Tanggal:01 December 2023

Pengertian Sosial Media Marketing Beserta 5 Manfaatnya

Ilustrasi Sosial Media Marketing (Pexels.com/Tracy Le Blanc)

Baca Juga | Apa Itu SEM?

SMM atau Social Media Marketing adalah metode yang melibatkan konten sebagai bentuk pemasaran internet pada media sosial untuk mencapai tujan pemasaran dan memaksimalkan website. Pemasaran media sosial ini bisa berupa postingan teks, gambar, video, dll yang mendorong audiens, serta iklan berbayar. Cara kerja Sosial Media Marketing lebih mengarah pada pemanfaat sosial media untuk membangun bisnis serta mencari target bisnis Anda.

Biasanya pemilik bisnis menggunakan media sosial untuk meningkatkan pengunjung website bisnis. Selain itu, media sosial digunakan untuk merepresentasikan perusahaan pemilik website karna media sosial dapat menjangkau audiens lebih banyak. Media sosial yang biasanya lebih banyak digunakan masyarakat untuk bisnis seperti aplikasi whatsapp dan Line sebagai media chatting. Sedangkan sosial media berupa gambar atau video yaitu aplikasi Instagram, Tik – Tok dan pinterest.

Baca Juga | 7 Cara Promosi Makanan Lewat Instagram, Maksimalkan Berbagai Peluang!

SMM melibatkan iklan berbayar melalui sosial media misalnya, iklan di Instagram dan facebook. Metode ini dapat memperluas jangkauan konsumen.

Manfaatkan media sosial milikmu.

Manfaatkan media sosial milikmu. Sumber: Pixabay

Baca Juga | Yuk Simak Apa itu Marketing Beserta Jenis-Jenisnya!

Manfaat SMM untuk bisnis, yaitu:

1. Memperluas Jangkauan Pasar

Hampir semua orang menggunakan sosial media, melalui sosial media Anda dapat menemukan konsumen baru, selain itu sosial media juga dapat membantu Anda memperluas jangkauan pasar.

Baca Juga |7 Cara Memulai Bisnis Properti, Modal Bukan Masalah Besar!

2. Mempermudah Berinteraksi dengan Konsumen

Manfaat menggunakan sosial media marketing adalah memudahkan penjual melakukan interaksi dengan calon pembeli secara media sosial lebih mudah dalam pengoperasiannya. Selain itu, penjual juga akan lebih cepat dan mudah merespon melalui sosial media dibandingkan dengan website.

Baca Juga | Apa bedanya Komunikasi Interpersonal dan Intrapersonal?

3. Membuat Pengunjung Website Meningkat

Dalam dunia bisnis setiap pemilik bisnis harus mempunyai website. Karna website adalah sebuah representasi bisnis Anda. Semakin banyak pengunjung yang mengunjungi website Anda maka peluang pendapatan akan semakin meningkat. Anda bisa menggunakan sosial media, dengan melakukan promosi iklan dan menuntun pengguna media sosial membuka website Anda.

Baca Juga | Punya Bisnis Jasa Pembuatan Website? Lakukan Promosi dengan Menerapkan 3 Tips Ini!

Maka buatlah desain yang menarik di website Anda berikan informasi – informasi yang membuat pengunjung tertarik menjadi konsumen Anda. Jika mereka tertarik, memungkinkan mereka akan melakukan share ke berbagai orang – orang terdekatnya. Hal ini dapat memberikan hal positif untuk kemajuan website Anda.

4. Memberikan Feedback

Baca Juga | Simak Pengertian Afiliasi Pemasaran dan Bagaimana Cara Kerjanya Untuk Menghasilkan Uang

Ketika Anda menggunakan media sosial untuk bisnis online Anda pastinya Anda akan merasakan timbal balik atau feedback yang Anda dapat. Feedback ini bisa berupa negative dan positif. Tentunya ini berasal dari sudut pandang dari konsumen Anda. feedback yang diberikan konsumen bisa berupa kritik dan saran dari yang mereka rasakan selama menjadi customers Anda pastinya ini bisa menjadi informasi penting untuk meninjau produk Anda dan dapat membantu meningkatkan kualitas bisnis serta melakukan improvisasi terhadap layanan.

5. Customer Service

Baca Juga | Pengertian Turbo Marketing Beserta Pengaruh untuk Konsumen

Dengan menyediakan layanan customer service Anda dapat mengetahui respon dari pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan secara online. Hal ini berguna untuk perkembangan bisnis yang Anda jalanin sehingga dapat meningkatkan kualitas dan mencegah adanya komentar negative yang dapat merusak reputasi bisnis Anda.

6. Biaya

Metode Sosial Media Marketing tidak membutuhkan banyak biaya, hal ini dikarenakan proses pengiklanan di media sosial dilakukan secara mandiri. Namun, ada beberapa pemilik website melakukan iklan kepada pemilik media sosial agar bisa menjangkau lebih banyak audien, maka akan ada biaya tambahannya.

Kelebihan Metode SMM

Dalam melakukan bisnis metode SMM memiliki kelebihan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Harga relative lebih murah
  • Iklan berbayar yang lebih fleksibel
  • Sebagai media penghubung konsumen

Baca Juga | Yuk Ketahui Apa Sih Perbedaan Antara SEO dan SMM

Nah, itu semua adalah penjelasan beserta manfaat dari social media marketing? Gimana untuk menggunakan Teknik SMM? Semoga bermanfaat yah..

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *