Tanggal:05 May 2024

Harus Dihindari! 7 Penyebab Utama Kegagalan Wirausaha

Kamu memiliki bisnis dari hasil idemu sendiri? Wah, pasti saat ini kamu sedang berjuang untuk dapat meningkatkan bisnismu, ya? Menjadi wirausaha itu hebat, namun ada kalanya kamu berada di titik yang tidak menyenangkan dalam berbisnis.

Hal-hal yang tidak menyenangkan saat kamu berbisnis memiliki penyebab yang berbeda-beda. Penyebab itulah yang membuat bisnismu sering mengalami masalah atau bahkan kegagalan. Sebagai wirausahawan, kamu harus mengetahui apa saja faktor yang membuat bisnismu sering mengalami masalah serius.

Seringkali seorang wirausahawan merasa bahwa bisnisnya baik-baik saja dan berjalan mulus, padahal tidak. Apabila sebuah bisnis hanya begitu-begitu saja dan tidak mengalami kemajuan bahkan hanya mengalami kemunduran, kamu harus introspeksi diri. Untuk Sobat Vocasia yang ingin mengetahui apa saja penyebab-penyebab utama kegagalan wirausaha, kamu bisa langsung simak rangkuman Vocasia di bawah ini!

Baca Juga :

7 Penyebab Kegagalan Wirausaha

1. Tidak Menentukan Visi dan Misi

Dalam berbisnis, kamu wajib memiliki visi dan misi sebelum kamu memulai bisnismu. Tidak menentukan visi dan misi sejak awal dapat membuat bisnismu tak mempunyai arah yang jelas. Visi dan misi yang kuat dan jelas akan membuat kamu yakin terhadap bisnismu sehingga bisnismu akan berjalan sesuai rencana.

Bisnis adalah tentang memberi solusi kepada pasar sasaran melalui produk atau jasa yang Anda tawarkan. Jangan lupa untuk menentukan visi dan misi bisnis yang ingin dicapai supaya Anda tidak salah melangkah. Apa pun keputusan bisnis yang dibuat semua tetap dalam koridor visi misi tersebut.

Baca Juga :

2. Minim Pengalaman Manajerial

Bagaimanapun, mengelola usaha adalah perjalanan menimba ilmu. Jika ada kesempatan, ikuti webinar atau workshop seputar manajemen usaha yang relevan dengan bisnis kamu. Kemudian, aplikasikan dan jangan takut salah untuk mencoba berulang kali.

Memiliki pengalaman manajerial itu wajib, walaupun kamu hanya memiliki pengalaman yang tidak begitu tinggi. Cara mengatur bisnis beserta sistemnya harus benar dan tepat, jika tidak kamu akan kehilangan bisnis impianmu. Bisnismu akan mengalami kemunduran saat manajerialmu tidak bagus, hati-hati, ya!

Baca Juga :

3. Modal Usaha Relatif Minim

Apabila kamu baru memiliki modal usaha yang minim dan tidak menyentuh angka aman dalam standar bisnismu, maka jangan mulai bisnismu terlebih dahulu! Modal yang cukup harus dicapai agar saat ada dana dadakan yang harus dikeluarkan, kamu tidak kaget nantinya. Memiliki modal yang cukup bahkan lebih akan membuatmu lebih siap dalam berbisnis.

Baca Juga : 

4. Takut Mengambil Risiko

Risiko adalah hal yang selalu ditemui oleh semua orang dalam berbisnis, kamu akan menemui risiko di mana pun kamu melangkah. Jika kamu tidak mengambil langkah baru dalam berbisnis, kamu akan tetap diam di situ saja tanpa adanya kemajuan. Berada di zona nyaman tidak baik, apalagi saat kamu sedang menjalankan bisnis.

Secara teori, memaksimalkan keuntungan dengan menekan risiko seminimal mungkin terlihat aman. Mengembangkan usaha artinya berani menghadapi risiko yang lebih besar, dengan penuh perhitungan tentunya. Yakinlah bahwa risiko besar sepadan dengan kesuksesan yang akan kamu raih di masa depan.

Baca Juga :

5. Pengetahuan Wirausaha Terbatas

Untuk berbisnis, Sobat Vocasia setidaknya harus memiliki pengetahuan yang luas mengenai bagaimana cara berbisnis. Pengetahuan bisnis yang terbatas hanya akan membuatmu kesulitan berbisnis di tengah jalan. Memiliki pengetahuan bisnis yang sedikit dapat membuat usahamu tidak berjalan mulus.

Baca Juga :

6. Kurang Gigih

Ketika sedang menikmati hasil dari bisnismu, kamu tidak boleh lengah dalam menetapkan kegigihanmu. Kegigihan yang tidak konsisten (naik-turun) akan berdampak pada bisnismu, bisnis yang sedang kamu jalani akan menghasilkan hasil yang sangat lama. Untuk para wirausahawan, gigih dalam berbisnis harus konsisten terus menerus dan tidak boleh berhenti.

Baca Juga :

7. Tidak Mau Belajar dari Orang Lain

Seorang wirausahawan yang tidak mau belajar dari orang lain adalah orang yang merugi, karena belajar dari orang lain sama saja memiliki pengalaman orang lain yang tidak pernah kita alami. Belajar dari kesalahan membuat bisnismu berkembang, apalagi jika kamu belajar dari orang lain. Jangan harap bisnismu akan lancar dan berkembang kalau kamu masih tidak mau belajar dari orang lain, karena itu adalah faktor kesuksesan sebuah bisnis.

Baca juga:

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
scale up bisnis
Sukses Membangun Kesan - Personal Development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *