Tanggal:06 May 2024
penyanyi Indonesia yang go internasional

8 Penyanyi Indonesia yang Sukses Go Internasional

Apakah Sobat Vocasia gemar mendengarkan lagu? Bagi sebagian orang, lagu adalah healing therapy yang bisa mengurangi stres akibat hiruk pikuk. Selain itu, baik pencipta maupun penyanyi lagu selalu berupaya untuk menjalin ikatan emosional dengan pendengar. Maka dari itu, tidak heran jika banyak lagu yang terkesan sangat erat dengan realitas kehidupan pendengarnya.

Menyinggung tentang lagu, partisipasi penyanyi pasti sangat dominan di dalamnya. Seorang penyanyi tentu ingin agar lagunya sukses dan dikenal oleh banyak orang. Untuk mencapai hal tersebut, seorang penyanyi harus melewati berbagai proses dan perjuangan. Terlebih lagi, bila mampu berkarier di kancah internasional pastinya menjadi kebanggaan tersendiri sekaligus mengharumkan nama negara asal. Tahukah kamu, Indonesia juga memiliki sederet penyanyi yang sudah go internasional. Siapa saja penyanyi Indonesia yang go internasional? Yuk cek daftar berikut!

Baca juga: 6 Penyanyi Indie Indonesia Berbakat yang Wajib Kamu Tahu!

8 Penyanyi Indonesia yang Go-Internasional

1. Anggun C. Sasmi

source: anggun_cipta

Bakat bernyanyi seorang Anggun C. Sasmi sudah tidak patut untuk diragukan. Menjadi seorang penyanyi, komposer, produser, hingga juri pencarian bakat bergengsi membuat Anggun mendulang popularitas gemilang di berbagai negara. Setelah berhasil meraih kesuksesan di tingkat nasional, Anggun kemudian bertolak ke Perancis untuk menggapai cita-citanya menjadi penyanyi bertaraf internasional.

Anggun merilis album internasional pertamanya bertajuk Show on the Sahara di 33 negara sekaligus pada tahun 1997. Hingga saat ini, Anggun telah memproduksi empat album dalam bahasa Indonesia, enam album dalam bahasa Perancis, dan enam album dalam bahasa Inggris. Meskipun masih sering beraktivitas di Indonesia, Anggun C. Sasmi sekarang telah menetap dan menjadi warga negara Perancis.

2. Agnez Mo

source: agnezmo

Agnes Monica Muljoto atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Agnez Mo memulai karirnya di dunia musik sebagai artis cilik saat masih berusia enam tahun. Berawal dari kesuksesan di tanah air, Agnez Mo melebarkan sayapnya di manca negara dengan merilis album dan single sebagai penyanyi dewasa. Agnez Mo sudah banyak melakukan kolaborasi bersama musisi terkenal dunia, seperti penyanyi sekaligus komposer Keith Martin melalui lagu I’ll Light A Candle. Walaupun sudah termasuk penyanyi Indonesia yang go internasional, Agnez Mo masih sering menerima tawaran job di Indonesia, seperti menjadi juri ajang pencarian bakat dan bintang iklan produk terkenal.

3. Stephanie Poetri

penyanyi Indonesia yang go internasional

source: stephaniepoetry

Stephanie Poetri Dougharty atau lebih dikenal dengan nama Stephanie Poetri adalah anak perempuan dari seorang diva Indonesia, yakni Titi DJ. Penyanyi kelahiran tahun 2000 ini mulai melejit setelah lagunya yang berjudul I Love You 3000 sukses mencetak ratusan juta views di kanal YouTube miliknya. Lagu I Love You 3000 tidak hanya meraih popularitas di Indonesia, sejumlah penyanyi K-pop juga pernah menyanyikannya, seperti Baekhyun EXO, Bang Yedam Treasure, Nayeon Twice, dan masih banyak lagi.

Stephanie juga berkesempatan untuk berduet menyanyikan I Love You 3000 bersama biasnya, yaitu Jackson Wang. Stephanie Poetri juga dipercaya untuk ikut memeriahkan Head In The Clouds Festival 2021 di Amerika Serikat yang diselenggarakan oleh 88Rising bersama penyanyi asal Indonesia lainnya, yaitu NIKI, Rich Brian, dan Warren.

4. Rich Brian

penyanyi Indonesia yang go internasional

source: brianimanuel

Pencinta karya anak muda masa kini siapa yang kenal dengan Rich Brian. Pemilik nama asli Brian Imanuel Soewarno adalah rapper, produser, dan pencipta lagu asal Indonesia kelahiran tahun 1999. Pria berdarah Manado ini memulai kariernya di dunia hiburan sebagai seorang YouTuber. Nama seorang Rich Brian mulai melejit setelah ia merilis single Dat $tict pada Mei 2016 lalu.

Rich Brian juga kerap melakukan kolaborasi dengan sejumlah rapper populer lainnya, seperti Zhu, Skrillex, dan THEY. Pada tahun 2017, Rich Brian berhasil menggelar konser pertamanya di Los Angeles, Amerika Serikat. Selain konser, pada tahun 2017 ia juga memenangkan penghargaan Breakthrough Artist of The Year di Indonesian Choice Award. Saat ini, Rich Brian tinggal di Amerika Serikat untuk terus berkarier di kancah internasional.

5. NIKI

source: nikizefanya

Para pecinta musik pasti sudah tidak asing dengan lagu yang satu ini, yakni Lowkey. Lowkey dinyanyikan oleh seorang penyanyi wanita asal Indonesia bernama Nikola Zefanya atau lebih populer dengan nama panggung NIKI. NIKI mulai dikenal oleh masyarakat luas sejak merilis lagu berjudul See U Never pada tahun 2017.

Sebelum itu, NIKI pernah tampil sebagai pembukaan konser Taylor Swift yang bertajuk The Red Tour di Jakarta pada tahun 2014. NIKI tergabung dalam label yang sama dengan Rich Brian, yaitu 88Rising. Lagu-lagu populer yang dinyanyikan oleh NIKI, meliputi Every Summer Time, Lowkey, California, Drive On, Plot Twist, Around, Spell, dan masih banyak lagi.

6. Warren Hue

penyanyi Indonesia yang go internasional

source: warrenhue

Warren Hue adalah penyanyi asal Indonesia yang mencetak sejarah di Coachella 2022, bersama NIKI dan Rich Brian. Rapper kelahiran tahun 2002 ini sudah bergabung dengan label 88rising sejak berusia 18 tahun. Warren Hue juga mendapat kesempatan untuk ikut memeriahkan festival besar Head in The Clouds 2022. Tidak hanya itu, Warren Hue juga mengisi soundtrack film Marvel Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings dengan judul Always Rising.

7. Dita Karang

source: secretnumber.official

Dita Karang berhasil debut sebagai K-Pop idol bersama grupnya, Secret Number, pada tahun 2020. Secret Number adalah girl grup asal Korea Selatan besutan Vine Entertainment. Pemilik nama lengkap Anak Agung Puspa Aditya Karang ini memulai kariernya sebagai anggota Secret Number dengan merilis album single bertajuk Who Dis?. Saat ini, Dita Karang tinggal di Korea Selatan untuk terus berkarya bersama rekan-rekannya.

8. Voice of Baceprot

source: voiceofbaceprot

Voice of Baceprot (VoB) adalah grup musik mental yang digawangi oleh tiga orang wanita berhijab asal Jawa Barat. VoB terbentuk pada tahun 2014 saat personilnya masih menempuh pendidikan di Madrasah. Adapun anggota VoB adalah Firda Marsya Kurnia (vokal dan gitar), Widi Rahmawati (bass), dan Eusi Siti Aisyah (drum). Pada tahun 2021, VoB mengikuti tur Eropa yang bertajuk Fight Dream Believe dengan pemberhentian di negara Belanda, Perancis, Swiss, dan Belgia.

Baca juga: 5 Deret Penyanyi Jazz Indonesia, Siapa Tak Kenal?

Nah, itulah anak-anak bangsa yang sukses mengharumkan nama negara tercinta melalui talenta dan karya-karya musiknya. Berkarier sebagai penyanyi Indonesia yang go internasional, tentunya membawa peluang dan tantangan tersendiri. Terlebih lagi di tengah sengitnya persaingan industri musik internasional. Sebagai warga negara Indonesia, kita patut berbangga dan mengapresiasi dedikasi yang mereka curahkan. Keren banget!

Baca juga:

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *