Tanggal:29 April 2024

4 Tips Digital Marketing untuk Restoran

Di jaman yang serba modern seperti sekarang ini, tidak bisa dipungkiri bahwa penggunaa teknologi informasi sangat dibutuhkan tidak terkecuali dalam bidang pemasaran yang biasa disebut digital marketing. Digital marketing bisa dibilang memiliki kemiripan dengan konsep menemukan pacar tanpa harus bertemu sebelumnya, bagaimana digital marketing mempertemukan suatu bisnis dengan konsumen yang tepat.

Data saat ini menunjukan delapan puluh persen lebih orang terbiasa mencari rekomendasi tempat kuliner melalui internet, cukup berbekal smarphone, laptop yang terkoneksi internet dari rumah.

Restoran membutuhkan impresi positif dalam dunia media sosial untuk memancing kedatangan pelanggan baru setiap harinya.

Jika kamu adalah salah satu pelaku bisnis di dunia kuliner, bersyukurlah kamu karen telah menemukan artikel ini. Vocasia akan mengupas tuntas 11 tips digital marketing untuk restoran.

Tanpa basa-basi lagi, yuk simak pembahasan di bawah ini!

1. Foto dan Copywriting untuk Restoranmu

Makanan di atas meja
Gunakan Foto makanan yang menarik – @pexels.com

Ada pepatah mengatakan makanan dicicipi pertama kali oleh mata. Seperti yang kita tahu chef terkenal akan selalu memperhatikan penyajian makanannya di atas piring. Semakin cantik foto makanan yang kamu tampilkan di internet maka orang akan semakin tertarik untuk segera mencoba makanan tersebut.

Bahan foto sebagai marketing ini adalah senjata utamamu. Berikan deskripsi yang lengkap juga seperti aroma makanan, sensasi rasa dan penyajian. Kemudia ditambah dengan foto keindahan desain tempat yang estetik dari restoran kamu. Hal ini akan berpotensi mendatangkan pengunjung.

Nah, kamu bisa sadar bahwa foto dan caption adalah hal yang bisa menggerakan calon konsumen untuk segera datang mengunjungi dan mencicipi makanan atau minuman yang ada di restoranmu. Kamu bisa melihat pada setiap akun bisnis di internet kalau penggunaan foto dan caption sangat mereka perhatikan.

Penguasaan fotografi dan copywriting sangat kamu butuhkan.

2. Website Khusus untuk Restoranmu

belanja online
Membuat website bisa meningkatkan transaksi pembelian – @pixabay.com

Bisnis yang memiliki website membuat bisnis tersebut terlihat jauh lebih elegan, profesional dan mewah di mata calon konsumen, khusunya restoran dan cafe. Ditambah lagi, pada website kamu bisa menampilkan menu, ambience dan branding restoran kamu dengan cara yang elegan.

Selain mendapatkan keuntungan dari hal di atas, di website juga kamu bisa mendatangkan pembeli yang melakukan transaksi langsung melalui website.

Untuk membuat website juga tidaklah sulit dan mahal, Vocasia bisa memberikan solusi pembuatan website yang gratis dan mudah.

3. Google My Business

Google maps
Banyak fitur Google My Business yang bisa kamu manfaatkan – @unsplash.com

Google my business memiliki banyak sekali fitur yang akan memaksimalkan digital marketing dari restoranmu. Dengan memiliki google business restoranmu akan sangat mudah ditemukan di pencarian google, google maps dan nomor telpon restoranmu.

Pembuatan google my business sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mempersiapkan informasi dan mencamtumkannya pada google my business. Informasi yang dibutuhkan di antarnya adalah :

  • Alamat yang disesuaikan dengan lokasi pada peta google
  • Jam operasional restoran ( jam tutup dan jam buka )
  • Kontak dan URL website restoran
  • Pertanyaan dan jawaban seputar resto kamu
  • Kolom review dan rating
  • Jam favorit pelanggan berkunjung ke restoranmu

Kemudian setelah kamu membuat google my business serta menyuntingnya, kamu akan diminta melakukan verifikasi. Selesai

Mudah bukan ? yuk segera persiapkan google business segera

4. Aktif di Media Sosial khususnya di akun Restoranmu

iphone
Media Sosial merupakan garda terdepan digital marketing – @unsplash.com

Seperti yang semua orang tahu bahwa media sosial adalah garda terdepan dalam melakukan digital marketing pada bisnis apapun, tak terkecuali dengan bisnis di bidang kuliner

Hal ini terlihat mudah tetapi bisa jadi sangat kompleks. Bagaimana kita membuat konten, mengupload, berinteraksi, membalas komentar dan lainnya. Hal ini bisa jadi sangat memakan banyak waktu ditambah lagi saingan pada dunia internet yang banyak dan terus meningkat setiap harinya, ini bisa membuat perhatian calon konsumen tertuju pada restoran lain

Sangat disarankan untuk aktif secara konsisten, memikirkan ide cemerlang, dan meriset insight. Untuk bisa memenangkan persaingan kamu juga bisa memaksimalkan penggunaan Ads berbayar, misalnya seperti FB ads dan Google Ads

Menggunakan FB ads dan Google Ads akan membuat digital marketing akan tepat sasaran dengan target pasar yang kamu incar. Kamu tidak perlu lagi memasarkan produkmu ke calon konsumen yang tak tertarik dengan dunia kuliner. Maka dari itu penggunaan Ads berbayar sangatlah efektif dan efisien untuk meningkatkan penjualan

Nah itu dia tadi tips buat kamu yang ingin meningkatkan penjualan restor menggunakan Digital Marketing. Semoga sukses dan Restoranmu laris manis ! Semangat !

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar.

Public relation masterclass
kiat menjadi pengusaha
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *