Tanggal:04 May 2024

Bingung? Berikut 10 Obat Ambeien Alami

Ambeien merupakan salah satu penyakit yang banyak di derita oleh masyarakat, tak peduli dewasa maupun anak-anak. Ambeien atau sering disebut juga dengan wasir adalah peradangan atau pembengkakan yang terjadi di area sekitar anus. Pembengkakan ini mengakibatkan meningkatnya tekanan di bagian bahwa rektum dan anus sehingga seringkali menimbulkan rasa sakit ketika buang air atau duduk. Beberapa faktor yang bisa meningkatkan tekanan tersebut adalah BAB keras, diare, obesitas, hamil, dan kekurangan serat. Untuk kamu yang memiliki ambeien atau kerabat dekat yang menderita penyakit ini, berikut adalah 10 obat ambeien alami yang bisa kamu coba.

1. Lidah Buaya

Lidah Buaya untuk Meringankan Ambeien (sumber: canva.com)

Aloe Vera adalah tanaman dengan banyak manfaat kesehatan dan termasuk sebagai pengobatan alami untuk wasir. Lidah buaya mampu mengurangi peradangan pada wasir dan menghilangkan rasa sakit atau gatal akibat wasir pada anus. Lidah buaya juga dapat membantu menyembuhkan wasir yang terluka.

Jika kamu ingin menggunakan lidah buaya sebagai obat, kamu bisa menggunakan krim atau gel yang mengandung ekstrak lidah buaya, atau mengoleskan lidah buaya yang sudah dihaluskan langsung ke area anus yang mengalami pembengkakan akibat wasir. Lakukan 2-3 kali sehari sampai gejala wasir mereda. Meski belum ada cukup bukti klinis tentang keefektifan lidah buaya untuk wasir, penggunaan obat alami ini cukup aman.

2. Kompres dengan Es Batu

Es batu merupakan salah satu alternatif alami yang sangat efektif untuk mengobati wasir. Karena es batu juga bisa mengurangi pembengkakan dan menghilangkan rasa sakit akibat efek mati rasa dari hawa dingin yang diberikannya. Cara untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan wasir adalah mengompresnya dengan es batu. Kamu bisa membungkus es batu dengan kain bersih, lalu tekan bagian anus yang nyeri selama 15 menit.

3. Berendam di Air Hangat

Merendam area anus dengan air hangat dapat membantu meredakan berbagai ketidaknyamanan akibat wasir, seperti gatal, iritasi, dan nyeri pada anus. Cara ini cukup mudah diterapkan, kamu cukup duduk di bak mandi berisi air panas lalu mandi selama 20 menit. Kemudian dengan lembut keringkan area anus dengan handuk bersih. Lakukan cara ini 2-3 kali sehari.

4. Witch Hazel

Jenis tumbuhan lain yang juga dikatakan dapat melawan wasir adalah witch hazel. Tanaman ini dapat meredakan gatal, perih, dan nyeri akibat wasir. Witch hazel diketahui mengandung tanin dan minyak alami yang dapat membantu mengurangi peradangan, iritasi, dan pembengkakan anus akibat wasir. Pengobatan ambeien alami dengan tanaman ini biasanya berupa krim atau lotion yang mengandung ekstrak witch hazel.

5. Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak Kelapa Untuk Mengobati Wasir (sumber: canva.com)

Minyak kelapa merupakan obat ambeien alami yang mudah ditemukan. Selain efek melembabkan kulit, minyak kelapa dikatakan dapat mengurangi iritasi dan peradangan serta mengurangi keinginan untuk menggaruk area anus yang sedang meradang.

Baca juga: Contoh CV Bahasa Indonesia yang Menarik dan Tipsnya!

6. Meminum Air Putih dengan Teratur

Menurut sebuah penelitian di Permanente Journal, sebagian besar kasus penyakit yang ada di dubur, termasuk wasir, bisa disebabkan oleh kekurangan cairan dalam makanan. Itulah mengapa dianjurkan untuk minum air secara teratur agar feses melunak dan melewati usus tanpa masalah. Dengan cara ini, feses dapat dikeluarkan tanpa banyak usaha dan iritasi pada wasir dapat dikurangi. Selain mampu menurunkan risiko wasir, pengobatan alami ini juga mampu menghidrasi tubuh.

7. Memakan Makanan Berserat

Makanan berserat tinggi memainkan peran penting dalam mengoptimalkan fungsi usus. Selain itu, serat dapat menyerap air dan membuat feses menjadi lebih halus sehingga kamu tidak perlu terlalu mengejan saat BAB. Ada berbagai makanan berserat tinggi untuk wasir, antara lain jagung, ubi jalar, kentang, dan brokoli. Selain itu, ada juga buah-buahan yang bisa meringankan wasir dengan kandungan serat yang cukup tinggi, seperti buah pir, apel, kiwi, dan buah jeruk.

Baca juga: Cara Menghilangkan Cegukan Terus-Menerus!

Aneka makanan untuk wasir tidak hanya terbatas pada serat saja, tetapi juga mengandung nutrisi lain yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, seperti yang dilaporkan dalam penelitian yang dipublikasikan di Hemorrhoid Disease, serat makanan dianggap sebagai cara alami untuk menghentikan pendarahan dari wasir. Mengonsumsi suplemen serat diperkirakan dapat mengurangi perdarahan wasir hingga 50 persen. Sayangnya, suplemen ini dianggap tidak efektif untuk meredakan gejala prolaps, nyeri, dan gatal.

8. Menggunakan Celana Dalam yang Tepat

Selain mencoba berbagai cara di atas untuk mengobati wasir secara alami, kamu perlu menyesuaikan pilihan celana dan pakaian dalam yang kamu pakai sehari-hari. Pilih celana dan pakaian dalam yang longgar,  (memungkinkan udara masuk) dan berbahan katun. Hal ini dapat mencegah iritasi pada daerah sekitar wasir akibat keringat berlebih dan meredakan gejalanya.

Baca juga: Apa Itu Niche? Ini Manfaatnya Untuk Bisnis

9. Memakai Tea Tree Oil

Tea Tree Oil Untuk Mengobati Wasir (sumber: canva.com)

Minyak pohon teh adalah antiseptik alami yang dipercaya dapat meredakan nyeri, gatal, dan rasa tidak nyaman. Belum banyak penelitian yang dapat mendukung kemampuan minyak pohon teh untuk mengobati wasir, tetapi kombinasi asam dan methyl-sulfonyl-methane ternyata dapat mengurangi rasa sakit, pendarahan, dan peradangan yang terkait dengan wasir dibandingkan dengan plasebo. Obat wasir alami ini bisa digunakan dengan bahan alami lainnya seperti gel lidah buaya dan witch hazel.

10. Berolahraga

Penderita wasir juga harus rutin berolahraga. Ini karena aktivitas fisik intensitas sedang dapat membantu merangsang fungsi usus. Orang dewasa disarankan untuk aktif secara fisik setidaknya selama 150 menit dalam satu minggu dan menyisihkan tambahan 2 hari untuk aktivitas penguatan otot.

Itulah dia beberapa rekomendasi obat wasir alami yang bisa kamu coba. Namun, obat wasir alami pada artikel ini tidak bisa dijadikan sebagai pengobatan utama. Kamu tetap harus berkunjung ke dokter agar cepat sembuh. Jaga makanan dan kesehatan selalu ya!

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *