Tanggal:26 April 2024

9 Cara Memulai Bisnis Hampers, Bisa Langsung Kebanjiran Order!

Memulai bisnis hampers ternyata sangat mudah dan modal kecil.

Manjelang hari raya, sanak keluarga, relasi kerja dan teman biasanya berbondong-bondong mengirimkan buah tangan berupa hampers. Mulai dari hampers berisi makanan, perlengkapan, hingga hampers berisi piring-piring cantik. Oleh karena itu, bisnis hampers ini biasanya mencapai peak season ketika hari raya telah tiba. Meskipun tergolong bisnis musiman, tak ayal bahwa bisnis hampers ini pun masih diminati di luar suasana hari raya tersebut. Banyak orang masih memesan hampers untuk kepentingan merayakan hari-hari spesialnya. Ulang tahun, kado rumah baru, kado kelahiran, seserahan, dan lain sebagainya menjadi contohnya. Oleh karena itu, bisnis hampers memiliki peluang bisnis yang menjanjikan dan tentunya sangat cocok untuk dilakukan olehmu. Namun, sebelum itu, bagaimana sih caranya memulai bisnis hampers itu? Berikut akan dijabarkan dengan rinci mengenai cara memulai bisnis hampers.

Baca Juga :

10 Ide Usaha Rumahan Di Bulan Ramadan

Cara Bisnis Pakaian Bekas Import

1. Tentukan Besar Modal yang Akan Dikeluarkan

Sediakan modal untuk memulai bisnis hampers.
Sediakan modal untuk memulai bisnis hampers. Sumber: Pexels

Sebelum terjun dan memulai bisnis hampers ini, kamu harus menentukan dan memperhitungkan modal yang akan dikeluarkan terlebih dahulu. Di dalam penghitungannya, kamu harus melakukannya secara rinci dan cermat. Hal itu agar kamu bisa memperkirakan harga jual yang sesuai. Nah, dalam penentuan modal untuk bisnis hampers ini, kamu bisa menyiapkan modal minimal Rp 100.000 – 200.000 untuk satu hampers. Di dalamnya, hampers tersebut sudah berisi isi, kemasan, dan kartu ucapan. Saat penentuan modal ini, kamu juga bisa membuatnya jika ada pesanan hampers per perorangan yang masuk. Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan modal besar dan membuat banyak hampers terlebih dahulu.

Baca Juga :

Apa Itu Co-Branding?

5 Barang Yang Banyak Diminati Masyarakat

2. Tentukan Pilihan Tema yang Tersedia & Buat Katalog

Sediakan tema-tema yang menarik.
Sediakan tema-tema yang menarik. Sumber: Pixabay

Cara kedua memulai bisnis hampers adalah menentukan pilihan tema yang tersedia di usahamu tersebut. Usahakan agar bisnis hampersmu diminati oleh semua orang, sediakan pilihan tema seperti hampers makanan, hampers pakaian, hampers skincare, hampers kosmetik, dan lain sebagainya. Nah, tentukan pula harga dari setiap pilihan tema hampers tersebut. Usahakan juga kamu membuat katalog darinya, sehingga pembeli dapat melihatnya secara jelas dna mudah.

Baca Juga :

Aplikasi Yang Cocok Untuk Membuat Katalog Produk

4 Peluang Usaha Menjanjikan Tahun 2021

3. Tentukan Supplier yang Terpercaya

Temukan supplier yang terpercaya.
Temukan supplier yang terpercaya. Sumber: Pixabay

Setelah berhasil menentukan tema-tema yang tersedia di bisnis hampersmu ini, maka cara selanjutnya adalah menentukan supplier yang terpercaya. Kamu bisa mulai mencari supplier untuk setiap isi dari hampersmu ya. Perhatikan dengan cermat kualitas barang yang disediakan oleh suppliermu ini. Jangan dengan tergesa-gesa langsung membelinya ya!

Baca Juga :

Cara Kerja Supplier

13 Ide Bisnis Digital Tahun 2022

4. Pelajari Sistem Pengemasan

Buat pengemasan yang juga sama menariknya.
Buat pengemasan yang juga sama menariknya. Sumber: Pixabay

Hampers menjadi sangat menarik karena cara pengemasannya yang unik dan cantik. Adanya pengemasan yang cantik ini juga nantinya bisa mendongkrak statistik penjualanmu, lho! Hal itu karena biasanya para pembeli akan mengunggah hampers dengan kemasan yang cantik itu di media sosial. Nah, tentu saja hal itu akan membuat bisnis hampers itu makin dikenal dan terjual banyak. Oleh karena itu, ketika memulai bisnis hampers, kamu harus bisa mempelajari cara pengemasan, sehingga produk hampersmu itu terlihat estetik dan cantik.

Baca Juga :

Pilih Kemasan Produk Yang Tepat, Agar Penjualanmu Meningkat!

5 Cara Melihat Peluang Ide Bisnis

5. Berikan Promo yang Menarik

Berikan promo-promo yang menarik.
Berikan promo-promo yang menarik. Sumber: Pexels

Setiap orang menyukai promo yang menarik. Oleh karena itu, buat juga promo yang menarik di awal bisnis hampersmu ini buka. Kamu bisa memberikan promo berupa diskon, ada promo tambahan barang tertentu.

Baca Juga :

Strategi Jualan Ini Agar Untung Banyak

Cara Memulai Ide Bisnis Startup

6. Optimasi Penggunaan Teknologi

Manfaatkan teknologi untuk perkembangan usahamu.
Manfaatkan teknologi untuk perkembangan usahamu. Sumber: Pexels

Adanya kemudahan teknologi juga harus kamu manfaatkan untuk mengembangkan bisnis hampersmu tersebut. Ini saatnya bisnismu juga ikut bersaing dalam urusan perdagangan di era digital ini. Nah, bagaimana caranya? Kamu bisa mulai nih mengalihkan bisnis hampermu tersebut menjadi online. Kamu bisa memanfaatkan online market place yang tersedia di Insonesia seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan sebagainya sebagai tempat jualanmu. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial yang kamu miliki seperti Facebook, Twitter, Instagram untuk berjualan juga. Adanya pemanfaatan teknologi ini dimaksudkan agar bisnis hampersmu tersebut bisa menjangkau pelanggan di seluruh Indonesia.

Baca Juga :

Cara Melihat Peluang Bisnis

5 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa

7. Tentukan Layanan Pesan Antar

Manfaatkan layanan pesan antar.
Manfaatkan layanan pesan antar. Sumber: Pexels

Nah, bisa saja pelangganmu datang tidak dari daerah yang sama denganmu. Mungkin jika masih sedaerah, kamu bisa mengakalinya dengan mengantarkan hampers tersebut seorang diri. Tetapi, bagaimana jika pesanan tersebut datang dari luar daerah? Tentu saja, kamu tak bisa mengantarkannya seorang dirikan? Nah, oleh karena itu, kamu harus menentukan layanan pesan antar yang akan digunakan. Berbagai layanan pesan antar telah tersedia, dan kamu bisa memanfaatkannya, nih. Usahakan juga ketika dalam pengiriman, kamu harus membungkus hampersmu tersebut dengan hati-hati agar ketika sampai tujuan hampers tersebut tidak rusak, ya!

Baca Juga :

8 Cara Berbisnis Online Di Facebook

9 Cara Jitu Mengatur Keuangan Bisnis

8. Sediakan Custom

Sediakan juga pesanan custom.
Sediakan juga pesanan custom. Sumber: Pixabay

Sediakan custom. Bisa saja, pelangganmu tidak tertarik dengan pilihan tema yang kamu sediakan dan ingin membeli hampersmu tapi dengan request tema tertentu. Tentu saja, kamu harus melakukannya. Oleh karena itu, sediakan pilihan custom sesuai yang diinginkan oleh pembeli di bisnis hampersmu tersebut ya.

Baca Juga :

7 Cara Mudah Membangun Brand Sendiri

6 Ancaman Bisnis Online Yang Bisa Membahayakan Bisnis

9. Beri Kartu Ucapan pada Hampers

Berikan kartu ucapan yang cantik.
Berikan kartu ucapan yang cantik. Sumber: Pexels

Hampers tidak lengkap tanpa adanya kartu ucapan. Oleh karena itu, kamu juga harus menyediakan kartu ucapan di setiap hampersnya, nih. Kamu bisa juga membuka request tulisan yang ingin ditulis di kartu ucapan. Nah, untuk mempercantik tampilan hampersmu, pelajari juga cara menulis yang cantik dan estetik juga ya!

Baca Juga :

Usaha Yang Jarang Tapi Dibutuhkan, Peluang Besar Untuk Kamu!

Cara Memulai Bisnis Baju Import!

Nah, jika kamu ingin menjadi pengusaha sukses dengan usaha hampersmu itu juga semakin besar, ikuti kursus Kiat Menjadi Pengusaha Sukses yang diadakan oleh Vocasia ini. Di dalam kursus tersebut, kamu akan diajarkan bagaimana melipatgandakan usahamu, merencang pengembangan usaha, hingga strategi penjualan dan pemasaran yang efektif, dan lain sebagainya. Dengan didampingi mentor yang sangat berpengalaman, kamu bisa mendapatkan kurus tersebut di sini. Jangan sampai kelewatan dan menyesal karena tidak mengikuti kursus tersebut. Buat bisnis hampersmu semakin maju dengan ikuti kursus ini sekarang juga, diskon 72% juga loh! Duh, jangan sampai ketinggalan!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
scale up bisnis
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *