Tanggal:23 December 2024
jam

8 Cara Manajemen Waktu yang Baik, Terbukti Ampuh !

jam beker

Waktu mahal harganya – @pixabay.com

Baca juga : 5 Kebiasaan Buat Kamu Mudah Mengatur Waktu, Coba Yuk!

Baca juga : 6 Tips Meningkatkan Penjualan di Shopee yang Membuat Pemula Tergiur

1. Tentukan Prioritas

Checklist

Dahulukan yang penting

Tips pertama yaitu dengan menentukan skala prioritas terhadap hal – hal yang akan kamu kerjakan. Sangat penting untuk kamu menyelesaikan pekerjaan yang paling penting dan krusial terlebih dahulu. Hal ini akan sangat memudahkan kamu untuk mengelola waktu dengan baik. Bonusnya lagi, kamu akan memiliki banyak waktu luang untuk mengisi hobi kamu tentunya.

Baca juga : Ubah Kebiasaan Menunda Pekerjaan dengan 5 Cara Efektif Ini!

Baca juga : 9 Jenis Alat Musik Melodis Modern

2. Istirahat yang cukup

cewek tidur

Istirahat yang cukup – @unsplash.com

Hal sederhana ini akan membantumu dalam memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Dibandingkan kamu bermain sosial media dan bermain game hingga subuh, lebih baik kamu beristirahat. Banyak energi dan semangat yang akan anda tuangkan di pagi hari jika kamu tehindar dari rasa lelah dan mengantuk.

Baca juga : 5 Ciri Sejati dari Kebahagian Diri Sendiri, Jangan Jadi Pribadi yang Menyebalkan Deh!

Baca juga : 7 Tips WFH agar Tetap Produktif & Tehindari dari Stress

3. Fokus

tangan fokus

Fokus saat bekerja – @unsplash.com

Cara selanjutnya adalah fokus. Setelah kamu memiliki jam tidur yang cukup, kamu akan sangat mudah fokus saat bekerja. Mulailah dengan fokus pada pekerjaan yang penting, hindari kegiatan – kegiatan yang bisa menganggu waktu kerja. Utamakan selalu pekerjaanmu!

Baca juga : 7 Manfaat Self Healing Jika Menerapkannya Di Kehidupanmu

Baca juga : 5 Teknik Fotografi yang Harus Dikuasai Para Pemula

4. Lebih cepat lebih baik

Checklist

Selesaikan lebih awal – @unsplash.com

Di saat kamu memiliki waktu yang berlebih, cobalah untuk mengerjakan pekerjaanmu yang belum terselesaikan. Hindari perilaku menunda – nunda pekerjaan, selain ini akan memperlambat pekerjaanmu, hal ini bisa menyebabkan kamu menyelesaikan tugas secara terburu – buru.

Terburu – buru menyelesaikan tugas membuat tugasmu rentan mendapati kesalahan yang bisa menyebabkan pekerjaan malah tambah banyak. Sangat disarankan kamu untuk selalu bisa menyicil pekerjaanmu sebisa mungkin agar pekerjaan cepat selesai.

Baca juga : 7 Tips Naik Jabatan Lebih Cepat

Baca juga : 5 Kelebihan dari Uang Kripto, Yakin Gak Tertarik?

5. Jadikan Kebiasaan

Cobalah untuk mencintai pekerjaanmu. Cinta terhadap pekerjaan akan menimbulkan kebiasaan untuk selalu produktif dalam bekerja. Kebiasaan yang terbentuk akan memberikan dampak pada pikiran kamu dan pekerjaan akan terasa ringan dan menyenangkan untuk diselesaikan.

Baca juga : 5 Kebiasaan Buat Kamu Mudah Mengatur Waktu, Coba Yuk!

Baca juga : Ubah Kebiasaan Menunda Pekerjaan dengan 5 Cara Efektif Ini!

6. Disiplin waktu

berdoa

Tetaplah disiplin secara konsisten – @unsplash.com

Disiplin waktu bisa kamu mulai dengan mengatur dan menentukan waktu untuk menyelesaikan tugasmu. Jangan hanya menentukan, tetapi kamu harus berkomitmen dengan deadline yang sudah kamu tentukan sendiri, Kamu akan mendapatkan tekanan atas jadwal yang sudah kamu tetapkan sendiri, alhasil kamu akan sangat setiap menit yanga ada.

Baca juga : 8 Tips Ampuh Melatih Jiwa Kepemimpinan, Coba Yuk!

Baca juga : 7 Tips jitu membuat CV menarik agar diperhatikan oleh rekruiter

7. Optimis

Sifat optimis akan membuat kamu tehindar dari overthinking. Jangan biarkan pikiran negatif menguasai kepalamu, rasa pesimis akan membuatmu berpikir hal – hal yang tidak tidak. Alhasil kamu tidak segera mulai untuk melakukan pekerjaanmu karena kamu terlalu banyak memikirkan hal yang seharusnya tidak perlu kamu pusingkan.

Baca juga : Inilah 7 Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional untuk Upgrade Kualitas Dirimu

Baca juga : 7 Alasan Mengapa Kamu Harus Bersikap Open Minded

8. Jaga kesehatan

Tips selanjutnya adalah salah satu tips yang paling penting, yaitu kesehatan. Tubuh yang sehat adalah modal utama untuk bekerja. Bayangkan saja, jika kamu sakit maka banyak waktu yang akan kamu habiskan untuk proses penyembuhan dan terpaksa kamu akan menunda beberapa pekerjaan penting.

Membuat tubuh sehat dan bugar bisa kamu mulai membiasakan diri untuk tidur yang cukup, olahraga ringan, makan makanan berigizi, meminum air putih yang cukup dan lain – lain. Mudah bukan ?

Baca juga : Bantu Kesehatan Mental, Ini Dia 4 Manfaat Terapi Mindfulness

Mulailah membiasakan diri secara perlahan dalam menerapkan semua tips di atas. Mengatur waktu atau manajemen waktu yang baik bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Cobalah untuk membiasakan secara perlahan dengan menerapkan semua cara di atas satu persatu. Lambat laun kamu akan berhasil menjadi pribadi yang sangat menghargai mahalnya waktu. Semoga Sukses ya !

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia !

Baca juga : 6 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Kulit

Baca juga : 5 Ciri Sejati dari Kebahagian Diri Sendiri, Jangan Jadi Pribadi yang Menyebalkan Deh!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *