Tanggal:14 May 2024
efek samping suntik putih

Yuk, Kenali Efek Samping dan Bahayanya Suntik Putih!

Realitanya, standar kecantikan di negeri kita berkiblat kepada kulit putih. Banyak orang yang rela rogoh kocek besar untuk mencerahkan kulitnya, termasuk suntik putih. Meski memberikan hasil yang menjanjikan, ada beberapa efek samping suntik putih yang perlu diwaspadai.

Lantaran prosesnya yang tergolong cukup instan, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu tentang bahaya suntik putih yang berpotensi akan terjadi. Jangan sampai karena abai pada efek samping suntik putih, kamu jadi mengorbankan kesehatanmu sendiri.

Lantas, apa itu suntik putih? Apa saja sih efek samping dan bahayanya suntik putih? Simak artikel berikut ini.

Baca juga: 10 Rekomendasi Body Scrub untuk Memutihkan Kulit

Apa itu Suntik Putih?

Efek samping suntik putih

source: freepik

Suntik putih adalah metode penyuntikan cairan ke pembuluh vena, atau otot di bawah kulit agar kulit terlihat lebih putih dan cerah. Teknik perawatan ini menggunakan cairan berbahan glutathione yang mampu mencerahkan kulit.

Metodenya adalah dengan menonaktifkan enzim tyrosinase yang menghasilkan pigmen warna pada kulit. Glutathione yang mengandung antioksidan alami juga mampu memperbarui vitamin C dan mendaur ulang vitamin E. Sehingga, radikal bebas dan racun di dalam tubuh bisa terbuang dengan maksimal.

Meski tujuannya utamanya mencerahkan kulit, namun menurut seoulguidemedical, suntik putih juga bisa berfungsi memperbaiki berbagai gangguan kesehatan seperti mengurangi bintik hitam, menutupi bekas luka, sampai meratakan warna kulit.

Baca Juga : Rekomendasi Body Lotion Untuk Kulit Kering

Efek Samping Suntik Putih

Sebenarnya, suntik putih tak selamanya berbahaya. Pasalnya, zat yang dipakai untuk suntik putih memiliki manfaat tersendiri apabila dengan dosis yang tepat dan dilakukan di bawah pengawasan dokter. Maka dari itu, kamu perlu berhati-hati dengan orang yang menanganinya. Pastikan orang tersebut memiliki lisensi sebagai dokter. Jika tidak, kamu berpotensi akan mengalami efek samping berikut ini:

1. Area kulit yang disuntik terasa nyeri

Efek suntik putih dapat membuat area kulit yang disuntik terasa nyeri dan memar. Dalam beberapa kasus, perdarahan, hematoma, hingga jaringan parut dapat terjadi. Suntik putih yang diberikan melalui pembuluh darah juga dapat mengakibatkan efek samping seperti sepsis dan anafilaksis.

Baca Juga : Body Lotion Untuk Mencerahkan Kulit

2. Menimbulkan masalah kulit

Kandungan dosis dalam suntik putih yang terlalu tinggi dapat menimbulkan efek samping seperti luka, peradangan, iritasi, perbedaan warna, kulit mengelupas, hingga hiperpigmentasi. Dalam beberapa kasus, efek samping suntik putih berupa reaksi alergi dan iritasi kulit. Hal ini diikuti dengan gejala seperti kulit kemerahan, kulit kering dan mengelupas, kulit gatal, sensasi panas pada kulit, kulit melepuh, hingga pembengkakan.

Oleh karena itu, sebaiknya lakukan tes pada kulit terlebih dulu guna mengetahui ada tidaknya reaksi alergi yang ditimbulkan dari bahan yang digunakan. Infeksi kulit pun dapat terjadi sebagai efek suntik putih.

Baca Juga : Cara Detoks Tubuh

3. Sel kulit berpotensi mengalami kerusakan

Tingginya bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh melalui suntik putih juga bisa menyebabkan rusaknya melanin. Melanin adalah pigmen pemberi warna pada kulit. Ia berfungsi melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari.

Mengingat suntik putih dapat menurunkan produksi melanin dalam tubuh. Maka, kulit sensitif menjadi riskan saat terpapar sinar ultraviolet (UV). Alhasil, sel-sel kulit termasuk melanin dapat mengalami kerusakan.

Baca Juga : Tips Menjaga Berat Badan Ideal

4. Gangguan metabolisme tubuh

Apabila dosisnya cukup berlebihan, zat yang dimasukkan ke dalam tubuh melalui suntik putih dapat mengendap di dalam tubuh. Dalam jangka panjang, risiko efek samping suntik putih seperti gangguan metabolisme tubuh dapat terjadi. Sebab, dosis suntik putih sebanyak 5 ml, ada sekitar 1000-1800 mg vitamin C. Padahal, tubuh orang dewasa hanya memerlukan 40 mg vitamin C tiap harinya.

Baca Juga : Manfaat Jagung Untuk Kesehatan

5. Beberapa gangguan kesehatan

Apabila zat glutathione yang terkandung dalam suntik putih besar, ia dapat menimbulkan efek samping suntik putih, di antaranya:

  • Sakit kepala
  • Mual
  • Kram perut
  • Diare
  • Rambut rontok
  • Masalah pernapasan
  • Sakit dada
  • Berat badan meningkat
  • Gangguan mata
  • Memperparah gejala asma

Pada suntik putih yang menggunakan tranexamic acid, risiko penyakit tromboembolik seperti sindrom Stevens-Johnson, keracunan saraf, dan kelainan fungsi ginjal dapat terjadi.

Baca Juga : Manfaat Infuse Untuk Kesehatan

Tips Suntik Putih yang Aman

efek samping suntik putih

source: freepik

Kalau kamu ingin mencerahkan kulit dengan suntik putih, sebaiknya lakukanlah dengan cara yang aman. Kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut saat hendak mencoba suntik putih:

1. Cari dokter yang terpercaya dan kompeten

Sebaiknya, pilih dokter yang terpercaya, profesional, dan kompeten di bidangnya saat kamu hendak melakukan suntik putih. Sebaliknya, hindari mempercayakan tubuh kamu disuntik oleh pekerja salon kecantikan yang kerap menyediakan paket suntik putih, apalagi dengan harga murah. Hal ini sebagai tindakan preventif untuk mengurangi risiko bahayanya suntik putih.

Baca Juga : Perawatan Wajah di Rumah

2. Kenali zat atau bahan yang akan disuntikkan

Beberapa dokter di klinik kecantikan mungkin menambahkan bahan tertentu. Nah, pastikan kamu mengetahui informasi terkait bahan atau larutan yang akan disuntikkan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko efek samping suntik putih dan memastikan keamanan produk yang digunakan.

Baca Juga : Rekomendasi Masker Untuk Mencerahkan

3. Lakukan tes pada kulit terlebih dahulu

Supaya terhindar dari efek samping suntik putih, sebaiknya lakukan tes pada kulit terlebih dulu guna mengetahui ada tidaknya reaksi alergi yang ditimbulkan. Biasanya, dokter juga akan memeriksa riwayat kesehatan kamu terlebih dulu sebelum melakukan suntik putih.

Itu dia pembahasan seputar suntik putih. Warna kulit merupakan preferensi tiap individu. Namun, jangan sampai kamu mengorbankan segalanya termasuk kesehatan dalam meraihnya, ya. Para influencer kini kerap menuturkan, pada dasarnya setiap warna kulit itu indah. Kita perlu bangga dengan warna kulit asli kita.

Tapi, kalau kamu tetap bersikeras untuk memiliki kulit putih, jangan lupa lakukan tips di atas agar terhindar dari efek sampingnya, ya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : 10 Manfaat Vit C Untuk Tubuh

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *