Tanggal:28 April 2024

Rekomendasi Lagu Untuk Kamu Yang Sedang Belajar!

Saat kita belajar, kita pastinya ingin memiliki tingkat kefokusan yang sangat tinggi, agar apa yang kita pelajari tidak hanya masuk kiri keluar kanan, tetapi kita benar-benar mengerti apa yang kita pelajari selama waktu belajar. Terkadang, memang sulit sekali untuk kita memiliki fokus tersebut, maka dari itu, banyak hal yang harus kita pertimbangi agar proses pembelajaran kita menjadi sangat efektif. 

Beberapa hal tersebut seperti tempat, suasana, makanan untuk cemilan dan minuman dan masih banyak lagi. Salah satu yang krusial adalah tempat dan suasana saat kamu ingin belajar. Bayangkan saja kalau kamu di tempat yang sangat ramai dan berisik, pastinya saja kamu ingin belajar di tempat yang sunyi, hening, damai, dibandingkan di tempat yang tidak kondusif untuk kamu belajar. Contoh tempat yang pas adalah kamar kamu sendiri, atau perpustakaan di kampus dan sekolah. Selain itu, hal lainnya yang dapat membuatmu rileks dan tenang adalah dengan mendengarkan musik. 

Banyak sekali genre musik yang dapat kamu dengarkan, tetapi untuk belajar, kamu ingin mendengarkan musik yang melodinya tenang dan santai, serta lirik yang bikin kamu adem untuk belajar. Kali ini, kita akan memberikan beberapa rekomendasi lagu yang dapat menemani kamu untuk belajar! Kira-kira ada lagu dari siapa aja ya? Yuk kita cek!

1. Photograph – Ed Sheeran 

Photograph by Ed Sheeran
Photograph by Ed Sheeran. Photo: Spotify

Kalau urusannya sudah lagu dari Ed Sheeran, momen apa saja juga pasti pas dengan lagu-lagunya yang enak banget untuk kita dengerin. Lagu Ed yang satu ini melodinya pas banget untuk kamu yang ingin belajar, lirik-liriknya juga memiliki makna yang dalam banget lho! Apalagi, suara Ed yang merdu banget bakal bikin fokus kamu muncul dan belajar dengan suasana yang nyaman dan tenang tentunya.

Baca Juga | Daftar Lagu Khas Musik Pop

2. Everything Has Changed – Taylor Swift feat. Ed Sheeran 

RED by Taylor Swift
RED by Taylor Swift. Photo: Spotify

Lagu yang dirilis pada 9 tahun lalu merupakan kolaborasi pertama antara Taylor dan Ed yang akhirnya masuk dalam album Taylor yang berjudul ‘Red’ yang juga dirilis pada tahun 2012. Musik video dalam lagu ini juga menceritakan sebuah kedua anak kecil yang memiliki hubungan pertemanan yang sangat baik hingga dewasa. Arti makna dari lagu ini juga sangat kompleks dan dalam untuk kamu artikan. Cocok banget buat temani kamu belajar!

Baca Juga | 5 Lagu Dream Theater Favorit

3. More Than Words – Extreme 

More Than Words by Extreme
More Than Words by Extreme. Photo: Spotify

Lagu klasik yang satu ini pasti menjadi salah satu lagu favorit zaman dahulu untuk banyak orang. More Than Words memiliki melodi yang santai dan lirik yang sangat bermakna, intinya lagu ini bisa banget deh menolong kamu untuk santai dan rileks saat lagi belajar! Fakta lainnya tentang lagu ini juga, ternyata banyak sekali versi-versinya, seperti Westlife dan Glee Cast.

Baca Juga | Rekomendasi Lagu Untuk Pernikahan, So Sweet!

4. Wondering – Olivia Rodrigo feat. Julia Lester 

High School Musical: The Musical: The Series: The Soundtrack.
High School Musical: The Musical: The Series: The Soundtrack. Photo: Spotify

Serial drama musikal yang baru saja dirilis beberapa tahun yang lalu ini menampilkan beberapa musisi yang akan datang. Pemain-pemain dalam serial ini memiliki talenta yang sangat luar biasa untuk umurnya. Salah satunya adalah Olivia Rodrigo yang juga sudah memiliki karir musik yang cemerlang. Salah satu lagu original dari High School Musical: The Musical: The Series yang satu ini merupakan lagu yang cocok banget untuk kamu belajar! Duet lagu ballad yang luar biasa oleh Olivia dan Julia membuat pendengarnya nyaman dan santai. Kamu sudah menonton serialnya belum?

Baca Juga | Daftar Penyanyi Indie Indonesia

5. Fix You – Coldplay 

Fix You by Coldplay
Fix You by Coldplay. Photo: Spotify

Coldplay yang baru saja merilis lagu barunya dengan BTS ini memiliki banyak lagu lamanya yang patut kamu coba dengarkan. Salah satunya adalah Fix You. Lagu yang memiliki melodi santai dan pelan, tetapi memiliki makna lagu yang sangat dalam. Seperti judulnya saja yang dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan Membenarkan Kamu ini sudah ketebak banget kan makna lagu ini. Tentu saja, kamu harus memasukkan lagu ini ke dalam playlist untuk belajar kamu. Dijamin deh bakal menolong kamu untuk jadi fokus belajar!

Baca Juga | Rekomendasi Lagu Galau Korea

6. The Last Great American Dynasty – Taylor Swift

Folklore by Taylor Swift
Folklore by Taylor Swift. Photo: Spotify

Taylor Swift yang baru saja menggerakan arah stir ke genre indie-folk tahun lalu membuka peluangnya menjadi salah satu musisi dunia yang sangat legendaris di dunia musik. Ia merilis dua album pada tahun 2020 kemarin dan Taylor sendiri bahwa kedua album tersebut adalah album yang secara produksi dan cerita yang kakak-beradik atau sambung antara satu sama lain. Folklore yang keluar lebih dulu pada bulan Juli, lalu disusul dengan Evermore pada bulan Desember. Fakta uniknya, Taylor sama sekali tidak mengumumkan ini terlebih dahulu tetapi langsung merilisnya secara dadakan. Salah satu lagu dari albumnya Folklore memiliki sebuah makna dan cerita tentang Rebekah Harkness. Ia adalah seorang aktris pada abad ke-19 yang sebelumnya tinggal di rumah Taylor. Lalu, Taylor memiliki ide untuk menulis tentangnya sejak lama, tetapi baru direalisasikan pada albumnya ini. Melodi-nya sendiri seperti kamu sedang membaca buku tentang cerita sebuah orang yang memiliki cerita fenomenal di daerahnya. Dengan kemampuan menulis Taylor, lagu ini cocok banget untuk kamu belajar! Jangan lupa masukkan ke playlist kamu ya! 

Baca Juga | Rekomendasi Lagu Romantis Indonesia

7. In Case – Demi Lovato

Demi by Demi Lovato
Demi by Demi Lovato. Photo: Spotify

Demi Lovato merupakan salah satu musisi yang memiliki suara luar biasa. Suaranya sendiri dapat menyanyikan lagu-lagu dengan nada tinggi. Demi Lovato juga sudah mengawali karirnya pada usia yang sangat muda di Disney. Dengan beberapa serial dan film di Disney, Demi akhirnya menemukan karir musiknya di pertengahan tahun 2000an sampai saat ini. Lagunya yang berjudul In Case adalah contoh dimana suaranya yang sangat luar biasa dan semua kemampuan Demi dipertunjukkan dalam lagu ini. Walaupun lagu ini memiliki makna yang sangat galau, tetapi juga sangat cocok untuk kamu belajar, cobain masukkin playlist belajar kamu!

8. Homeward Bound/Home – Glee Cast 

Glee The Music: Season 4 Volume 1
Glee The Music: Season 4 Volume 1. Photo: Spotify

Sudah siap nostalgia belom? Karena lagu yang satu ini adalah mash-up dari lagunya Phillip Phillips, pemenang American Idol dan Simon & Garfunkel. Lagu Homeward Bound dan Home ini di mashup oleh salah satu serial drama musikal yang berjudul Glee pada musim keempat episode delapan. Glee sendiri sudah terkenal dengan mengkombinasikan lagu selama penayangan, salah satunya lagu ini. Pada episode tersebut, beberapa karakter alumni menyanyikan lagu ini karena sedang berkunjung balik ke sekolah lamanya. Lagu ini memiliki melodi yang sangat santai, pelan dan tenang untuk kamu dengarkan saat belajar. Masukkan playlist kamu gak nih?

Kalau kamu punya playlist lagu buat sambil belajar gak nih? Kasi tau dong ada lagu apa aja!

Baca Juga :

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *