Tanggal:30 May 2024

Berikut Tugas-Tugas Seorang Content Planner!

Alasan dibutuhkan content creator (rawpixel.com)

Saat ini, hampir semua ladang pekerjaan dan para perusahaan-perusahaan membutuhkan seorang content planner. Lalu, apa sih yang dimaksud dari content planner? Pekerjaan ini adalah pekerjaan yang mengerjakan perencanaan dan pembuatan konten untuk beberapa waktu yang ditentukan. 

Baca Juga | Kamu Seorang Introvert? Ini Lho Pekerjaan yang cocok untuk Introvert!

Maka dari itu, banyak sekali perusahaan yang mencoba sekali untuk mengarah ke arah digital dalam bentuk pemasaran contohnya. Seperti media sosial dan digital marketing yang memerlukan content planner setiap harinya. Jika suatu perusahaan tidak mencoba mengikuti era digital yang sudah pesat ini, akan sangat sulit untuk berkompetisi dengan perusahaan-perusahaan lainnya tentunya. 

Baca Juga | Definisi Digital Agency Beserta Jobsdesc dan Perannya

Konten-konten yang dibutuhkan seperti di media sosial, blog website, dan sebagainya dalam suatu perusahaan-lah yang menjadi makanan sehari-hari seorang content planner. Mereka harus mempersiapkan konten-konten yang akan dibuat dalam jangka waktu satu minggu, satu bulan, bahkan bisa juga sampai satu tahun lho! Lalu, tugas-tugas apa saja sih yang akan dikerjakan oleh seorang content planner? Yuk kita simak bareng-bareng!

1. Merencanakan Content 

Merencanakan content merupakan hal pertama yang akan dilakukan oleh seorang content planner. Pastikan konten yang akan dibuat itu sudah matang dipikirkan baik-baik karena seorang content planner tidak hanya mempersiapkan satu atau dua konten saja, tetapi content yang disiapkan dalam jangka waktu yang ditentukan agar tidak berantakan dan terstruktur. Hal ini karena kamu bekerja di sebuah agency atau perusahaan yang pastinya sangat membutuhkan aspek yang sedang dibutuhkan banget dalam sebuah perusahaan.

Baca Juga | Pentingnya Content Planning untuk bisnis dan Tips Cara Membuatnya

2. Mempersiapkan Kalender Editorial

Yang kedua, pastikan kamu menyiapkan kalender editorial yang nantinya akan berisikan jadwal-jadwal unggahnya konten-konten dan deadline konten yang akan kamu buat. Hal ini dilakukan untuk menghindari kelalaian yang mungkin akan terjadi, dan persiapan yang lebih matang dalam pembuatan konten. Kamu juga akan belajar dalam menguasai time management di dunia kerja, jika kamu tidak bisa mengatasi masalah tersebut, akan sangat sulit untuk kamu bekerja nantinya.

Baca Juga | Jadwal Libur Tahun 2022

3. Kreatif 

Walaupun kamu bisa mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan sebagai seorang content planner, tetapi akhirnya percuma saja jika kamu tidak bisa berfikir kreatif. Menjadi kreatif memang sangat sulit, membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Karena pikiranmu akan sangat digunakan agar ide-ide kamu dalam membuat konten itu berbeda dari yang lain, unik, dan pastinya kreatif dan inovatif. Jadi bagi kamu yang merasa kreatif, mungkin menjadi seorang content planner adalah jawabannya!

Baca Juga | 6 Cara Mengembangkan Kreatifitas Marketing dalam Meningkatkan Penjualan

4. Memahami Tren Yang Ada 

Selain kreatif, kamu juga dapat memahami tren yang ada. Jangan sampai dalam pembuatan konten, kamu tidak mempertimbangkan dengan tren-tren yang ada. Jika kamu mengkaitkan konten kamu dengan tren yang sedang viral dan sebagainya, pasti konten kamu juga akan ikut viral dengan dikaitkan. Buat kamu yang anaknya FOMO banget, wajib banget deh jadi seorang content planner!

Baca Juga | Apa Itu Google Analytics dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Untuk kamu yang berencana bekerja sebagai seorang content planner, jangan lupa tugas-tugasnya yang kita sudah bahas ya!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *