Tanggal:15 May 2024
Sistem kerja yang cukup berat - @pexels.com

7 Cara Efektif Menghilangkan Jenuh Dalam Bekerja

Merasakan jenuh dengan pekerjaan yang sama setiap hari memang manusiawi, kita tidak perlu merasa bersalah karena merasakannya. Apalagi jika tugas-tugasnya udah menumpuk, terikat deadline, hingga menyebabkan tak ada waktu bersantai. Duh, rasanya pasti stres!

Baca Juga : Cara Meningkatkan Motivasi Kerja

Namun, kondisi ini sebaiknya jangan dijadikan alasan untuk menurunkan produktivitas dalam bekerja. Selain itu, kamu harus memastikan kualitas pengerjaan pekerjaan tetap dengan baik agar tidak memengaruhi hasil kerja.

Baca Juga : Tips Agar Betah Bekerja

Alih-alih mengeluhkan kondisi tersebut, tarik napas panjang dan beristirahatlah sejenak. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jenuh dalam bekerja.

1. Ubah Lingkungan Kerja Anda

Ternyata, rasa bosan kerja juga bisa dipicu oleh lingkungan di tempat Anda bekerja. Jika ini juga terjadi pada Anda, ada baiknya Anda melakukan perubahan pada lingkungan kerja Anda. Pindah posisi meja, berikan sentuhan benda hidup seperti tanaman hias atau aquarium. Anda juga bisa menambahkan aksen warna-warni di sudut ruangan (warna merah, biru, orange, kuning, atau hijau) karena warna-warna cerah tersebut dapat membangkitkan perasaan bahagia.

Baca Juga : Work Life Balance

2. Ambil Cuti untuk Liburan

Percaya atau tidak, liburan adalah salah satu kegiatan untuk menyegarkan kembali mood Anda setelah sibuk dengan pekerjaan yang menumpuk dan seolah tidak ada habisnya.

Baca Juga : Tips Kerja Sambil Liburan

Mengambil jatah cuti Anda untuk liburan bersama teman atau keluarga adalah cara terbaik untuk menghilangkan rasa bosan dengan pekerjaan. Ketika liburan Anda berakhir, mood dan suasana hati Anda telah kembali membaik sehingga Anda dapat bekerja dengan optimal.

Baca Juga : Wisata di Indonesia Yang Wajib di Kunjungi

3. Ciptakan Target Baru dalam Bekerja

Andreas Elpidorou, profesor di University of Louisville, mengatakan bahwa rasa jenuh yang dirasakan dapat menjadi pertanda bahwa pekerjaan yang dikerjakan tidak mengalami perubahan dalam hal apa pun, termasuk ilmu yang didapatkan.

Baca Juga : Cara Kerja di Luar Negeri

Cara untuk menghilangkan rasa jenuh dalam bekerja, kamu bisa mencoba untuk menciptakan target baru dalam pekerjaan dan melakukan perubahan. Dengan begitu, kamu termotivasi untuk mendapatkan tujuan baru yang diciptakan dalam pekerjaan.

4. Lakukan Hal yang Menyenangkan Saat Bekerja

Ketika rasa bosan atau jenuh dengan pekerjaan kembali datang, coba lakukan hal yang menurut anda menyenangkan saat bekerja, Seperti mendengarkan musik, atau mengemil saat bekerja. Bahkan jika pekerjaan anda sedang santai anda bisa bermain game atau menonton film favorit meskipun hanya sebentar, intinya adalah buat senyaman mungkin ketika anda bekerja agar pekerjaan tersebut tidak menjadi membosankan.

Baca Juga : Cara Menjadi Pribadi Yang Menyenangkan

5. Ingat Tujuan Anda Bekerja

Coba anda ingat-ingat kembali apa tujuan anda bekerja. Yakni visi dan misi dalam bekerja. Untuk apa Anda bekerja? Apakah untuk membeli rumah? Membahagiakan orang tua? Nabung buat menikah? Atau hal lain yang sangat berarti untuk anda.

Dengan mengingat kembali tujuan anda bekerja akan membantu menumbuhkan motivasi serta rasa semangat kembali dalam bekerja dan tentu saja menghilangkan rasa jenuh dengan pekerjaan tersebut.

Baca Juga : Pelatihan Kerja Pada Karyawan

6. Berpikir Positif

Berpikir positif bisa menjadi cara mengatasi bosan di tempat kerja terbaik. Perasaan tidak nyaman lagi bekerja di kantor, bukanlah alasan terbaik Anda untuk mengajukan resign.

Terlalu cepat mengambil keputusan tanpa pertimbangan yang matang bukanlah hal yang baik, berpikirlah positif sebelum melakukannya. Di luar sana, masih banyak pengangguran yang sangat menginginkan posisi Anda sekarang di tempat kerja.

Baca Juga : Bangun Pikiran Positif

7. Curhat dengan Rekan Kerja

Ketika pikiran terasa penat dan jenuh dalam bekerja, coba deh sesekali ngobrol dengan rekan kerja Anda di kantor. Anda bisa sharing dengan mereka tentang bagaimana cara mengatasi kejenuhan atau tentang masalah lainnya. Siapa tahu rekan kerja tersebut dapat memberikan solusi.

Kumpul dan bercanda bersama rekan-rekan kerja itu penting. Selain melatih jiwa bersosialisasi Anda, juga bikin pikiran rileks. Ini lebih baik daripada Anda hanya fokus di depan layar komputer saja.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Teman di Kantor

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *