Tanggal:02 May 2024

Cara Contouring Wajah Bulat Agar Terlihat Tirus

Bentuk wajah terkadang memberi masalah tersendiri bagi kaum wanita. Ada yang memiliki bentuk wajah tirus ingin sedikit berisi agar tidak terlihat kering. Namun, ada juga yang memiliki bentuk wajah bulat menginginkan tirus. Kamu salah satunya? Jangan galau, Vocasia punya solusinya. 

Bagi sebagian orang bentuk wajah bulat dapat mengganggu penampilan, bahkan tidak jarang orang merasa insecure dengan bentuk wajah bulat yang dimilikinya. Sering dijumpai pemilik wajah bulat melakukan diet untuk mendapatkan wajah tirus. Padahal, bentuk wajah bulat tidak selalu diikuti dengan tubuh berisi bahkan gemuk. So, kamu tidak usah melakukan diet karena diet hanya berfungsi untuk menurunkan berat badan, bukan membuat wajah lebih tirus. Lalu, bagaimana cara membuat wajah bulat agar terlihat tirus? 

Contouring merupakan salah satu teknik makeup yang bisa digunakan untuk menciptakan kesan wajah lebih tirus dan terstruktur. Selain itu, contouring juga berfungsi sebagai pencitraan ilusi wajah, seperti menonjolkan bagian rahang pada wajah, menonjolkan tulang pipi, dan hidung lebih sempit sehingga terkesan lebih mancung. 

Nah, untuk penjelasan lebih lanjut, simak artikel berikut, yuk! 

Jenis-jenis Contour

Pixabay

Sobat Vocasia, perlu kamu tahu bahwa produk contour memiliki empat jenis, lho. Masing-masing memiliki kecocokan untuk jenis kulit. So, sebelum melakukan contouring kamu harus tahu empat jenis contour berikut. 

1. Powder

Jenis contour yang pertama ini cocok digunakan untuk kamu yang memiliki kulit berminyak. Contour bertekstur bubuk ini bisa menyerap kadar minyak sehingga hasil contouring tidak mudah retak. Untuk mengaplikasikan contour jenis ini, kamu cukup menggunakan brush berbentuk bulat atau setengah lingkaran tipis. 

2. Liquid

Jenis contour yang kedua yaitu liquid. Contour berjenis liquid ini sangat mudah diaplikasikan karena memiliki daya serap tinggi. Kamu bisa mengaplikasikannya menggunakan tangan atau beauty blender. Contour liquid akan memberikan hasil tampak lebih natural.

3. Cream

Selanjutnya, ada contour berjenis cream. Jenis ini cocok untuk kamu yang memiliki kulit wajah normal dan kering. Contour jenis cream ini dapat membuat garis-garis wajah mudah terlihat semakin lama digunakan di wajah. Kamu bisa mengaplikasikannya dengan menggunakan beauty blender. 

4. Stick

Contour stick merupakan jenis contour yang banyak diminati. Tidak heran, bentuknya yang simple dan pengaplikasiannya yang mudah membuat kaum wanita lebih memilih jenis contour ini. Oleskan contour stick pada bagian wajah yang diinginkan, kemudian ratakan menggunakan beauty blender. 

Baca Juga | 5 Cara Membuat Alis Natural Untuk Pemula

Cara Memakai Contour Agar Terlihat Tirus

Cara Mengaplikasikan Contour (Pixabay)

1. Amati Wajah

Langkah pertama sebelum melakukan contouring wajah yaitu mengamati bentuk wajah pada cermin. Langkah ini sangat penting dilakukan sebelum melakukan contouring. Jika kamu memiliki kening lebar, biasanya bentuk wajahmu oval. Apabila tulang pipi kamu luas, berarti wajahmu bulat. Nah, jika kamu sudah mengetahui bentuk wajah, lakukan tahap berikutnya. 

2. Pilih Warna Contour yang Cocok di Wajah

Setelah mengetahui bentuk wajah, langkah selanjutnya yaitu pilihlah warna contour sesuai dengan warna kulit wajah. Cara memilih warna contour cukup mudah. Pilih warna setidaknya 1-2 tingkat lebih gelap dibanding warna kulit wajah. Mengapa demikian? Hal ini dilakukan untuk menegaskan garis yang akan dihasilkan. 

Pemilihan warna contour yang senada atau bahkan lebih terang dari warna kulit alami, maka hasil contouring nantinya tidak akan terlihat. Untuk memudahkannya, jika kamu memiliki warna kulit putih, pilihlah warna peach atau cokelat mudah. Warna contour coral dan cokelat terang cocok untuk warna kulit kuning langsat, warna undertones, seperti  cokelat kemerahan hingga cokelat tua cocok untuk warna kulit agak gelap.

3. Aplikasikan Highlighter 

Sebelum mengaplikasikan contour, terlebih dahulu aplikasikan highlighter. Highlighter berfungsi untuk membuat garis contour lebih terang. Highlighter ini bisa kamu aplikasikan di bagian tulang hidung, atas hidung, atas kanan dan kiri pipi, hingga bagian dagu.

Baca Juga | 10 Rekomendasi Foundation Cocok Untuk Remaja

4. Aplikasikan Contour

Selanjutnya, petakan bagian wajah yang ingin diberi contour. Pada tahap ini, kamu harus menentukan terlebih dahulu bagian wajah mana yang akan diberi contour. Misalnya, kamu ingin membuat wajah bulatmu menjadi tirus dan ingin membuat hidung tampak lebih mancung. 

Dalam memetakan wajah, petakan menjadi dua sisi yaitu kanan dan kiri. Kemudian, bentuk angka tiga menggunakan contour dimulai dari bagian pinggir atas dahi, pinggir pipi, dan rahang. Sedangkan untuk bagian hidung, bentuk garis di samping kanan dan kiri. Kemudian, ratakan contour menggunakan sponge atau brush.

5. Tambahkan Foundation

Setelah contour tampak rapi dan merata, tambahkan foundation untuk menutup kombinasi contour dengan highlighter agar garis batas yang terlihat tegas tampak samar dan menyatu dengan makeup. Dalam mengaplikasikan foundation, kamu harus lebih telaten agar tidak ada bagian kulit yang terlalu tebal. Ratakan menggunakan beauty blender.

6. Tambahkan Bedak 

Jika sudah di-cover dengan foundation, lakukan tahap terakhir dengan memberi bedak. Bedak merupakan lapisan terakhir untuk menyempurnakan makeup tanpa menghapus garis contour. Pastikan dalam mengaplikasikan bedak tidak terlalu tebal yang penting rata dan menutupi garis contour. 

Baca Juga | 10 Rekomendasi Foundation Untuk Kulit Berminyak

Itulah beberapa cara contouring wajah bulat agar terlihat tirus yang bisa kamu lakukan untuk daily makeup. Semoga dapat membantu kamu dalam memaksimalkan tampilan makeup, ya! Kamu juga bisa mengikuti kursus Makeup di Vocasia untuk mengasah skill. 

 

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *