Tanggal:04 May 2024

Sudah Tahu? Berikut 15 Cara Memutihkan Ketiak

Tidak sedikit orang yang merasa kurang percaya diri karena ketiak yang terlihat hitam dan kusam. Meskipun kondisi ini bukanlah sesuatu yang berbahaya, banyak orang di luar sana yang merasa perlu memutihkan ketiak demi meningkatkan kepercayaan diri dan mempercantik diri. Cara yang ditempuh untuk memutihkan ketiak sendiri cukup beragam, baik secara alami maupun dengan menggunakan obat-obatan. Untuk membantu kamu yang ingin mencerahkan ketiak, berikut adalah beberapa cara memutihkan ketiak hitam yang bisa kamu coba.

1. Menempelkan Irisan Timun

Selain mentimun sering digunakan sebagai suplemen dan pelengkap dalam makanan, ternyata mentimun juga bisa digunakan untuk mencerahkan kulit ketiak loh! Mentimun mengandung antioksidan yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan memicu pembentukan sel kulit baru.

Kamu bisa menggunakan mentimun dengan cara mengirisnya tipis-tipis atau menggilingnya untuk dijadikan jus. Oleskan irisan atau jus mentimun ke ketiak dan biarkan mengering selama kurang lebih 60 menit, lalu cuci ketiak dengan air bersih. Untuk hasil yang lebih baik, gunakan campuran lemon.

2. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan vitamin E alami dan mampu membantu menjaga kesehatan kulit. Minyak ini dapat menjaga kelembapan kulit dan membantu mengangkat sel kulit mati serta mempercepat proses pembaharuan kulit. Menggunakan minyak zaitun untuk mencerahkan ketiak kamu sangatlah sederhana. Hal yang harus kamu lakukan adalah mengoleskan minyak zaitun ke ketiak dan biarkan selama 15 menit. Lalu bilas sampai bersih. Ulangi langkah ini setiap hari setelah mandi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Menggunakan Bengkuang

Buah khas Indonesia ini sudah terbukti ampuh mencerahkan kulit tubuh dan wajah. Berbagai produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak bengkuang sudah banyak tersedia di pasaran, namun ada baiknya jika kamu mencoba menggunakan bengkuang asli untuk kulitmu.

Bengkuang Untuk Mencerahkan Ketiak (sumber:canva.com)

Bengkuang mengandung zat dan vitamin yang terbukti dapat mencerahkan kulit, termasuk kulit ketiak. Cara menggunakan bengkoang untuk mencerahkan kulit ketiak yaitu:

  • Ambil 1 buah bengkuang, kupas kulitnya.
  • Parutlah bengkuang sampai halus.
  • Oleskan ke kulit ketiak yang hitam.
  • Biarkan selama 15 menit, cuci setelah bengkuang kering dan bilas sampai bersih.
  • Ulangi langkah ini secara teratur setiap selesai mandi untuk hasil terbaik.

4. Menggunakan Buah Jeruk

Kulit jeruk dapat digunakan sebagai exfoliant untuk mengangkat sel kulit mati dari ketiakmu. Hal ini dikarenakan butiran pada kulit jeruk cukup kasar dan mengandung asam yang cukup tinggi sehingga mudah dikupas. Cara untuk melakukan scrub pada kulit ketiak dengan kulit jeruk yaitu:

  • Ambil 1 buah jeruk dan buang kulitnya dari ampasnya.
  • Jemur kulit jeruk langsung di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering.
  • Haluskan kulit jeruk dengan blender atau food processor lainnya. 
  • Tambahkan sedikit air atau susu murni agar kulit jeruk sedikit lembab dan sedikit lengket.
  • Gosokkan ke ketiak hitam kurang lebih 10 menit sampai kulit mati terangkat.
  • Bilas dengan air dingin.

5. Menggunakan Baking Soda

Cara memutihkan ketiak hitam selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Meski tidak memberikan efek mencerahkan, bahan ini bisa membantu mengangkat sel kulit mati. Selain itu, baking soda memang dapat melegakan ketiak, tetapi kamu tetap perlu berhati-hati saat menggunakan baking soda karena baking soda bersifat abrasif dan bahan ini tidak boleh digunakan pada kulit sensitif. Berikut adalah cara mencerahkan kulit ketiak dengan baking soda.

  • Campurkan 2 sendok makan baking soda dengan 1 sendok makan air atau sesuaikan takaran air hingga adonan membentuk pasta.
  • Oleskan campuran tersebut ke ketiak dan pijat selama beberapa waktu. Biarkan selama 25-30 menit.
  • Bilas dengan air hangat. Kamu bisa melakukan hal ini 2 kali seminggu.

6. Menggunakan Lemon

Lemon adalah buah yang telah banyak diteliti dan terbukti membantu mencerahkan kulit ketiak secara alami karena buah yang satu ini mengandung vitamin C yang dapat mencerahkan kulit ketiak. Selain itu, kandungan asam yang ada di dalam buah ini dapat melawan bakteri penyebab menumpuknya sel kulit mati. Penggunaannya sendiri tergolong cukup mudah, yaitu:

Memutihkan Ketiak Dengan Lemon (sumber: canva.com)

  • Ambil 1 buah jeruk nipis dan cuci bersih.
  • Potong buah menjadi irisan setebal 5 mm. Gosok irisan lemon tersebut pada ketiak hitam selama 3-5 menit
  • Setelah selesai, bilas dengan air bersih.
  • Lakukan cara ini secara rutin setiap 2 hari sekali untuk mendapatkan kulit ketiak yang putih dan bersih.

7. Menggunakan Pasta Gigi

Cara mencerahkan ketiak hitam selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan pasta gigi. Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan gigi, pasta gigi juga dapat digunakan untuk memutihkan ketiak yang gelap. Cara memutihkan ketiak dengan pasta gigi juga sangat sederhana dan praktis. Oleskan pasta gigi ke ketiak yang gelap. Kemudian gosok perlahan selama 5 menit hingga pasta gigi mengering. Bilas bersih dengan air hangat. Kamu bisa melakukan cara ini minimal 2 kali sehari untuk memperoleh hasil terbaik.

8. Menggunakan Jeruk Nipis

Selain lemon, jeruk nipis juga dianggap sebagai obat yang efektif untuk merawat kulit ketiak yang menghitam. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua ketiak hitam bisa diatasi dengan jeruk nipis. Ketiak hitam dengan kondisi medis tertentu tidak bisa diobati dengan jeruk nipis, seperti karena diabetes, obesitas, iritasi atau infeksi tertentu.

Baca juga: Kenali Efek Samping dan Bahaya Suntik Putih!

Memutihkan ketiak dengan jeruk nipis cukup dilakukan dengan memotong jeruk nipis menjadi beberapa bagian. Peras lalu oleskan airnya ke ketiak yang hitam. Biarkan selama 10 menit dan cuci dengan air. Jangan lupa untuk memakai pelembab sesudahnya agar kulitmu tidak kering.

9. Menggunakan Tea Tree Oil

Cara memutihkan ketiak hitam yang selanjutnya adalah dengan menggunakan tea tree oil. Untuk menggunakan cara ini, yang harus kamu lakukan adalah mencampur beberapa tetes tea tree oil dengan air. Kemudian oleskan pada permukaan kulit yang hitam.

Jika cara ini tidak efektif atau menyebabkan iritasi dan reaksi alergi seperti alergi, kemerahan dan bengkak, segera cari pertolongan medis untuk penanganan yang tepat.

10. Menggunakan Kunyit

Kunyit adalah salah satu jenis rempah yang biasa digunakan untuk keperluan kesehatan dan kecantikan, tak terkecuali memutihkan ketiak yang gelap. Kunyit juga memiliki sifat antibakteri yang dapat menghilangkan bau ketiak.

Baca juga: Cara Merawat Ketiak Agar Tidak Bau

Caranya sangat sederhana, campurkan kunyit dengan 2 sendok makan air perasan lemon segar. Campur hingga menjadi pasta, oleskan secara merata pada ketiak. Biarkan selama 30 menit lalu terakhir bersihkan dengan air hangat.

11. Menggunakan Kentang

Jenis umbi-umbian satu ini bermanfaat sebagai pemutih alami untuk ketiak yang gelap. Selain itu, sifat anti-inflamasi di dalam kentang juga mampu mengurangi rasa gatal akibat mencukur.

Untuk memutihkan ketiak dengan kentang, kamu cukup memarut kentang dan peras air yang keluar dari kentang tersebut. Kemudian, oleskan air kentang tersebut pada area ketiak. Setelah 10 menit bilas menggunakan air dingin.

12. Menggunakan Cuka Apel

Cuka sari apel mengandung asam ringan yang dapat digunakan untuk mengangkat sel kulit mati. Kamu dapat menggunakan cara memutihkan ketiak hitam dengan cuka sari apel tiga kali sehari untuk memperoleh hasil terbaik. Caranya adalah dengan mencampurkan 2 sendok makan cuka sari apel dan baking soda menjadi satu. Kemudian oleskan pada ketiak dan biarkan selama 10 menit hingga mengering, setelahnya cuci dengan air dingin.

13. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah Buaya Untuk Mencerahkan Ketiak (sumber: canva.com)

Lidah buaya dapat mencegah pembentukan enzim yang menyebabkan pigmentasi kulit. Dengan ini, tidak mengherankan jika lidah buaya cukup ampuh membantu meringankan ketiak gelap. Selain itu, lidah buaya juga mengandung zat antibakteri dan dapat menenangkan kulit jika terjadi iritasi. Yang perlu kamu lakukan adalah mengoleskan lidah buaya ke ketiak, lalu biarkan selama 15 menit. Jangan lupa untuk mencucinya dengan air dingin setelahnya.

14. Air Mawar

Selanjutnya kami akan menjelaskan cara menggunakan air mawar untuk mencerahkan, melembutkan, dan melembabkan kulit ketiak yang gelap. Semua bahan ini diperlukan untuk mencerahkan ketiak yang gelap. Caranya sangat sederhana, cukup basahi ketiak dengan air mawar. Setelah itu diamkan selama 5-7 menit lalu bersihkan dengan air dingin.

Baca juga: Cara Contouring Wajah Bulat Agar Terlihat Tirus

15. Menggunakan Minyak Kelapa

Selain minyak zaitun, minyak kelapa juga bisa mencerahkan ketiak yang gelap. Cara menggunakannya, oleskan beberapa tetes minyak kelapa pada ketiak dan gosok dengan perlahan. Setelah 15 menit, cuci dengan air hangat dan sabun. Gunakan cara ini dua atau tiga kali sehari.

Nah, itulah dia cara memutihkan ketiak secara alami yang bisa kamu coba. Selain menjaga agar ketiak tetap putih, mempercantik diri juga merupakan salah satu cara menyayangi diri sendiri loh! Untuk kamu yang ingin belajar basic make up dari ahlinya, bisa banget mengikuti kursus yang satu ini ya!

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *