Tanggal:08 September 2024
whatsapp business

Membuat Akun Whatsapp Bisnis dengan Mudah dan Cepat

Di era yang serba digital ini, berbisnis menjadi hal yang cukup mudah. Bagaimana tidak, saat ini kegiatan jual beli bisa dilakukan tanpa perlu bertatap muka secara langsung. Penjual dan pembeli dapat dengan mudah melakukan proses jual beli dan negosiasi hanya melalui media sosial. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk berbisnis adalah Whatsapp. Aplikasi tersebut cukup efektif untuk kegiatan jual beli karena 84% penggunanya adalah orang dewasa. 

Baca Juga | Mengenal Komunikasi Bisnis

Dalam rangka mempermudah para pebisnis online, Whatsapp memunculkan fitur bernama Whatsapp Bisnis. Fitur ini pertama kali dimunculkan pada September 2017 lalu. Dari segi penggunaan dan fitur, Akun Whatsapp Bisnis dan reguler cukup berbeda. Terdapat beberapa fitur yang ada di Whatsapp Bisnis, namun tidak terdapat di Whatsapp reguler. 

Baca Juga | Berikut Seputar Komunikasi Publik Yang Perlu Kamu Ketahui!

Akun Whatsapp Bisnis dibuat untuk mendukung jalannya proses bisnis melalui media sosial Whatsapp. Oleh karena itu, munculnya Whatsapp Bisnis memudahkan dan menguntungkan para pelaku bisnis. Akun ini dapat digunakan sebagai pemisah antara obrolan pribadi dan yang berkaitan dengan bisnis. Fokus dari tiap obrolan di tiap akun tidak akan bercampur. 

Baca Juga | Definisi Partnership Beserta Cara Kerjanya

Dalam pembuatan akun, kamu bisa menggunakan satu nomor untuk kedua jenis Whatsapp. Namun, untuk menghindari risiko-risiko yang akan terjadi dan berdampak besar, lebih baik menggunakan nomor yang berbeda. Meskipun menguntungkan dan mempermudah, fitur ini masih jarang digunakan dan sepi peminat.

Baca Juga | Cara Menggunakan Whatsapp Business

Cara Membuat Akun Whatsapp Bisnis

Jika ingin memiliki akun bisnis, kamu harus membuat akun Whatsapp Bisnis terlebih dahulu. Cara membuat akun bisnis sangatlah mudah, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Unduh aplikasi Whatsapp Bisnis melalui Play Store untuk pengguna Android,  atau App Store untuk pengguna iOs
  2. Cantumkan nomor telepon aktif yang akan kamu gunakan
  3. Tekan daftar
  4. Tunggu kode Verifikasi dikirimkan ke nomor yang sudah kamu cantumkan, melalui SMS atau telepon.
  5. Verifikasi akun kamu menggunakan kode yang telah dikirimkan dengan menekan tombol ‘next’
  6. Setelah terverifikasi, lengkapi profil dengan mencantumkan data-data bisnis milikmu. Kamu bisa mencantumkan nama bisnis, alamat, deskripsi toko, kontak, dan alamat website.
  7. Setelah terisi dengan benar, tekan tombol ‘save’ untuk menyimpan semua data
  8. Akun Whatsapp milikmu sudah siap digunakan.

Setelah akun bisnismu berhasil dibuat, kamu bisa mengatur fitur-fitur yang ada di dalamnya. Kamu bisa menyisipkan gambar-gambar atau katalog dari produk yang kamu jual untuk ditampilkan pada pelanggan. Selain itu, fitur jawab otomatis juga tersedia dan dapat diatur kecepatan dan jenis respon sesuai yang kamu inginkan.

Baca Juga : Pengertian dan Manfaat Social Media Marketing Untuk Bisnis

Fitur-fitur Whatsapp Bisnis

Selain katalog produk dan menjawab pesan secara otomatis, Whatsapp Bisnis dilengkapi fitur canggih lainnya. Mari simak fitur canggih akun Bisnis dan kegunaannya di bawah ini.

Baca Juga | Berikut Cara Meningkatkan Omzet Penjualan

  • Pesan salam otomatis (Auto Greeting)

Fitur pesan salam otomatis merupakan fitur menjawab pesan pelanggan secara cepat. Respon dari tiap pesan yang masuk, dapat diisi dengan respon cepat yang berbeda-beda. Kamu bisa menyisipkan informasi stok produk, tata cara pemesanan, dan aturan-aturan yang ada di tokomu. Kamu juga bisa mengisi pesan otomatis dengan kalimat-kalimat pembuka seperti sapaan dan menawarkan bantuan. Dengan demikian, pelanggan tidak akan merasa diabaikan terlalu lama. Auto Greeting ini sangat berguna ketika kamu tidak bisa membalas pesan pelanggan dengan segera. 

Baca Juga | 8 Cara Menawarkan Produk Untuk Membuat Konsumen Tertarik

  • Waktu balas pesan otomatis 

Kebanyakan para pelaku bisnis menetapkan jam kerja untuk bisnis miliknya. Namun, biasanya ada beberapa pelanggan yang menghubungi di luar jam kerja. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengatur Auto Reply Scheduler sesuai jam kerja tokomu. Dengan demikian, pelanggan akan mengerti bahwa ia tidak diabaikan dan tetap akan dilayani sesuai jam kerja.

Baca Juga | Apa Itu Komunikasi Pemasaran? Pengertian, Tujuan Dan Manfaatnya

  • Pesan siaran (Broadcast Message)

Fitur pesan siaran juga terdapat di akun Whatsapp Reguler. Dengan pesan siaran, kamu bisa mengirim pesan kepada seluruh pelanggan dalam jumlah yang banyak secara cepat dan bersamaan. Dengan demikian, promo-promo yang sedang berlangsung akan tersampaikan secara menyeluruh dengan cara yang sangat mudah. 

Baca Juga | Strategi Pemasaran Produk Makanan Agar Dilirik Oleh Konsumen

  • Quick replies

Melalui Quick Replies, kamu tidak perlu repot memberikan jawaban sama pada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan pelanggan. Biasanya pertanyaan mengenai estimasi waktu, produk paling banyak diminati, panjang dan lebar ukiran produk, sangat sering ditanyakan. Kamu hanya perlu mengatur jawaban-jawaban atas pertanyaan tersebut di fitur Quick Replies. 

Baca Juga | Apa Itu Marketplace? Berikut Penjelasan Dan Contohnya

  • Membuat Label chat

Label chat adalah fitur yang sangat memudahkan penjual dalam pengklasifikasian data. Terkadang banyaknya pesan yang menumpuk, menyulitkan pendataan pelanggan mana yang sudah melakukan pembayaran dan belum. Dengan fitur ini, kamu bisa menandai tiap pesan menggunakan warna berbeda sesuai kategori yang kamu tetapkan. 

Baca Juga | Manajemen Keuangan : Pengertian, Fungsi, Dan Tips Mengelola

  • Statistik interaksi

Dalam akun bisnis, kamu bisa mengetahui rekapan aktivitas interaksi dengan mudah. Fitur ini memuat data statistik dalam berupa pesan terkirim, sudah dibaca, dan belum dibaca dalam kurun waktu tertentu. Data ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi bisnismu agar semakin maju dengan belajar dari kesalahan.

Baca Juga | Pengertian Linktree Dan Cara Membuatnya

Kini kamu sudah mengetahui cara mengubah Whatsapp menjadi akun bisnis dengan mudah dan cepat. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur yang tersedia secara maksimal agar bisnismu semakin maju. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti kursus “Memulai Bisnis dengan Menerapkan Strategi Pemasaran Melalui digital Marketing” di Vocasia agar semakin sukses berbisnis di platform digital.

Baca Juga | Mengelola Bisnis Digital Marketing dengan Facebook Business Manager

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan
Kursus belajar pemograman dengan nuxt js

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *