Tanggal:11 May 2024

8 Manfaat Website untuk Meningkatkan Bisnis Online Kamu

Perkembangan teknologi yang begitu pesat membawa banyak kemudahan dan perubahan di berbagai aspek kehidupan masyarakat dunia, baik dalam kehidupan sosial maupun kemajuan industri. Salah satunya adalah startegi pemasaran digital seperti website, media sosial dan Ecommerce. Kini semuanya berubah menjadi media paling populer untuk pengembangan bisnis.

Sebab itulah, sangat wajar jika hampir seluruh pelaku bisnis berlomba-lomba membangun website. Hal ini tentunya tidak terlepas dari banyaknya populasi pengguna sekaligus keuntungan yang didapatkan dari sebuah website. Berikut manfaat website yang dapat meningkatkan bisnismmu.

1. Meningkatkan Kredibilitas

Dengan semakin banyaknya orang menggunakan internet sebagai wadah mencari informasi, kita harus manfaat dan memiliki website akan memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelaku bisnis. Pelanggan atau customer tidak perlu mengecek usaha yang kamu lakukan secara manual. Cukup dengan melihat profil perusahaan dari website, pelanggan dapat melihat sendiri seperti apa gambaran perusahaan yang kamu miliki. Semakin bagus dan menarik tampilan website yang kamu miliki, maka orang akan lebih percaya dengan bisnis yang kamu jalankan.

2. Menghemat Waktu dan Pengeluaran

Memiliki website dapat menghemat waktu dan anggaran yang kamu miliki daripada menyebarkan informasi dengan cara konvensional seperti melalui telepon, janji untuk suatu pertemuan, dan brosur atau selebaran. Menghubungi pelanggan satu per satu melalui telepon tentu dapat menghabiskan waktu tersendiri, begitu pula dengan janji untuk bertemu dan penyebaran brosur. Pembuatan brosur akan menghabiskan anggaran yang cukup banyak dan dinilai kurang efektif untuk era yang sudah modern ini. Dengan menggunakan website, pelaku bisnis dapat memasukkan berbagai macam informasi yang biasanya diperlukan pelanggan mengenai produk atau jasa yang perusahaan kamu miliki.

3. Memperluas Jangkauan Pasar

Karena website dapat dengan mudah diakses dari mana pun dan kapan pun, hal ini membuat profil perusahaan kamu sebagai pelaku bisnis diuntungkan. Bisnis Kamu tidak hanya dapat dilihat oleh jaringan nasional saja, kawasan internasional pun bisa menjangkau bisnis Kamu hanya dengan melihat profil perusahaan melalui website yang Kamu miliki. Sekarang kita tahu apa manfaat website untuk perusahaan, tunggu apalagi! jika perusahaan kamu belum memiliki website bisa menggunakan jasa web design dari kami.

4. Sarana Katalog Produk dan Jasa (Portofolio)

Tidak peduli apa pun jenis usaha yang kamu jalani, sebuah situs web adalah tempat yang bagus untuk memperlihatkan karya kamu. Dengan memasukkan portofolio atau galeri foto produk, serta testimonial tentang pekerjaan kamu, kamu dapat menunjukkan apa yang membuat bisnis kamu unik.

5. Promosi Jadi Lebih Efektif dan Efisien

Masih menggunakan strategi pemasaran manual? Jika iya, perusahaan kamu membuang banyak hal berharga, termasuk uang dan waktu. Jelas saja, pasalnya, cara tradisional membutuhkan banyak pembiayaan, contoh siaran pers, iklan cetak, pamflet, dan lainnya.

Meski masih populer, cara ini dinilai kurang efektif karena tidak dapat menyentuh semua lapisan masyarakat, mulai dari umur hingga tingkat ekonomi. Selain itu, metode tradisional juga kurang efisien karena biasanya akan berujung pada penumpukan sampah. Bandingkan dengan pemasaran online melalui web, entu saja pemasaran daring lebih murah dan efektif.

6. Mudah Diakses

Sebuah website bisa diakses diakses kapan pun, di mana pun. Memungkinkan konsumen mengunjungi bisnis Kamu 24 jam dalam sehari, bahkan di hari libur sekalipun. Mereka juga bisa dengan nyaman melihat produk dan jasa kamu ketika toko atau kantor offline ditutup. Dengan gaya hidup yang selalu sibuk di masa kini, serta penggunaan website 24 jam non-stop secara persisten merupakan selling point yang besar ketika membuat keputusan pembelian.

7. Selalu Terhubung dengan Pelanggan

Dengan adanya website, kamu jauh lebih mudah dan cepat untuk memperbarui informasi tentang produk dan layanan di situs kamu daripada dalam bahan cetak, sehingga ini adalah cara yang efektif untuk menginfokan kepada pelanggan kamu tentang kedatangan produk baru, acara mendatang, promosi khusus, atau layanan baru yang sedang kamu tawarkan. Tidak seperti iklan cetak yang cepat menjadi usang, situs web kamu dapat memberikan informasi yang senantiasa up-to-date.

8. Perkembangan Bisnis Kian Mudah Dipantau

Salah satu manfaat paling signifikan dari penggunaan sebuah website bisnis adalah kamu dapat memantau perkembangan perusahaan secara real time dengan perangkat analytics—sebuah perangkat yang menampilkan informasi statistik dari pengukuran, pengumpulan data, juga analisa perilaku pengguna website.

Beberapa indikator yang dapat ditampilkan oleh analytics, antara lain seperti, jumlah pengunjung aktif, jumlah pengunjung yang tingkat kunjungannya rendah (satu atau dua kali saja), halaman yang sering dikunjungi oleh pengguna, dan waktu rata-rata berkunjung.

Manfaat ini tentu tidak dapat kamu rasakan bila hanya terpaku pada strategi pemasaran non-digital. Meski masih bisa dilakukan analisa, perhitungan hasil statistiknya membutuhkan waktu lebih lama.

Baca juga: Contoh bisnis sambil kuliah

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *