Tanggal:26 February 2024
Logo Linkedin (1000logos.net)

Tips Mengisi Linkedln Untuk Fresh Graduate

Pada umumnya LinkedIn serupa dengan Curriculum Vitae atau yang biasa kita sebut dengan CV, namun spesialnya LinkedIn tidak hanya menyediakan informasi tentang data diri, pengalaman hidup, latar belakang pendidikan saja, lewat LinkedIn, orang lain dapat melihat atau mengetahui lebih lagi tentang diri Anda, minat dan aktivitas Anda, bahkan Anda pun dapat terhubung dan berkomunikasi dengan orang-orang hebat di luar sana yang terhubung dengan LinkedIn. Secara tidak langsung, di sini kita juga membagikan citra diri kita (personal branding) secara profesional.

Nah berikut penjelasan cara mengisi profile Linkedln untuk fresh graduate:

1. Menggunakan foto profil formal

Ilustrasi foto profil (Pixabay.com/ConxinhaFotos)

Ilustrasi foto profil (Pixabay.com/ConxinhaFotos)

Foto profile bisa memudahkan orang lain untuk mengenal seseorang. Maka pasanglah foto profil terbaikmu Linkedln. Disarankan menggunakan foto formal. Pastikan wajahmu terlihat jelas dengan wajah close-up dan ekspresi senyum jangan lupa pakailah baju yang rapi atau kamu bisa menggunakan baju yang berkerah.

2. Tambahkan photo background

Mencantumkan photo background juga tidak kalah penting lhoo, tetapi bukan foto selfie yaa hehehe. Foto yang bisa Anda pakai bisa saat kamu bicara di depan umum, hasil karyamu, spanduk/brosur, logo bisnis Anda, dan semacamnya. Tidak harus, tapi kalau kita punya salah satunya kenapa tidak. 

3. Isi ringkasan disi

Ringkasan profil memungkinkan orang lain mengetahui gambaran diri Anda secara umum/singkat. Tidak perlu terlalu panjang, cukup 1 – 2 paragraf. Ringkasan dapat diisi dengan poin-poin sebagai berikut:

  • Paragraf pertama: ceritakan pencapaian yang Anda peroleh, tidak perlu menuliskan semua pencapaian, cukup yang paling berkesan bagi Anda
  • Paragraf kedua: apa saja yang sekarang Anda lakukan dan sertai alasan Anda melakukan pekerjaan tersebut.
  • Paragraf ketiga: Anda bisa menuliskan audiens yang menjadi target Anda dan bagaimana Anda membantu mereka.
  • Paragraf keempat: selain mengerjakan kesibukan utama, pasti Anda memiliki hobi untuk mengisi waktu senggang atau sekedar mengistirahatkan diri sejenak, Anda dapat tuliskan juga.

4. Tuliskan apa saja keahlianmu

Cantumkan apa saja keahlian Anda yang tentunya relevan dengan minat atau apa yang sedang Anda kerjakan saat ini. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah terhubung dengan para rekruter yang juga mencari kompetensi yang sama dengan apa yang Anda tekuni.

5. Buat headlinemu berbeda

Biasanya headline secara otomatis akan tertulis sesuai dengan pekerjaan yang Anda cantumkan. Namun tidak ada salahnya bila Anda membuat headline Anda lebih menarik karena headline berada tepat di bawah nama Anda, jadi tambahkan keterangan headline menjadi lebih mengesankan, contoh “Copywriter di Vocasia yang berhasil menjual ratusan produk setiap hari”, “Agen Asuransi di Allianz yang memiliki 100 client di tahun pertama bekerja”.

6. Hubungkan dengan akun media sosial lain yang kamu miliki

Ilustrasi linkedin terhung sosial media (Pixabay.com/Coffeebeanworks)

Ilustrasi linkedin terhung sosial media (Pixabay.com/Coffeebeanworks)

Dengan mencantumkan media sosial lainnya yang Anda miliki, memberi kesempatan bagi orang lain untuk semakin mengenal atau terhubung dengan Anda. Anda juga dapat mencantumnkan alamat surel yang berisi portofolio atau karya-karya Anda, dengan begitu orang lain dapat mengetahui dengan kredibel tentang kemampuan atau diri kamu. Hal ini tentu memudahkan bagi kalian yang sedang membuka peluang karir untuk dilirik karena apa yang mereka lihat dapat menarik perhatian mereka untuk tahu kamu lebih dalam lagi.

  1. Minta rekomendasi dari koneksimu

Terakhir tapi tidak kalah penting, rekomendasi dari koneksi Anda membuat orang lain yang mengunjungi profile Anda sebagai orang yang dapat dipercaya karena mereka yang Anda minta untuk menuliskan rekomendasi di laman Anda pasti berisi hal-hal yang baik atau berkesan bagi mereka untuk Anda dipertimbangkan oleh yang lainnya. Jangan lupa, balas mereka yang sudah menulis rekomendasi untuk Anda dengan menuliskan kembali rekomendasi di laman mereka.

  1. Ubah URL

Secara otomatis URL berisi nama Anda dan nomor acak, untuk itu Anda perlu mengubah URL agar mempermudah orang lain mengunjungi profil Anda. Caranya, klik ‘Privacy & Settings’, Anda akan melihat bagian ‘Edit Public Profile’. Setelah itu, Anda diminta untuk mengedit URL Anda. Anda bisa mengubah URL dengan apapun, misalnya menambahkan pekerjaan Anda

Jika hal-hal di atas Anda sudah lakukan, dijamin ini akan mempermudah Anda memperoleh peluang karir yang Anda inginkan, di samping terus memaksimalkan potensi diri dan berdoa yaaa. Oiya, bukan berarti perjuangan Anda memaksimal profil diri di LinkedIn hanya sampai di sini, Anda harus terus mengupdate isi profil Anda dengan hal-hal terbaru yang sudah Anda lakukan dan dapatkan. Dengan begitu, kapanpun para rekruter menjaring jalanya, Anda tidak akan ketinggalan.

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *