Tanggal:21 July 2024

Intip, Cara Memakai Contour untuk pemula!

Merias wajah harus menggunakan teknis yang tepat bukan? Dengan merias wajah wanita lebih percaya diri akan penampilannya. Tetapi, pemakaian contour juga ada teknisnya sendiri, lho! Apa kamu sudah tahu cara pemakaiannya? Sebelum ke cara pemakaian, kamu harus tahu penjelasan detail mengenai contour, simak berikut ini, ya.

Apa Itu Contour

Contour adalah salah satu teknik makeup yang memerlukan permainan warna untuk menciptakan tampilan wajah berbeda. Contour memiliki fungsi untuk menambah dimensi, ilusi, atau bayangan pada wajah sehingga wajah terlihat lebih tirus dan tegas.

Biasanya, ilusi yang dibuat berupa garis rahang agar terlihat lancip, hidung yang sempit dan mancung, atau tulang pipi yang menonjol. Teknik ini bisa dikatakan sebagai teknik makeup yang cukup sulit, lho. Sebab, kamu harus menyesuaikannya dengan wajah dan memetakannya terlebih dahulu agar hasilnya terlihat bagus.

Sering kali, orang-orang keliru dan menganggap bahwa contour dan bronzer merupakan satu produk yang sama. Padahal, kedua produk ini sangat jelas berbeda baik dari segi formula maupun fungsinya. Perbedaan utama antara contour dan bronzer terletak pada fungsinya. 

Contour digunakan untuk menambah dimensi dan bayangan pada wajah, sedangkan bronzer digunakan untuk menambah kehangatan pada wajah. Meski sama-sama bisa berbentuk powder, cream, dan liquid, kedua produk ini memiliki cara yang berbeda untuk menambah kedalaman wajah.

Jika bronzer mampu menciptakan kesan tropis pada wajah, maka contour digunakan untuk menciptakan ilusi garis rahang yang lebih tajam, hidung yang lebih sempit, atau tulang pipi yang lebih menonjol. Ingin coba contour pada wajah agar terlihat lebih tirus atau tegas, tetapi masih bingung memilih jenis contour yang paling cocok untukmu? Simak berikut ini, ya.

Jenis Contour yang Sering Digunakan

Alat makeup yang diperlukan untuk cara memakai contour adalah aplikator dan produk contour. Untuk produk contour sendiri ada empat jenisnya. Masing-masing cocok digunakan untuk jenis kulit tertentu. Jadi, kamu bisa menyesuaikannya dengan kondisi kulit wajah. Diantaranya: 

1. Powder

 

Contour Powder

Jenis contour yang pertama ini adalah powder atau bubuk. Jenis contour powder cocok digunakan untuk kulit yang berminyak. Sebab, bahan bubuk ini bisa menyerap kadar minyak pada wajah sehingga hasil contouring yang dihasilkan tidak mudah retak. Alat yang digunakan untuk mengaplikasikannya, yaitu kuas makeup berbentuk bulat hingga bentuk setengah lingkaran tipis.

Jenis contour powder ini akan lebih terlihat flawless untuk kamu yang memiliki jenis kulit berminyak. Sedangkan untuk kamu yang memiliki jenis kulit kering, penggunaannya cukup tricky atau malah bisa membuat kulitmu terlihat semakin kering.

Untuk memberi kesan tirus, gunakan di area pipi. Tarik garis dari kuping ke arah mulut. Setelah itu, gunakan juga di area pelipis atau dahi dan hidung agar terlihat lebih mancung. Jika kamu memiliki rahang yang besar, kamu bisa memberikan sedikit contour di rahang. Baurkan dengan perlahan sampai hasil yang diinginkan tercapai.

Baca Juga: Cara Menjadi MUA Sukses Bagi Pemula!

2. Liquid

Contour Liquid

Jenis contour ini memiliki daya serap yang tinggi sehingga mudah untuk diaplikasikan. Tampilan yang dihasilkan juga terlihat lebih natural. Kamu bisa menggunakan tangan atau beauty blender untuk mengoleskannya ke bagian yang diinginkan.

3. Cream

Contour Cream

Jenis ini cocok untuk kamu yang berkulit normal atau kering. Untuk pengaplikasiannya kamu membutuhkan beauty blender atau spons basah. Semakin lama digunakan di wajah, dapat membuat garis-garis wajah mudah terlihat. Biasanya contour cream dikemas dalam bentuk palette. Tekstur dari contour cream ini lebih cocok untuk kalian yang memiliki kulit yang kering.

Digunakan setelah kalian menggunakan foundation dan sebelum powder. Contour dalam bentuk cream ini biasanya sedikit sulit untuk digunakan, karena teksturnya yang berbentuk cream padat. Jadi, tidak boleh terlalu lama kamu biarkan di wajah, alias harus cepat dibaurkan supaya tidak meninggalkan garis. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu bisa gunakan sponge makeup sejenis beauty blender. Aplikasikan dengan cara ditepuk-tepuk lembut ke arah luar wajah.

4. Stick

Contour Stick

Contour berbentuk stick ini memang sedang banyak peminatnya karena simpel dan hemat tempat, sehingga lebih mudah dibawa-bawa. Contour stick ini bisa mempermudah kamu para pemula yang ingin menggunakan contour bertekstur cream. 

Dikarenakan bentuknya seperti lipstik, jadi lebih mudah digunakan saat mengaplikasikan, khususnya saat dioleskan ke kulit. Kamu bisa lebih mudah menentukan mana area yang ingin di contour. Sebenarnya, contour stick ini beda tipis dengan cream contour, hanya saja teksturnya lebih padat jadi butuh usaha lebih untuk di blend. 

Cara penggunaannya juga sama seperti cream contour, harus hati-hati saat pengaplikasian jangan sampai terlalu banyak atau tebal. Tapi kalau memang sudah jadi terlalu tebal atau banyak, kamu bisa menimpanya lagi dengan foundation yang tipis.

Stick contour ini diperuntukkan buat kamu yang memiliki jenis kulit berminyak. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa mencampur contour cream atau stick dengan powder. Caranya, gunakan dulu foundation, cream contour, powder dan yang terakhir powder contour.

Baca JugaTeknik dasar merias wajah untuk pemula!

Cara Pemakaian Contour yang Mudah dan Tepat

1. Pilih Aplikator dan Jenis Contour yang Tepat

Aplikator Contour

Cara memakai contour yang pertama adalah dengan memilih aplikator dan jenis contour yang tepat terlebih dahulu. Jika kamu baru pertama kali menggunakan contour, sebaiknya memilih jenis powder supaya lebih mudah mengaplikasikannya.

Karena jenis contour powder ini cocok untuk kulit berminyak, jika kulit kamu termasuk kering atau normal lebih disarankan untuk menggunakan jenis liquid atau cream. Untuk aplikator contour berjenis liquid atau cream, gunakan beauty blender untuk meratakannya di wajah.

Sedangkan untuk aplikator contour powder, pilih brush atau kuas yang bersudut untuk memudahkan saat membaurkan produk contour ke wajah. Tempat pengaplikasian contour akan bervariasi berdasarkan bentuk wajah dan efek apa yang diinginkan. 

Untuk basic contour, kamu harus menemukan produk contour yang memiliki warna setidaknya 2 tingkat lebih gelap dari warna alami kulit. Jika kamu menggunakan contour berbentuk powder, sebaiknya gunakanlah brush bersudut yang memang memiliki fungsi khusus untuk contouring. Untuk cream atau liquid contour, spons yang dibasahi menjadi aplikator terbaik yang bisa kamu gunakan untuk membaurkan produk contour ke wajah.

2. Pilih Warna Contour yang Cocok di Wajah

Untuk cara memakai contour, sebaiknya pilih warna yang setidaknya 1-2 tingkat lebih gelap dari warna alami kulit. Hal ini dilakukan untuk menegaskan garis atau siluet yang dihasilkan nantinya. Jika kamu memilih warna yang senada atau dibawah warna alami kulit, maka hasil contouring tidak akan terlihat.

Dengan begitu, kamu lebih mudah memilih warnanya. Jika warna kulit wajah kamu putih, maka pilih warna cokelat terang atau peach. Jika warna kulit kuning langsat, pilih warna peach atau coral, hingga cokelat terang. Kalau kamu memiliki warna kulit yang cukup gelap, pilih warna undertones, seperti cokelat kemerahan hingga cokelat tua.

3. Petakan Wajah

Cara Petakan Wajah Saat Memamaki Contour (Pexels)

Selesai memilih produk, aplikator, dan warna, tahap selanjutnya adalah memetakan wajah. Pada tahap ini, kamu harus mencari tahu bagian wajah mana yang sekiranya pas untuk dibaurkan contour. Untuk pola yang disarankan, kamu dapat mengaplikasikan contour pada kedua sisi wajah. Bentuklah angka 3 yang membentang dari dahi, tulang pipi, dan garis rahang. Sedangkan untuk bagian hidung, berikan garis pada samping kanan dan kiri hidung, mulai dari ujung pertemuan kedua bola mata hingga ke atas hidung.

4. Aplikasikan Contour

Mengaplikasikan Contour (Pexels)

Setelah berhasil memetakan wajah, maka saatnya untuk mengaplikasikan contour dengan pola angka 3. Dimulai dari dahi, usapkan produk contour menuju ke sepanjang pelipis atau garis rambut, tergantung bentuk wajah kamu. Kemudian sapukan contour menuju titik terakhir, yakni bagian bawah tulang pipi agar wajah terlihat tegas. Terakhir, usapkan contour tepat di sepanjang tepi rahang dengan gerakan maju untuk membentuk garis rahang.

5. Blend Contour di Wajah

Cara Mengaplikasikan Contour (Pexels)

Pada tahap ini, kamu harus menyempurnakannya dengan cara mencampurnya atau blend. Kamu dapat menggunakan spons atau brush untuk memadukan seluruh contour yang sudah dibaurkan agar terlihat mulus pada wajah. Gunakanlah spons jika produk yang kamu pilih berupa cream atau liquid contour. Nah, untuk contour powder, kamu dapat melakukan blend dengan menggunakan brush.

Baca Juga: Rekomendasi primer untuk kulit berminyak!

Itulah cara memakai contour yang mudah agar bisa mengaplikasikannya sendiri. Untuk kamu yang ingin memakai contour dengan baik, sesuaikan dan petakan bentuk wajah kamu, ya. Jika kamu ingin lebih mahir dalam makeup, selain menggunakan contour, kamu bisa ikut kursus Cara Menjadi MUA Sukses Bagi Pemula di Vocasia. Semoga membantu dalam memaksimalkan tampilan makeup, ya!

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *