Tanggal:10 May 2024

7 Teknik Dasar Merias Wajah Untuk Pemula!

Penampilan cantik dan memesona wajah seseorang didukung banyak hal, salah satunya dengan menggunakan rias wajah. Tampilan wajah dengan menggunakan makeup natural sedang banyak diminati oleh banyak perempuan. Banyak yang menggunakan makeup natural sebagai kunci untuk tampilan wajah tetap terlihat cantik dan segar.

Makeup natural ini dianggap sebagai jawaban bagi kaum wanita yang ingin berdandan namun tidak terlalu mencolok, serta tetap menarik dalam setiap kesempatan. Tampilan makeup ini ditandai dengan tidak adanya warna lipstik yang menyala, eyeshadow yang mencolok atau shading yang terlihat berlebihan.

Rutinitas tata rias terbaik membantu wanita modern meningkatkan kepercayaan dirinya dan menghadapi dunia secara langsung sepanjang hari. Perihal riasan, mengaplikasikannya secara terampil dapat membuat semua perbedaan. Menerapkan produk dengan cara yang benar dapat menghasilkan dua hal yakni membantu kamu mendapatkan tampilan kecantikan yang didambakan, dan membantu mendapatkan hasil maksimal dari riasan yang kamu buat.

Hasil Merias Wajah Natural (Pexels)

Apakah alas bedak digunakan sebelum atau sesudah concealer? Haruskah kamu memasang eyeshadow pertama atau terakhir? Faktanya sebenarnya semuanya tergantung pada preferensi pribadi loh!  Namun, tetap ada beberapa tips dari perias wajah profesional!  

Misalnya, merapikan alis sebelum memakai alas bedak, karena itu salah satu langkah terpenting dalam rutinitas penuh. Untuk kamu yang baru pemula melakukan merias wajah, berikut beberapa teknik dasar yang bisa kamu ikuti agar menghasilkan riasan wajah yang spektakuler loh! Simak berikut ini ya!. 

Teknik Dasar Merias Wajah Untuk Pemula

1. Membersihkan Wajah

Teknik Membersihkan Wajah Sebelum Merias Wajah (Pexels)

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum menggunakan makeup adalah memastikan wajah kamu bebas debu dan kotoran serta sisa sel kulit mati yang masih menempel. Untuk melakukannya, pertama-tama, bersihkan wajah menggunakan first cleanser, seperti micellar water, milk cleanser, atau oil cleanser.

Selanjutnya, untuk mengangkat sisa kotoran dan residu dari first cleanser yang masih menempel, lanjut bersihkan kulit wajah dengan menggunakan facial wash. Setelah bersih, keringkan kulit wajah dengan menggunakan handuk khusus atau dengan tisu, lalu gunakan toner untuk mengembalikan kesegaran kulit.

Pastikan kamu memilih first cleanser, toner, dan face wash yang sesuai dengan jenis kulit, ya! Atau simplenya, kamu bisa hanya basuh wajah menggunakan air bersih dan gunakan facial foam. Bagi remaja, disarankan memilih facial foam dengan bahan yang lembut tanpa kandungan scrub. Pastikan tidak menggosok wajah terlalu keras. Cukup usap lembut selama kurang lebih 3 menit, dan bilas. Jangan lupa keringkan wajah menggunakan kain atau handuk lembut, dengan cara ditepuk-tepuk.

Baca JugaTips Makeup Tahan Lama!

2. Gunakan Moisturizer atau Pelembab

Teknik Menggunakan Pelembab Sebelum Merias Wajah

Agar kulit tetap terhidrasi, tetap lembab, dan sehat, kamu juga harus mengaplikasikan pelembab di kulit wajah. Pelembab berfungsi menghidrasi dan merangsang produksi minyak alami kulit, yang membuatnya terhindar dari kekeringan dan dehidrasi. Penggunaan pelembab yang tepat akan membuat kulit menjadi kenyal dan segar.

Pakailah pelembab sesaat setelah menggunakan toner. Aplikasikan secukupnya, jangan terlalu banyak supaya tidak menimbulkan minyak berlebih. Tunggu beberapa menit hingga pelembab meresap ke dalam pori-pori kulit sebelum mengaplikasikan foundation.

Jika tipe kulit kamu berminyak, pilihlah moisturizer dengan formula yang ringan. Tapi jika kulit kamu kering, moisturizer sebaiknya menjadi item yang tak boleh dilewatkan. Selain melembabkan, moisturizer juga bisa menutrisi wajah sehingga terhindar dari berbagai masalah seperti iritasi dan jerawat.

3. Aplikasikan Foundation 

Teknik Mengaplikasikan Foundation Sebelum Merias Wajah

Setelah pelembab meresap dengan baik ke dalam pori-pori kulit, kamu bisa mulai menggunakan foundation untuk membuat riasan wajah dapat bertahan lama sekaligus untuk menutupi noda-noda wajah. Agar kesan makeup natural terlihat, pilihlah foundation sesuai warna kulit. 

Memilih foundation dengan warna lebih terang akan membuat wajah terkesan lebih tua. Jika ingin menutupi bekas jerawat, lingkaran hitam di bawah mata, dan kemerahan, jangan lupa memakai concealer setelah mengaplikasikan foundation. Kamu dapat mengaplikasikan dengan menggunakan jari tangan atau spons wajah.

Baca JugaCara Menjadi MUA Sukses Bagi Pemula!

4. Aplikasikan Concealer Pada Wajah

Teknik Mengaplikasikan Concealer Sebelum Merias Wajah

Cara merias wajah agar tahan lama yaitu dengan menambahkan concealer. Beberapa orang terkadang bingung membedakan antara foundation dan concealer. Keduanya berfungsi sama untuk menutupi kekurangan wajah, tapi concealer ini tidak diaplikasikan ke seluruh wajah. 

Hanya bagian tertentu saja, seperti menutupi mata panda yang kurang tersamarkan jika hanya pakai foundation. Oleskan secukupnya saja di bagian bawah mata secara merata. Usahakan kamu memilih concealer yang memiliki satu warna lebih terang dari warna kulitmu. Kamu dapat mengaplikasikan dengan menggunakan kuas atau spons, terus baurkan hingga tersamar sempurna.

5. Menggunakan Bedak Sesuai Jenis Kulit

Teknik Menggunakan Bedak Sebelum Merias Wajah

Apabila kulit kamu cenderung berminyak, gunakan bedak tabur yang dapat menempel lebih baik dan mengikat minyak berlebih. Bedak tabur juga cocok digunakan wajah berjerawat dan berkomedo. Bagi kamu yang memiliki jenis kulit normal atau kering, bedak padat lebih cocok diaplikasikan untuk memastikan makeup lebih awet menempel. 

6. Aplikasikan Eyeshadow 

Teknik Mengaplikasikan Eyeshadow Sebelum Merias Wajah

Pilihlah eyeshadow yang memiliki warna netral agar Ladies lebih leluasa tetapi aman saat bermain warna. Memilih eyeshadow dengan warna dominan coklat atau beige bisa membuat wajah terkesan natural. Untuk hasil riasan yang lebih cantik, aplikasikan eyeshadow dengan teknik gradasi agar warna pada kelopak mata terkesan lebih alami. Kamu juga bisa bermain-main dengan eyeshadow dengan warna lebih cerah seperti pink atau ungu, asal jangan oleskan terlalu tebal supaya tidak tampak menor.

Baca JugaCara Membuat Alis Natural!

7. Gunakan Lipstik

Teknik Menggunakan Lipstik Sebelum Merias Wajah

Cara merias yang terakhir adalah menggunakan lipstik. Langkah yang paling menentukan riasan akan sukses atau tidak, loh! Pasalnya, lebih dari 80% wanita di dunia merasa lebih menarik dan percaya diri setelah menggunakan lipstik. Bahkan, 90% diantaranya menggunakan lipstik setiap hari.

Pilih lipstik sesuai tema riasan atau acara kamu pastinya! Pilih lipstik yang berkualitas supaya semakin menarik untuk dilihat dan tahan lama. Ingin make up lebih natural? Pakai lipstik berwarna nude pastinya! Warna yang seimbang, tidak terlalu pucat atau terlalu menor. 

Apabila kamu memiliki kulit putih, lipstik berwarna nude brown bisa dijadikan pilihan sempurna. Namun, untuk kamu yang berkulit lebih gelap, lipstik nude pink atau nude peach bisa dipilih untuk memberikan kesan lebih fresh.

Sebelum mengaplikasikannya,  sebaiknya kamu menggunakan lip balm agar bibir tidak pecah-pecah dan menjadi kering dari bahan kimia yang terkandung pada lipstik. Kamu dapat mengaplikasikan lipstik dengan menggunakan kuas dimulai dari bagian tengah bibir, hingga bagian luar bibir.

Nah, itulah penjelasan mengenai merias wajah yang bisa kamu ketahui! Untuk kamu yang baru pemula merias wajah, sudah mengetahui teknik dasar yang bisa kamu gunakan agar menghasilkan makeup yang semaksimal mungkin dan natural pastinya! Ingin belajar bagaimana teknik dalam merias wajah? bisa banget nih ikuti kursus online ” Kupas Tuntas Teknik Dasar Merias Wajah” di Vocasia yang bisa diikuti! Terus belajar agar hasil yang kamu kerjakan sangat baik.

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *