yang bisa dilakukan untuk brand awareness di kalangan masyarat. Selain melakukan promosi menggunakan sosial media Anda juga bisa memilih beriklan di TV. Iklan adalah berita atau informasi pesanan dari suatu lembaga, korporasi atau perusahaan dengan tujuan membujuk khalayak ramai agar tertarik pada suatu barang atau jasa yang ditawarkan. Dengan kata lain, iklan merupakan pemberitahuan kepada khalayak ramai mengenai barang atau jasa yang diproduksi, dipasang dan dipamerkan untuk dijual. Sementara, media yang digunakan adalah TV. Televisi sendiri adalah alat atau suatu sistem yang menyiarkan gambar disertai bunyi dan suara.

Baca Juga |Berikut 6 Jenis Iklan Berdasarkan Medianya

Ketika memilih beriklan di TV Anda harus menyiapkan ratusan juta rupiah agar brand Anda bisa muncul di TV atau commercial break. Memperkenalkan atau mempromosikan suatu produk ke kalangan luas bukanlah suatu hal yang mudah. Salah satu hal yang perlu dipersiapkan oleh sebuah bisnis adalah biaya iklan.  Sistem ini disiarkan lewat satelit dengan alat yang dapat mengubah cahaya menjadi gambar dan bunyi lalu mengubahnya lagi jadi gelombang listrik sebelum diubah kembali jadi berkas cahaya dalam bentuk gambar dan suara.Iklan televisi dihitung dari beberapa aspek mulai dari durasi, kapan tayang, di acara mana akan tayang, rating acara, jenis pelanggan apakah first time buyer atau pelanggan tetap, dengan siapa bernegosiasi, jenis produk dan lain sebagainya.

Berapa Biaya untuk Pasang Iklan di TV?

Baca Juga | 5 Cara Menentukan Influencer untuk Promosi Bisnismu, Jangan Sampai Salah Pilih!

Tinggi atau rendahnya harga iklan di TV yang ditetapkan oleh sebuah stasiun televisi tergantung dari seberapa kuat brand stasiun televisi tersebut. Dengan adanya sistem exposure menjadi salah satu alasan mengapa perusahaan besar rela mengeluarkan biaya untuk iklan hingga ratusan juta rupiah pada durasi iklan yang ditayangkan hanya berdurasi kurang dari satu menit.

Baca Juga | Penasaran Berapa Sih Harga Pasang Iklan di Times Square New York?

Misalnya kita bisa melakukan perbandingan antara RCTI dan ANTV. Dari kedua stasiun televisi ini mana yang paling banyak ditonton oleh masyarakat. Tentunya masyarakat Indonesia pasti lebih familiar dengan stasiun RCTI dibandingkan ANTV, karena program-program yang ditayangkan lebih mendapatkan rating tinggi.

Kisaran biaya pasang iklan TV nasional mulai dari Rp14 juta hingga Rp100 juta dengan durasi sekitar 30 detik. Jam tayang iklan yang ada di TV dibagi menjadi dua yakni daytime dan prime time. Day time yaitu, jam tayang acara TV pada siang hari, sedangkan prime time merupakan jam tanyang yang lebih banyak penonton dibandingkan waktu siang hari.

Baca Juga | 6 Tips Mudah Beriklan di Facebook Untuk Pemula

Sementara, untuk spot iklan dibagi dalam dua bentuk yakni premium dan standar. Untuk membedakan posisi ini, bisa dilihat posisi mana iklan itu diletakkan [spot].

  • Iklan premium biasanya ditempatkan di posisi setelah acara dimulai atau akan selesai. Semisal ada acara talkshow selesai lalu ada iklan yang langsung nongol begitu saja. Kadang, iklan premium ini dikenal sebagai iklan posisi pertama, kedua, ketiga dan iklan paling terakhir saat acara akan tayang atau dimulai.
  • Iklan standar adalah iklan yang enggak nongol pada spot premium. Biasanya, iklan yang ada ditengah-tengah atau iklan yang disuguhkan sebagai pengganti acara.

Manfaat Memasang Iklan di Televisi

Manfaat pasang iklan di TV (pixabay.com/alehandra)

Manfaat pasang iklan di TV (pixabay.com/alehandra)

Baca Juga | Optimalkan Keuntungan Bisnis dengan Terapkan 5 Cara Riset Pasar Ini!

  • Produk dan jasa lebih dikenal, Karena dengan memasang iklan di sebuah stasiun televisi, brand atau bisnis sudah memaksa para penonton TV untuk melihat dan mengingat brand tersebut sehingga penonton memiliki ingatan atau memori di dalam pikirannya dan mendorong keinginan untuk membeli produk tersebut jika dalam momen yang tepat.
  • Konsumen baru bertambah
  • Pemasangan iklan di TV dapat menciptakan citra baik bagi suatu perusahaan.
  • Penonton dapat melihat langsung manfaat yang bisa diperoleh bila menggunakan produk yang diiklankan dengan demonstrasi produk yang lebih nyata dan jelas.

Baca Juga | 6 Alasan Kenapa Dibutuhkan Content Creator dalam Promosi Bisnis

Itulah penjelasan mengenai pengertian iklan, manfaat iklan, dan biaya yang dikeluarkan untuk beriklan di TV. Memang untuk memasang iklan di TV relative lebih mahal dibandingkan dengan promosi di sosial media makanya kebanyakan produk yang di iklankan di televisi hanya dilakukan oleh perusahan-perusahan besar karna sudah memilih dana yang cukup. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga | Apa Itu Marketing Plan? Simak Penjelasan dan Cara Membuatnya di Bawah Ini!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *