Tanggal:29 February 2024

Resep Cuko Pempek dan Cara Membuatnya, Rasa Autentik!

Kamu suka makan pempek? Tentu sudah mengenal cuko atau kuah pempek, bukan? Cuko pempek memiliki cita rasa yang sangat khas. Begitu lekat dengan penggemar makanan pempek tentunya. Namun, tahukah kamu cara membuat cuko pempek bagaimana? Cara membuat cuko terbilang tidak rumit, loh. Bahan-bahannya bisa kamu jumpai di rumah.

Cuko menjadi komponen wajib yang harus bersanding dengan pempek. Rasanya tak lengkap makan pempek tanpa kuah cuko. Sensasi kuah cuko yang bercita rasa asam semakin menggugah selera makan. Kuah cuko yang khas bersatu-padu dengan gurihnya pempek. Sungguh rasa yang autentik! Kamu bisa mulai pembuatan kuah cuko dengan mempersiapkan bahan awalnya, ya. Yuk, simak langsung cara membuat cuko pempek berikut.

Baca Juga:

Bahan-bahan Cuko Pempek :

Bahan cuko pempek terdiri dari beberapa jenis pembeda. Berikut di antaranya:

Bahan A

  • 1 kg gula merah
  • 1300 ml air
  • 20 gram asam jawa

Bahan B

  • 2 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan garam halus
  • 6 sendok makan kecap asin

Bahan C (Dihaluskan)

  • 100 gram cabai rawit
  • 100 gram bawang putih

Baca Juga:

Cara Membuat Cuko Pempek :

1. Panaskan Bahan A

Kamu bisa memasukkan seluruh bahan A ke dalam wadah. Bahan A terdiri dari gula merah, air, asam jawa. Campur semua bahan menjadi satu kemudian panaskan. Aduk hingga bahan tercampur dengan rata. Pastikan seluruh bahan tercampur dan panas merata, ya.

2. Tambahkan Bahan B

Setelah bahan A dirasa cukup panas, kamu bisa lanjutkan dengan memasukkan seluruh bahan B. Bahan B terdiri dari gula pasir, garam halus, dan kecap asin. Kecap asin menjadi komponen utama pembuatan cuko pempek. Pastikan seluruh bahan A dan B tercampur hingga rata. Setelah panas, kamu bisa menyaring hasilnya. Perlu dilakukan penyaringan supaya hasil kuah cukonya jernih tanpa ampas.

3. Masukkan Bahan C

Campurkan bahan A dan B yang telah kamu saring dengan bahan C. Bahan C menjadi komponen bahan terakhir. Komponen bahan ini terdiri dari cabai rawit dan bawang putih saja. Panaskan seluruh bahan hingga mendidih. Kamu hanya perlu waktu kurang lebih 30 menit untuk memanaskannya. Jangan lupa aduk rata seluruh bahan yang sudah tercampur. Setelah mendidih, sajikan kuah cuko bersama kenikmatan gurihnya pempek.

Baca Juga : 

Nah, itu dia cara membuat cuko pempek. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah pastinya. Terlebih lagi bahan-bahannya begitu sederhana. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa bahan saja. Tak perlu waktu lama untuk membuat cuko. Cita rasa asam siap menggoyangkan lidah kamu.

Kamu juga bisa menyimpan kuah cuko di dalam kulkas. Semakin lama kuah cuko ditaruh dalam kulkas, maka rasanya semakin lezat. Kamu bisa menikmatinya kapan saja. Penambahan komponen lain juga tak kalah enaknya. Perpaduan udang ebi halus dan mentimun menjadi pilihan yang tepat untuk kamu. Berbagai komponen bisa kamu padu-padankan menjadi satu. Rasanya tentu saja semakin khas dan menggugah selera makan. Selamat mencoba!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *